Kamis, 19 Maret 2020

Klausa adjektiva dapat berupa restrictive atau nonrestrictive.

1. Klausa adjektiva restriktif berisi informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi suatu kata benda yang disertainya. Jika sebuah klausa adjektiva restriktif dihilangkan dari sebuah kalimat, maka arti dari kalimat tersebut akan berubah. Klausa adjektiva restriktif tidak dipisahkan dari klausa induk dengan tanda koma. Klausa adjektiva pada umumya berupa restriktif.
Contoh:

  • Peope who can't swim should not jump into the ocean.
2. Klausa adjektiva nonrestriktif berperan memberikan informasi tambahan tentang kata benda yang disertai. Jika klausa adjektiva nonrestriktis dihilangkan dari suatu kalimat, arti dari klausa induknya tidak mengalami perubahan makna. Klausa adjektiva nonrestriktif dipisahkan dari klauda induk dengan tanda koma. That tidak dapat digunakan dalam klausa adjektiva nonrestriktif. Kata ganti yang digunakan dalam klausa ini tidak dapat dihilangkan.
Contoh:
  • Billy, who couldn't swim, should not have jumped into the ocean.
Klausa adjektiva seringkali digunakan untuk mengurangi penggunaan frase dalam kaimat. Kata ganti relatif/Relative Pronoun (RP) pasti menjadi subjek dalam klausa adjektiva. Cara kerja klausa adjektiva dalam mengurangi penggunaan frase.

RP + be =0
People who are living in glass houses should not throw stones. (klausa)
People living in glass houses should not throw stones. (frase)

RP + Other Verb (bukan be) = Other verb + ing
People who live in glass houses should not throw stones. (klausa)
People living in glass houses should not throw stones. (frase)

0 Comments:

Posting Komentar