Sabtu, 15 Juni 2019

Menu Makanan Bergizi Seimbang

Makanan sehat yang baik bagi kesehatan adalah makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan yang dibutuhkan oleh setiap orang tentunya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan energi yang akan digunakan. Perbedaan jumlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah usia, jenis kelamin, dan jenis kegiatan yang dilakukan setiap harinya.

Menu makanan empat sehat lima sempurna merupakan menu makanan bergizi seimbang. Menu makanan ini terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan. 

  1. Makanan pokok. Zat yang terkandung dalam makanan pokok berupa karbohidrat. Sumber karbohidrat diantarnya adalah beras jagung, sagu, dan gandum.
  2. Lauk-pauk. Lauk pauk mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein ini banyak terkandung dalam ikan, daging, telur, dan tempe.
  3. Sayur-mayur. Sayur-mayur mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh, meskipun jumlahnya tidak banyak. Sumber vitamin dan mineral terdapat pada sayuran seperti bayam, kol, dan wortel.
  4. Buah-buahan. Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin. Diantara buah-buahan tersebut adalah jeruk, apel, pisang, jambu, dan mangga. 

0 Comments:

Posting Komentar