Senin, 15 Februari 2021

Unsur, Senyawa dan Campuran serta Asam, Basa dan Garam

Unsur yaitu bagian zat murni yang kecil, sederhana, dan tidak dapat diuraikan melalui reaksi kimia biasa. Unsur dibagi menjadi tiga, yaitu unsur logam, non logam, dan semi logam.

Unsur

Sifat

Contoh

Logam

Mengkilap, dapat ditempa, mampu menghantarkan listrik dan panas dengan baik.

Besi (Fe), Seng (Zn), Aluminium (Al), Tembaga (Cu), Emas (Au), Perak (Ag), Barium (Ba), Kalium (K), Kromium (Cr), Mangan (Mn).

Non Logam

Tidak dapat menghantarkan listrik.

Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen(N), Karbon (C), Helium (He), Belerang (S), Bromin (Br), Flourin (F), Neon (Ne), Iodin (I).

Semi Logam (metalloid)

Tidak dapat menghantarkan listrik saat suhu rendah, tetapi sifat hantaran listriknya lebih baik ketika suhunya lebih tinggi.

Germanium (Ge), Silikon (Si), Arsen (As), Antimon (Sb)


Senyawa yaitu zat yang tersusun dari dua unsur atau lebih yang berbeda dan dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia. Contoh senyawa alami yaitu air (H2O), gas SO2, garam dan kapur. Contoh senyawa buatan yaitu gula, alkohol, protein, vitamin, karet, zat pewarna, dan zat pewangi.

Campuran yaitu zat yang tersusun dari dua atau lebih zat yan gunsur penyusunnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dipisahkan secara fisika. Campuran terdiri dari dua, yaitu campuran homogen dan heterogen.
  • Campuran homogen yaitu zat penyusunnya bercampur secara merata di setiap bagian. Contoh : Air sirup, air garam, air gula, susu.
  • Campuran heterogen masih tampak terpisah zat-zat penyusunnya. Contoh : air dan minyak, air dan bubuk kopi, air dan kapur.

Asam, Basa, dan Garam

Senyawa

Ciri

Contoh

Asam

Melepaskan H+ di dalam air.

Asam klorida (HCl), Asam sulfat (H2SO4), Asam fosfat (H3PO4).

Basa

Melepaskan OH- di dalam air.

Natrium hidroksida (NaOH), Kalsium hidroksida (Ca(OH)2), Kalium hidroksida (KOH)

Garam

Hasil reaksi secara ionik antara asam dan basa yang saling menetralkan.

Emas klorida (AuCl3), Natrium klorida (NaCl), Magnesium klorida (MgCl2).


Beberapa proses pemisahan campuran antara lain, filtrasi (penyaringan), distilasi (penyulingan), penyubliman, pengkristalan, kromatografi, sublimasi, dan ekstraksi.

0 Comments:

Posting Komentar