Jumat, 21 Juni 2019

Memelihara Alat Peredaran Darah

Agar alat peredaran darah dapat bekerja dengan baik pada saat mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh maka perlu dijaga dan dipelihara dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat peredaran darah tersebut.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara alat peredaran darah aalah dengan melakukan pola hidup sehat. Beberapa upaya lainnya yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Olahraga secara teratur
Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membuat jantung yang merupakan alat peredaran darah berfungsi dengan baik. 

b. Menghindari makanan berlemak
Agar alat peredaran darah dalam tubuh kita bekerja dengan baik maka kita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Kelebihan lemak di dalam darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah akan timbul penyakit jantung dan peredaran otak.

c. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol
Merokok merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena sangat merugikan bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat memengaruhi alat peredaran darah. Jumlah alkohol yang terlalu banyak di dalam darah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

0 Comments:

Posting Komentar