Kamis, 08 Agustus 2019

Pemanfaatan Peta untuk Mengetahui Pola dan Bentuk Muka Bumi

Bentuk-bentuk muka bumi dapat diamati pada peta. Dalam peta terdapat banyak simbol. Adapula yang namanya garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan titik-titik yang mempunyai ketinggian sama, yang diukur dari suatu bidang pembanding tertentu.

Bentuk-bentuk muka bumi ada dua, yaitu sebagai berikut:

  1. Bentuk muka bumi daratan, meliputi pegunungan, gunung, dan daratan.
  2. Bentuk-bentuk muka bumi di dasat laut, seperti dangkalan, the deep, punggung laut, gunung laut, plato submarine, punggungan, cembungan, lereng kontinen, laut dalam, lantai suatu lautan, bentul laut, pantai.
Identifikasi objek geografi meliputi dua hal, yaitu geografi fisis/physical geography dan geografi manusia/human geography.

Beberapa gejala alam yang memengaruhi kehidupan manusia antara lain iklim, gempa bumi, vulkanisme, dan bentuk medan atau permukaan bumi. Bentuk muka bumi berpengaruh terhadap corak kehidupan yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal di tempat tersebut. Kehidupan di daerah dataran pantai adalah untuk kegiatan pelabuhan, tambak/payau, industri garam, dan sawah pasang surut. Kehidupan di dataran rendah adalah untuk berbagai kegiatan penduduk, antara lain peternakan, pertanian, industri, dan tegalan. Kehidupan di dataran tinggi adalah untuk berbagai kegiatan penduduk, antara lain hortikultura, permukiman, peternakan, dan sawah tadah hujan. Kehidupan di daerah pegunungan adalah untuk berbagai kegiatan penduduk, antara lain: pertanian, hortikultura, dan perkebunan.

0 Comments:

Posting Komentar