Kamis, 20 Juni 2019

Keahlian yang Wajib Dimiliki Ketika Lulus dari Teknik Dirgantara

1. Keahlian Menggambar Teknik dan Memahami Gambar Teknik
Menggambar teknik menjadi salah satu keahlian bahkan menjadi mata kuliah wajib di jurusan teknik manapun. Sebagai lulusan teknik dirgantara, tentunya keahlian ini juga akan sangat dibutuhkan terutama saat mendesain. Selain bisa, kita juga harus paham dan mengerti apa saja yang penting dari gambar teknik itu, termasuk cara membacanya.

2. Keahlian Menganalisis dan Memecahkan Masalah Engineering
Sebagai jurusan teknik penerbangan, kita dituntut untuk bisa menganalisis masalah supaya bisa menemukan cara untuk menyelesaikannya.

3. Keahlian Menggunakan Software
Software menjadi alat yang penting saat ini, selain dapat mempermudah seseorang dalam bekerja, software juga dapat mengefisienkan waktu pengerjaan. Jika kemampuan dalam menggunakan software kurang, maka pekerjaan kita akan semakin lama dan mungkin butuh beberapa orang untuk mengerjakan satu hal. 

Di dunia engineering software adalah alat yang sudah lazim digunakan, perhitungan matematika akan dilakukan dengan menggunakan software tersebut. Untuk itu, keahlian menggunakan software menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki bagi para lulusan teknik dirgantara. 

4. Keahlian Berkomunikasi
Kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang utama untuk lulusan jurusan manapun. Berkomunikasi bisa lewat lisan maupun tulisan. Kemampuan berkomunikasi bagi para lulusan teknik sangat berpengaruh pada tersampaikannya maksud dan tujuan dari suatu pekerjaan. Contoh: kamu telah mampu dengan ketiga keahlian sebelumnya, namun orang lain tidak mengerti dengan ucapanmu atau tulisanmu. Ini akan sangat menghambat pekerjaan dan mungkin saja bisa salah pengertian. 

Berkomunikasi lewat lisan membantu seseorang dalam bekerja dimanapun ia berada. Orang bisa salah paham dengan intonasi, artikulasi, dan mimik kita ketika berbicara. Untuk itu, kemampuan berkomunikasi lisan ini sangat perlu dilatih, terutama bagi orang-orang yang sering bertemu dengan customer atau partner kerja. 

Sedangkan berkomunikasi lewat tulisan membantu seseorang dalam menyampaikan maksudnya ketika ia tidak dapat bertatap muka langsung dengan orang yang dituju. Kemampuan menulis dan memahami tulisan sangat diperlukan karena bisa mengubah tujuan jika tidak diperhatikan.

5. Keahlian Bekerja Sama
Bekerja sama sangat penting di dunia engineering, bagaimanapun kita tidak bisa terlepas dari hubungan dengan orang lain. Orang yang dapat bekerja sama dengan baik akan menimbulkan kepercayaan terhadap dirinya. Ini akan menjadi nilai penting yang dapat mengembangkan karir seseorang. 

0 Comments:

Posting Komentar