Sekolah Dasar

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Atas

Materi Umum

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak Pengetahuan Umum

Kelas Online

Jika kamu membutuhkan bimbingan untuk belajar online, kamu bisa gabung di kelas online.

Minggu, 30 Juni 2019

Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan

Kuantitas penduduk adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jumlah penduduk. Faktor yang memengaruhi kuantitas penduduk adalah kelahiran dan kematian. Permasalahan yang berkaitan dengan kuantitas penduduk antara lain masalah kepadatan penduduk, persebaran penduduk yang tidak merata, meningkatnya angka pengangguran, dan pesatnya arus urbanisasi.

Kualitas penduduk adalah tingkat/taraf kehidupan penduduk yang berkaitan dengan kemampuan dalam pemenuhan kebutuhan seperti pangan, sandang, perumahan, kesehatan, pendidikan. Kualitas penduduk ditentukan oleh faktor-faktor tingakt pendidikan, tingkat kesehatan, dan tingkat kesejahteraan. Permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk berdampak pada terhambatnya proses pembangunan.

Untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kuantitas pendudk, pemerintah menyelenggarakan program KB dan transmigrasi. Untuk mengatasi permasalahan kualitas penduduk, pemerintah mencanangkan program wajib belajar 9 tahun, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

Global Warming

Global warming telah menjadi isu yang menyita perhatian manusia. Dalam definisi sederhana "global warming" adalah kondisi naiknya suhu permukaan bumi yang disebabkan peningkatan jumlah karbondioksida dan gas-gas lain, atau gas rumah kaca yang menyelimuti bumi dan merangkap panas.

Peningkatan Temperatur Bumi

Terhitung mulai tanggal 3-14 Desember 2007 di Nusa Dua, Bali diadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tentang perubahan iklim (UN Climate Change Conference). Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (UNCCC) ini akan menggantikan Protokol Kyoto yang habis 2012. Protokol Kyoto 1997-2012 intinya berisi kesepakatan antara negara-negara maju dan berkembang untuk secara bersama-sama mampu mengurangi atau menurunkan emisi karbon di muka bumi.

Untuk menghadapi Global Warming di sekolah kita harus melakukan "5R dan 1O", yaitu:

  1. Refuse, menolak menggunakan barang yang tidak ramah lingkungan.
  2. Reduce, atau menggunakan barang seperlunya, menggunakan air seperlunya, mematikan alat pendingin pada ruangan yang kosong, dan mematikan barang elektronik jika tidak dimanfaatkan.
  3. Reuse, atau menggunakan barang bekas untuk kegunaan yang sama.
  4. Recycle, atau menggunakan barang bekas untuk kegunaan yang berbeda.
  5. Rethink, yaitu mengubah paradigma lama yang cenderung eksploitatif dan merusak alam menjadi paradigma yang ramah lingkungan.
  6. Otarki (Jepang) atau Go Green, yakni menanami pekarangan dan penghijauan lingkungan. Otarki dapat diartikan budaya menanami pekarangan wumah dengan tanaman konsumtif, termasuk di dalamnya tanaman obat-obatan. Selama ini luas pekarangan rumah dan tanah kosong yang dimiliki masyarakat Indonesia belum tergarap secara maksimal.
Bumi yang kita diami adalah anugerah Allah SWT. Kita diamanhi untuk mengelola dan menggunakan dengan bijak. Bumi yang sekarang sedang demam global warming perlu kita obati dengan 5R dan 1O. 

