Jumat, 07 Juni 2019

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan Sosial adalah perbedaan atau ketidakseimbangan kehidupan di masyarakat. Misalnya kesenjangan sosial ekonomi dan kesenjangan sosial teknologi.
1. Kesenjangan Sosial Ekonomi
Di sekitar kita terdapat warga masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang bermacam-macam. Ada warga masyarakat yang tidak tamat SD, ada yang lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA dan perguruan tinggi. Masing-masing memiliki sifat dan watak yang berbeda. Ada yang berwatak baik, ada yang jahat, ada yang rajin, ada yang pemalas dan sebagainya.

Salah satu contoh gambaran kesenjangan ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi nampak pada cara memenuhi kebutuhan hidup atau penghasilan warga masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus  bekerja. Bekerja guna mendapat penghasilan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi semakin besar.

2. Kesenjangan Sosial Teknologi
Penghasilan setiap keluarga di masyarakat antara satu dengan yang lain berbeda. Ada keluarga yang memiliki penghasilan sangat besar, karena suami maupun istri masing-masing punya penghasilan besar. Di sisi lain ada keluarga yang penghasilannya kecil, karena bekerja hanya seorang. Besar kecilnya penghasilan berpengaruh terhadap kesenjangan sosial teknologi. 
Salah satu gambaran kesenjangan teknologi dalam bidang pendidikan

Ilustrasi diatas memperlihatkan kepada kita bahwa bahwa saat ini masih terjadi kesenjangan teknologi dalam dunia pendidikan, dimana ada sekolah yang fasilitasnya sudah sangat maju sedangkan di beberapa sekolah khususnya di daerat 3T masih jauh dari kata layak untuk dijadikan sebagai tempat mengemban ilmu yang nyaman lagi aman. 

0 Comments:

Posting Komentar