Rabu, 03 Juli 2019

Interaksi Sosial dalam Kehidupan Manusia

Istilah-istilah yang berkaitan dengan interaksi sosial adalah sebagai berikut:

  1. Interaksi sosial merupakan proses hubungan dan saling memengaruhi yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelopok, atau kelompok dengan kelompok.
  2. Identitas sosial merupakan ciri maupun sifat tertentu yang dimiliki seseorang dan telah memperoleh pengakuan dari masyarakat sekitar.
  3. Status adalah tempat atau posisi umum dalam masyarakat sehubungan dengan orang-orang lainnya dalam kelompok tersebut atau kelompok yang lebih besar.
  4. Proses sosial terjadi bila seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku kelompoknya.
  5. Lembaga sosial merupakan himpunan-himpunan yang terdiri atas norma-norma berbagai tingkatan yang merupakan kebutuhan.
  6. Lembaga merupakan suatu badan atau organisasi yang melaksanakan aktivitasnya.
  7. Pranata sosial merupakan sistem norma atau aturan-aturan tentang kegiatan masyarakat khusus.
  8. Kelompok sosial adalah kesatuan sosial yang anggotanya saling berinterakti, mempunyai adat istiadat tertentu dan memiliki sistem norma yang mengatur interaksi tersebut sebagai identitas bersama dan bersifat kontinyu.
  9. Perubahan sosial ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang saling berbeda yang ada dalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan sosial yang tidak serasi fungsinya.


0 Comments:

Posting Komentar