Sabtu, 10 April 2021

BAB 1 Permainan Bola Besar - Pengantar

Di SMA kelas X, Anda akan mempelajari berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak permainan bola besar. Pada bab I ini, Anda akan mempelajari variasi dan kombinasi gerak permainan bola besar serta menerapkannya dalam permainan sepak bola, Selanjutnya, Anda akan mengembangkan sikap sosial dan spiritual yang dikembangkan melalui permainan bola besar.


Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak Bola
Sepak bola merupakan permainan yang amat digemari di Indonesia. Permainan sepak bola didefinisikan sebagai permainan yang tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukkan bola. Prinsip dalam permainan sepak bola adalah kerja sama dengan mempelajari sepak bola, Anda belajar meningkatkan keterampilan bekerja sama.

Permainan sepak bola merupakan jenis permainan bola besar. Dikatakan demikian karena ukuran bola yang digunakan besar. Permainan bola besar yang lainnya adalah bola voli, bola basket, bola tangan, dan polo air.

Permainan sepak bola dapat dijadikan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan karena permainan ini mengandung banyak keterampilan yang berguna untuk meningkatkan kecepatan, daya tahan, kekuatan, kelincahan, ketepatan, keseimbangan. Disamping itu, sepak bola juga mengandung banyak nilai-nilai positif untuk mengembangkan sikap dan karakter yang baik, diantaranya : kejujuran, ketaatan pada peraturan, disiplin, respek terhadap orang lain termasuk keterampilan bekerja sama.

Keterampilan dalam permainan sepak bola dapat dikelompokkan seperti berikut.
  1. Keterampilan menciptakan skor : passing, kontrol bola, tendangan ke gawang, dan mendukung pembawa bola.
  2. Keterampilan mencegah skor : mengawal lawan (marking), dan merebut bola.
  3. Keterampilan memulai permainan : lemparan ke dalam, tendangan penjuru, dan tendangan bebas.
Peta Konsep Permainan Sepak Bola
  1. Mengumpan
  2. Mengontrol
  3. Menggiring
  4. Menembak bola ke gawang
  5. Posisi
Dalam konteks kecabangan olahraga formal, sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas orang pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak ( 2 x 45 menit) dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit di antara dua babak tersebut juga terdapat water break dalam setiap babak.

Dalam pembelajaran PJOK, cara melakukan permainan sepak bola dapat disederhanakan (dimodifikasi), baik jumlah pemain, ukuran lapangan, ukuran gawang, maupun jenis serta ukuran bola.

Materi permainan sepak bola ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku spotif dlam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasaranaa pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan karakteristik individu dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menujukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, serta mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Posisi/susunan Pemain dalam permainan sepak bola :
  1. Penjaga gawang
  2. Back kanan
  3. Back kiri
  4. Kanan luar
  5. Kanan dalam
  6. Penyerang tengah
  7. Gelandang kanan
  8. Gelandang tengah 
  9. Gelandang kiri
  10. Kiri dalam 
  11. kiri luar

0 Comments:

Posting Komentar