Rabu, 05 Juni 2019

Jenis Permasalah Sosial di Daerah

a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji adalah membuang sampah sembarangan. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor banyak berserakan sampai ke jalan raya, karena tak tertampung di bak sampah. Keadaan seperti ini bertentangan dengan keinginan kita, dan merupakan permasalahan bagi kita. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah. sampah yang berserakan di jalan raya mengakibatkan jalan nampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus lalu lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. 

b. Kali Bersih
Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dahulu. Sementara juga ada orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini membuat kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Sehingga pada musim penghujan air kali meluap. Menggenangi daerah sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk.

c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa lapak milik para pedagang kaki lima. 

d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau kerja kantor. Pada saat itu banyak anak sekolah dan karyawan memenuhi jalan. Kemacetan juga sering terjadi pada hari-hari raya keagamaan. Banyak para pemudik memnuhi jalan pulang kampung. Penyebab kemacetan lalu lintas antara lain tidak tertibnya para pengguna jalan dan banyaknya kendaraan di jalur lalu lintas.
Kemacetan Lalu Lintas


e. Putus Sekolah
Para siswa tentu tidak menginginkan putus sekolah. Banyaknya anak putus sekolah merupakan permasalahan. Pada umumnya putus sekolah disebabkan tidak punya biaya sekolah, atau karena membantu orang tuanya. Tapi ada juga putus sekolah karena malas belajar.

f. Pengangguran
Pengangguran juga merupakan masalah. Orang yang menganggur tentu sedih karena tidak punya penghasilan. Penyebab timbulnya pengangguran, yaitu tidak adanya lapangan pekerjaan.

g. Kenakalan Remaja
Kasus kenakalan remaja lebih banyak terjadi di kota-kota besar. Para orang tua di kota pada umumnya sangat sibuk. Mereka kurang memerhatikan anak-anaknya. Karena anak-anak tidak diperhatikan, mereka cenderung menjurung ke kenakalan, seperti suka membuat onar, kebut-kebutan, mabuk-mabukan, malas belajar, pergaulan bebas dan tawuran. Tingkah kenakalan ini meresahkan dan menjadi permasalahan bagi warga sekitarnya.

0 Comments:

Posting Komentar