Sabtu, 01 Juni 2019

Kegiatan Koperasi di Lingkungan Sekitar

1. Kegiatan Koperasi
Di sekitar kita terdapat beberapa macam jenis koperasi. Masing-masing memiliki kegiatan sesuai dengan jenis usahanya. 
Secara umum kegiatan-kegiatan koperasi adalah sebagai berikut.

  • Menampung simpanan anggota, seperti simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan manasuka.
  • Memberikan pelayanan kepada anggota, seperti menyalurkan kredit atau barang kebutuhan; membeli dan memasarkan barang produksi para anggota; dan sebagainya.
  • Mengadakan pertemuan untuk mengembangkan usaha. 
2. Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah didirikan oleh warga sekolah, tujuannya untuk membantu memenuhi kebutuhan para siswa. Penanggung jawab koperasi sekolah adalah kepala sekolah. Pengurus dan anggota koperasi sekolah terdiri atas guru-guru, karyawan, dan siswa-siswi di sekolah itu. 

Koperasi sekolah dijalankan oleh pengurus koperasi, seperti ketua, sekretaris dan bendahara. Ketua bertugas memimpin jalannya koperasi, sekretaris bertugas menangani pembukuan, sedangkan bendahara bertugas memegang keuangan.

Usaha yang dijalankan koperasi sekolah meliputi pertokoan, kantin, dan simpan pinjam. Pertokoan menyediakan barang-barang keperluan sekolah, mmislanya buku tulis, kertas, pensil, dan alat sekolah lainnya. Kantin menyediakan jajanan berupa makanan dan minuman. Para siswa dapat menabung di koperassi sekolah. Uang tabungan tersbut namanya simpanan manasuka. 

0 Comments:

Posting Komentar