Rabu, 24 Juli 2019

Peran Indonesia dalam Globalisasi di Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi meliputi kegiatan seperti perdagangan, produksi, dan investasi. Beberapa peran yang dilakukan Indonesia dalam bidang ekonomi, antara lain sebagai berikut.


a. Kegiatan Perdagangan
Indonesia telah lama menjalin hubungan dagang dengan negara lain. Hubungan dagang dilakukan secara bilateral yang dilakukan oleh dua negara dan regional dengan melibatkan beberapa negara di kawasan, seperti di ASEAN. Contoh:

  1. Indonesia mengadakan hubungan dagang dengan Korea Selatan.
  2. Indonesia dengan negara-negara Asia tenggara mengadakan perjanjian perdagangan bebas di Asia Tenggara atau Asean Free Trade Area (AFTA).
  3. Indonesia juga aktif di tingkat dunia. Indonesia termasuk dalam satu anggota organisasi perdagangan dunia atau World Trade Organization (WTO). Dengan menjadi anggota WTO, berarti Indonesia dapat lebih berperan dalam perdagangan dunia.
b. Kegiatan Produksi
Indonesia juga telah lama melakukan kerja sama di sektor produksi. Contoh:
  1. Indonesia menjadi salah satu anggota negara-negara pengekspor minyak atau Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC). OPEC didirikan untuk mengatur produksi dan pemasaran minyak para anggotanya.
  2. Indonesia bersama-sama negara anggota ASEAN mendirikan pabrik mesin diesel di Singapura dan pabrik abu soda di Thailand.
c. Kegiatan Investasi
Indonesia telah memberi izin kepada perusahaan asing untuk melakukan usaha di Indoensia. Misal Indonesia memberi kesempatan kepada PT Caltex untuk melaksanakan penambangan minyak bumi di Indonesia. Di sisi lain, Indonesia juga melakukan investasi di negara lain. Misalnya, PT Pertamina telah melakukan penambangan minyak bumi di Arab Saudi dan Kuwait. 

0 Comments:

Posting Komentar