Senin, 17 Juni 2019

Beberapa Software yang Sering Digunakan Pada Saat Kuliah di Jurusan Teknik Dirgantara

Teknik Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika/ Teknik Dirgantara merupakan jurusan yang mengajarkan kita bagaimana memahami pesawat. Dimulai dari bagaimana dia terbang, bagaimana strukturnya, lalu lintasnya, kelaikannya, dan lain sebagainya. Di zaman sekarang ini, banyak sekali software yang digunakan dalam mempermudah seseorang untuk memahami dan mengerjakan berbagai permasalahan engineering

Berikut merupakan software yang sering digunakan anak Teknik Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika/ Teknik Dirgantara:

1. Software untuk Menggambar
Menggambar teknik menjadi salah satu kemampuan yang penting di dalam dunia engineering. Selain mempermudah dari segi pengerjaan, softwae untuk menggambar teknik ini akan membuat kerja yang berhubungan dengan engineering menjadi lebih efisien. Contohnya: Ketika kita menggambar di kertas, kemudian akan di analisis/ dihitung performanya maka kita harus menggambar ulang di software untuk analisis. Sedangkan jika kita menggunakan software untuk menggambar teknik, kita hanya tinggal mengimportnya saja ke software berikutnya. 

Beberapa software yang sering digunakan tersebut adalah:
  • SolidWork
  • Catia
  • AutoCAD
2. Software untuk Menganalisis Aerodinamika 
Analisis aerodinamika menjadi kunci utama dalam mengetahui performa model yang kita buat. Terutama dalam pembuatan pesawat/barang yang sekiranya memiliki beban aero. Diantara software-software tersebut adalah
  • Ansys
  • Numeca
3. Software untuk Menganalisis Kekuatan Struktur
Apa gunanya jika kita mendesain secara aero bagus, namun struktur yang dibuat tidak mampu menerima beban aero tersebut. Untuk itu diperlukan analisis kekuatan struktur yang bisa dilakukan dengan sofware berikut:
  • Ansys
  • Abaqus
  • Patran/Nastran
  • LS-Dyna
4. Software untuk Menganalisis  Prestasi Terbang 
Analisis prestasi terbang juga menjadi bagian yang sangat penting dalam memahami pesawat. Software yang digunakan adalah AAA (Advanced Aerodynamic Analysis). Data yang digunakan pada software ini berasal dari buku karangan Roskam yang memuat banyak data pesawat-pesawat lama dari tahun ke tahun.

Dengan menganalisis prestasi terbang melalui software ini akan sangat membantu, terutama bagi kalian yang sedang belajar menganalisis pesawat. Software ini banyak digunakan oleh para mahasiswa/i teknik penerbangan ketika mereka mempelajari dan mendapat tugas untuk mendesain pesawat udara. Terutama dalam menganalisis kestabilan pesawat dalam berbagai tata acuan koordinat.

5. Software untuk Menganalisis Kendali Terbang
Software yang sering digunakan dalam analisis sistem kendali terbang pesawat adalah Matlab Simulation. Melalui Matlab ini sistem kendali pesawat akan di desain supaya memenuhi kestabilan yang diinginkan. 

1 komentar:

  1. Sebenarnya masih banyak software yang sedang dikembangkan untuk mempermudah dan mempersingkat proses perhitungan. Jika diantara pembaca ada yang mengetahui, silahkan bisa berdiskusi disini!

    BalasHapus