Senin, 18 November 2019

Perkembangan Makhluk Hidup


  1. Untuk mellestarikan jenisnya, semua makhluk hidup mempunyai kemampuan berkembang biak.
  2. Berkembang biak artinya menghasilkan makhluk hidup baru dengan mewariskan sifat-sifat yang dimiliki kepada keturunannya.
  3. Perkembangan dan pertumbuhan manusia setelah dilahirkan diawali dari bayi, lalu berkembang menjadi anak-anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.
  4. Pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan untuk persiapan berkembang biak.
  5. Perubahan pada laki-laki antara lain telah mulai mimpi basah, dada bidang, tumbuh kumis dan jenggot, tumbuh jakun, suara lebih berat, organ kelamin membesar.
  6. Perubahan pada perempuan antara lain telah menstruasi (haid), payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut halus di bagian-bagian tertentu dari tubuh.
  7. Cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan ada dua macam, yaitu secara vegetatif (tidak kawin) dan secara generatif (kawin).
  8. Pembuahan adalah peristiwa peleburan atau bersatunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.
  9. Penyerbukan bunga dibedakan menjadi 4 macam, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.
  10. Perkembangbiakan manusia terjadi melaui perkawinan, yaitu peleburan antara sperma (dari laki-laki) dengan sel telur/ovum (dari perempuan). Pembuahan mengahsilkan zigot yang berkembang menjadi embrio. Embrio berkembang menjadi janin di dalam rahim wanita dan kemudian lahirlah bayi. 

0 Comments:

Posting Komentar