Senin, 28 Februari 2022

Bioteknologi Pertanian - Rekayasa Genetika

Bioteknologi Pertanian - Rekayasa Genetika


Rekayasa genetika merupakan suatu usaha memanipulasi sifat genetik makhluk hidup untuk menghasilkan makhluk hidup yang memiliki sifat yang diinginkan. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan menambah, mengurangi, atau menggabungkan dua materi genetik (DNA) yang berasal dari dua organisme berbeda. Hasil penggabungan dua materi berasal dari dua organisme yang berbeda disebut DNA rekombinan. Organisme hasil dari rekayasa genetika disebut organisme transgenik. Di bidang pertanian telah banyak dilakukan rekayasa genetik untuk menghasilkan tanaman unggul yang dapat meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan, di antaranya sebagai berikut :
  • tanaman tomat yang tahan busuk. Buah tomat yang dihasilkan lebih tahan lama sehingga mengurangi kerugian petani akibat pembusukan hasil panen tomat.
  • tanaman jagung, kapas, dan kedelai yang tahan terhadap insektisida, yaitu jagung Bt, kapas Bt, dan kedelai Bt. Pada tanaman-tanaman tersebut disisipkan gen cry dari bakteri, Bacillur thuringiensis (bakteri tanah) yang dapat menghasilkan crystalline, protein yang bersifat racun bagi serangga. Jika ada hama menggerogoti tanaman tersebut, akan mati.
  • tanaman kapas yang resisten terhadap herbisida (pestisida pembasmi gulma). Tanaman ini telah disisip dengan gen bakteri yang tahan terhadap herbisida sehingga ketika dilakukan penyemprotan herbisida, hanya gulma di sekitar tanaman kapas yang mati.
  •  tanaman pepaya yang tahan terhadap serangan virus ringspot, yaitu varietas pepaya transgenik UH rainbow yang dikembangkan di Hawaii.
  • beras golden rice yang kaya akan betakaroten (provitamin A) dengan cara menyisipkan dua gen dari jenis bunga bakung dan satu gen dari spesies bakteri ke tanaman padi.
  • beras kaya zat besi, direkayasa dengan menyisipkan gen dari tanaman buncis ke tanaman padi.
  • tebu transgenik dihasilka noleh tim peneliti Universitas Jember, menghasilkan tebu yang tahan kekeringan.

0 Comments:

Posting Komentar