Senin, 11 April 2022

Bidang Kendali Pesawat Udara

Bidang Kendali Pesawat Udara

Pengendalian pesawat udara saat terbang di kontrol dalam tiga sumbu, yaitu sumbu lateral, sumbu longitudinal dan sumbu vertikal, oleh bidang-bidang kendali yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan flight control surfaces. Bidang-bidang kendali ini memandu pesawat udara selama terbang mulai lepas landas, menajak, menjelajah, menurut, sampai mendarat.
Flight Control Surface of Boeing 727

Bidang kendali penerbangan dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu:

A. Bidang Kendali Utama (Main Control Surfaces)
Bidang kendali utama terdiri dari: 

  1. Aileron, dipasang pada trailing edge sayap pesawat untuk rolling
  2. Elevator, dipasang pada horizontal stabilizer untuk pitching
  3. Rudder, dipasang pada vertical stabilizer untuk yawing
B. Bidang Kendali Pembantu (Secondary Control Surfaces)
Bidang kendali pembantu terdiri dari:
  1. Trim Tab, dipasang pada elevatorrudder, dan atau aileron untuk mengontrol keseimbangan sehingga dapat menjaga dan mempertahankan posisi terbang.
  2. Servo Tab (Flight Tab), berfungsi untuk membantu pergerakan control surface dan menahannya pada posisi yang diinginkan. Biasanya digunakan untuk main control surface yang besar dan lebar.
  3. Spring Tab, konstruksinya terdiri dari susunan spring dan rangkaian mekanik lainnya. Biasanya dipasang pada trailing edge masing-masing aileron dan digerakkan oleh gaya spring push pull rod yang dirangkaikan ke aileron control linkage.
  4. Balance Tab, membantu pergerakkan main control surface dan bergerak dalam arah yang berlawanan ketika main control surface bergerak.
C. Bidang Kendali Pelengkap (Auxiliary Control Surfaces)

  1. Kelompok penambah gaya angkat (Lift increasing group) terdiri dari flaps, slats, dan slots. Adapun flaps terbagi atas plain flapsplit flapfowler flap, dan slotted flap.
  2. Kelompok pengurang gaya angkat (Lift descreasing group), terdiri dari speed brakes dan spoiler.

0 Comments:

Posting Komentar