Sabtu, 22 Juni 2019

Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan

Proses pembuatan manakan pada tumbuhan hijau berlangsung di daun. Untuk membuat makanan, tumbuhan hijau membutuhkan air, karbondioksida, cahaya matahari, dan klorofil. Klorofil ini merupakan zat hijau daun yang terdapat dalam kloroplas. Sel kloroplas terdapat pada lapisan palisade. 

Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis. Secara alami, proses fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari karena memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama pada proses fotosintesis. Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dikeluarkan oleh tumbuhan melalui mulut daun (stomata) dan digunakan oleh manusia dan hewan pada proses pernapasan. 

Proses Fotosintesis

Hasil fotosintesis lainnya, yaitu glukosa yang merupakan zat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebaian disimpan sebagai cadangan makanan. 

0 Comments:

Posting Komentar