Rabu, 02 Maret 2022

Manfaat Jaringan Komputer

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa jaringan komputer adalah sekumpulan komputer dan perangkat IT berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.


Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer ini memiliki beberapa manfaat diantaranya, 

1. Komunikasi

Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirim surat elektronik dengan mudah bahkan bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan (chatting) ataupun telekonferasi.

2. Berbagi sumber daya (Resource Sharing)

Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive, dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. Resource (daya, program, peralatan) bisa digunakan oleh tiap orang dalam jaringan tanpa terpengaruh lokasi.

3. Centralized administration

Pengelolaan keseluruhan sistem dari 1 tempat, contohnya adalah penggunaan Active Directori dari Microsoft Windows Server

4. Centralized security

Pemasangan peralatan security di satu area untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall, IPS.

5. Integrasi data

Pembagian beban pemrosesan data ke banyak komputer. Contohnya adalah sistem terdistribusi. Sistem terdistribusi adalah suatu kesatuan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data, informasi, obyek dan layanan dari dan kepada pengguna yang terkait di dalamnya infrastruktur utama sistem terdistribusi adalah jaringan, hardware, software, dan pengguna yang terkait di dalamnya.

Dalam sistem terdistribusi terdapat pembagian pekerjaan antara elemen yang satu dengan elemen yang lain. Sarana komunikasi antar elemen dijembatani dengan jaringan. Tata cara komunikasi antar elemen diatur dengan sebuah perjanjian sehingga terjadi komunikasi yang dapat dipahami antara masing-masing elemen yang terlibat. Sistem terdistribusi melakukan pembagian pekerjaan antar elemen sehingga terjadi sebuah kinerja optimum dari sebuah sistem. Bagian terluar dari sistem ini yang berhubungan dengan pengguna akan disebut aplikasi client. Aplikasi client merupakan front end yang berhubungan dengan pengguna sistem. Di belakangnya terdapat beberapa lapisan logik seperti presentation server, bussiness object server dan database server. Lapisan sistem yang berada di belakang front end tersembunyi dari pengguna, penyembunyian (transparency) merupakan salah satu isu penting dalam sebuah sistem terdistribusi.

6. Kerjasama

Memungkinkan kolaborasi dari banyak orang, bahkan sampai dalam cakupan global (seluruh dunia). Contohnya : Workgroup, komunitas open source software.

7. Efisiensi biaya/ Saving Money

Mengurangi kebutuhan hardware dan software. Contohnya : Diskless workstation. Pengertian diskless adalah mengizinkan client yang tidak dilengkapi dengan media penyimpan seperti harddisk, disket, CDROOM dan sebagainya untuk dapat mengaktifkan system operasi dalam hal ini adalah Linux. Proses diskless akan membantu komputer client untuk dapat mengaktifkan system operasi tersebut dengan mengeksekusi file kernel di sisi komputer client. Setelah proses diskless selesai, dilanjutkan akses melalui jaringan untuk mengeksekusi X-server di sisi komputer client, shingga komputer client dapat mengakses aplikasi diskless.

8. Efisiensi waktu dan tenaga

Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi. Contohnya : File sharing via jaringan. Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (yang melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.

9. Peningkatan produktivitas

Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta terjadinya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi, maka produktivitas akan meningkat.


Sumber :

1. Sansprayada, Arfan. 2018. "Modul Perkuliahan Jaringan Komputer". Bina Sarana Informatika.
2. Suhendra. 2018. "Modul Jaringan Komputer". LP2M Politeknik Manufaktur Astra: Jakarta.

0 Comments:

Posting Komentar