Selasa, 17 Maret 2020

Kata Ganti Relatif Terpenting : Who, Whom, That, Which.

Kata ganti relatif (relative pronoun) adalah subordinator yang ada di dalam klausa adjektiva.
Kata ganti relatif whi, whom, that, dan which dapat dihilangkan ketika berfungsi sebagai objek kata kerja. Namun, ketika berfungsi sebagai objek preposisi maka kata ganti ini tidak dapat dihingkan dan harus ada mengikuti preposisi.

- who merupakan kata ganti orang. Kata ganti ini tidak dapat digunakan untuk hewan maupun benda. Kata ganti ini berperan sebagai subjek kata kerja. Dalam bahasa informal kata ganti in idapat berperan sebagai objek kata kerja.
Contoh: 

  • The boy who plays a guitar is nice.
- whom merupakan kata ganti orang. Kata ganti ini tidak dapat digunakan untuk hewan maupun benda. Whom hanya dapat berperan sebagai objek kata kerja dan preposisi tidak dapat menjadi subjek.
Contoh:
  • I saw the man whom I like.
- which merupakan kata ganti benda atau hewan. Kata ganti ini tidak dapat digunakan untuk kata ganti orang. Kata ganti ini berperan sebagai subjek dan juga sebagai objek kata kerja serta preposisi.
Contoh:
  • The dog which has white fur is mine.
- that merupakan kata ganti orang, hewan, atau benda. Kata ganti ini dapat berperan sebagai subjek dan objek kata kerja atau preposisi. (Namun, that tidak dapat mengikuti sebuah preposisi. Yang dapat mengikuti preposisi adalah whom, which, dan whose).
Contoh:
  • The book that is on the table is hers.

0 Comments:

Posting Komentar