Selasa, 04 Juni 2019

Perkembangan Teknologi Transportasi

Kepadatan Penerbangan Dunia yang Terpantau melalui www.flightradar24.com

Transportasi atau disebut juga angkutan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Transportasi diperlukan untuk mengangkut penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Sarana dan prasarana transportasi yang baik dan memadai akan memperlancar kegiatan transportasi. Teknologi transportasi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan kemajuan.

1. Teknologi Transportasi Masa Lalu
Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara dipikul, digendong, atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.

Alat transportasi darat yang semula menggunakan tenaga manusia seperti sepeda, becak, dan gerobag. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Sedangkan transportasi laut ada yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar, dan juga ada yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung. 

2. Teknologi Transportasi Masa Kini
Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan seperti jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.

a. Transportasi darat
Alat angkutan darat ada  yang masih tradisional dan ada yang sudah modern. 
  • Alat angkutan darat tradisional atau tidak bermesin, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobag. Sepeda, becak dan cikar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobag digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya melayani pengangkutan jarak dekat.
  • Alat angkutan darat modern atau bermesin terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain pick-up, truk, truk tangki, kereta api barang dan mobil box. 
Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh.
Kereta cepat Bandung-Jakarta hanya membutuhkan 35 menit untuk sampai ke tempat tujuan

b. Transportasi air
Transportasi air adalah pengangkutan melalui air, meliputi angkutan sungai, danau, selat, dan laut. Alat angkutan air ada yang sederhana dan ada yang modern.
  • Alat angkutan air sederhana seperti rakit, sampan, perahu, dan preahu layar. Rakit, sampan, dan perahu lebih banyak digunakan di sungai, sedangkan perahu layar digunakan sebagai angkutan selat dan laut.
  • Alat angkutan air modern, terdiri atas kapal penumpang dan kapal angkutan barang.
c. Transportasi udara
sumber: www.flightradar24.com
Transportasi udara adalah jenis pengangkutan atau perhubungan yang paling cepat. Angkutan udara yang banyak digunakan adalah pesawat terbang. Jenis pesawat terbang bermacam-macam, ntara lain pesawat terbang capung, pesawat terbang bermesin turbo baling-baling, dan pesawat terbang bermesin jet. Selain itu ada pesawat terbang tanpa sayap, yaitu helikopter yang dapat terbang dan mendarat tegak lurus.

0 Comments:

Posting Komentar