Kamis, 15 Agustus 2019

Kerja Sama Antarbangsa dan Peran Indonesia di Dunia Internasional

Konferensi Asia Afrika diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18-24 April 1955. KAA dihadiri oleh 29 negara Asia Afrika yang terdiri dari 5 negara sponsor, 18 negara Asia, dan 6 negara Afrika. Hasil terpenting Konferensi Asia Afrika berupa prinsip-prinsip hubungan internasional dalam rangka memelihara perdamaian dunia. Prinsip-prinsip tersebut dikenal dengan nama Dasasila Bandung.

ASEAN (Association of South East Asian Nations) berdiri di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967. Didirikan oleh lima menteri luar negeri negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Kelima menteri luar negeri itu adalah:

  1. Adam Malik dari Indonesia
  2. Tun Abdul Razak dari Malaysia
  3. Thanat Khoman dari Thailand
  4. S. Rajaratnam dari Singapura
  5. Narsisco Ramos dari Filipina
Perserikatan Bangsa Bangsa berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Fransisco, Amerika Serikat. Organisasi PBB terdiri badan-badan utama sebagai berikut: 
  1. Majelis Umum
  2. Dewan Keamanan
  3. Dewan Ekonomi dan Sosial
  4. Dewan Perwalian
  5. Mahkamah Internasional
  6. Sekretariat
Gerakan NonBlok berdiri pada tahun 1961 bertepatan dengan adanya KTT NonBlok I di Beogard, Yugoslavia tanggal 1-6 September 1961. Berdirinya Gerakan Non Blok di prakarsai oleh lima negara yakni, Indonesia, India, Mesir, Ghanadan Yugoslavia.

0 Comments:

Posting Komentar