Jumat, 07 Juni 2019

Dampak Masalah Sosial

Munculnya berbagai masalah sosial, akan berdampak terhadap kesehatan, ketretiban, dan ketentraman warga masyarakat. Pada umumnya dampak masalah sosial bersifat negatif.

  1. Banyaknya sampah yang menumpuk akhirnya membusuk, menyebarkan bau tak sedap. Bau busuk dapat mengakibatkan gangguan pernafasan. Sampah busuk menjadi sarang lalat penyebar penyakit perut.
    Sampah dibiarkan menumpuk dan membusuk

  2. Kali yang tidak bersih penuh sampah, akan menimbulkan banjir di musim hujan. Banjir mengakibatkan gagal panen, jembatan runtuh, dan tersebarnya berbagai penyakit. Penyakit pasca banjir antara lain diare, gatal-gatal, dan leptospirosis
  3. Bangunan liar di trotoar, selain mengganggu pejalan kaki, juga mengurangi ketertiban dan keindahan lingkungan.
    Bangunan liar di trotoar sedang di tertibkan oleh petugas setempat

  4. Dampak kemacetan lalu lintas antara lain bisa menghambat perjalanan dan distribusi barang kebutuhan hidup. Para siswa terlambat ke sekolah. Para karyawan terlambat masuk kantor atau perusahaan. Keterlambatan distribusi barang kebutuhan bisa memicu kenaikan harga. Barang kebutuhan harganya menjadi mahal. 
  5. Anak yang putus sekolah tidak akan memiliki pengetahuan formal dan ketrampilan kerja. Orang yang tidak memiliki keterampilan kerja, akan berdampak pada susahnya mencari pekerjaan, sehingga mereka tidak memiliki pendapatan yang pasti. Angka kemiskinan akan menaik.
  6. Orang pengangguran akan hidup sebagai gelandangan. Kerjanya meminta-minta. Kalau dalam keadaan terpaksa, ada yang berani berbuat jahat seperti mencopet, atau merampok. Di sisi lain ada pengangguran yang menjadi pengamen jalanan dan pemulung. Perbuatan yang mereka lakukan sering mengganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat. 
  7. Dampak kenakalan remaja amat beragam. Banyak yang terserang penyakit HIV/AIDS karena terjerumus dalam pergaulan bebas dan mengonsumsi narkoba. Ada yang sering berurusan dengan polisi karena balapan liar, mabuk minuman keras, suka tawuran dan membuat onar. Dampak kenakalan remaja seperti ini dapat mengganggu ketentraman warga masyarakat. 

0 Comments:

Posting Komentar