Sabtu, 29 Juni 2019

Wilayah Laut Teritorial Indonesia

Menyadari bahwa negara memiliki perairan yang sangat luas, Indonesia memberlakukan Hukum Laut Internasional yang disetujui oleh PBB. Hukum itu berupa Traktat Multilateral hasil pertemuan di Jamaica pada tanggal 10 Desember 1982. Adapun hasil perluasan laut teritorial adalah sebagai berikut:

Batas Wilayah Laut Indonesia

a. Batas Laut Teritorial
Batas laut teritorial adalah garis batas yang berjarak 12 mil dari garis dasar. Kewenangan yang dimiliki suatu negara dalam wilayah teritorial sebagaimana lazimnya sebuah negara mengelola daratan.

b. Batas Landas Kontinen
Dalam perkembangannya pada tangga 17 Februari 1969 pemerintah Indonesia mengumumkan tentang Landas Kontinen Indonesia sebagai usaha peningkatan perjuangan untuk pengakuan gagasan Wawasan Nusantara. Batas Landas Kontinen adalah garis batas yang merupakan kelanjutan dari benua (kontinen). Kewenangan yang dimiliki dalam wilayah ini bahwa negara pantai boleh melakukan eksploitasi dan eksploirasi kekayaan mineral dan kekayaan alam lainnya dengan kewajiban harus mengimbangi keuntungan dengan masyarakat internasional.

c. Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 
Lebih lanjut pada konferensi hukum laut internasinal di Jamaika 1982 diputuskan bahwa wilayah laut bagi negara kepulauan jauh 200 mil dari garis pangkal teritorial. Sebagaimana tindak lanjut pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No. 5 tahun 1983 tentang Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) bahwa batas wilayah laut Indonesia sejauh 200 mil diukur dari garis dasar. Di dalam wilayah ini, negara pantai berhak menggali segala sumber hayati maupun sumber alam lainnya yang berada di bawah permukaan laut, di dasar laut dan di bawah dasar laut. 

Permasalahan Liingkungan Hidup dan Penanggulangannya

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang baik langsung maupun tidak langsung memengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Menurut UU No. 23 Tahun 1997, pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Unsur-unsur lingkungan hidup meliputi unsur hayati (biotik), abiotik, dan sosial budaya.

Peran lingkungan bagi kehidupan adalah sebagai tempat mencari makan, tempat kelangsungan hidup, tempat tinggal, dan tempat aktivitas sosial. Kerusakan lingkungan hidup dapat disebabkan karena gejala alam dan karena ulah manusia.

Faktor alam yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan adalah terjadinya berbagai bencana alam, seperti letusan gunung berapi, gempa, dan angin topan. Faktor ulah manusia yang menimbulkan kerusakan lngkungan alam antara lain pembalakan liar, penggunaan bahan kimia berbahaya pemburuan liar, kegiatan industri yang membuang limbah sembarangan.

Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan, yaitu usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan antara lain:

  1. Menjamin pemerataan dan keadilan
  2. Menghargai keanekaragaman hayati
  3. Menggunakan pendekatan integratif
  4. Menggunakan pandangan jangka panjang.

Jumat, 28 Juni 2019

Faktor-faktor yang Mendorong Perkembangan Provinsi di Indonesia

Keberadaan provinsi mengalami perkembangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah sistem administrasi kenegaraan. Sehingga sampai dengan tahun 2002 provinsi yang ada di Indonesia menjadi 33. 

Adapun faktor-faktor yang mendorong perkembangan provinsi di Indonesia, yaitu:
  1. Adanya upaya untuk mempermudah sistem administrasi kenegaraan.
  2. Keberhasilan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali wilayah yang masih di bawah cengkraman penjajahan Belanda (Irian Barat/Papua).
  3. Adanya usaha diplomasi untuk menerima wilayah/provinsi lain masuk ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (Timor Timur). Namun dengan adanya jejak pendapat tangga 30 Agustus 1999, dimana sebagian rakyat Timor Timur memilih untuk merdeka, maka Timor Timur melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Adanya UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, dimana penyelenggaraan pemerintah di titikberatkan pada daerah (desentralisasi). Kebijakan ini menyebabkan daerah diberikan kekuasaan untuk mengatur pemerintahannya sendiri, sehingga muncullah provinsi-provinsi baru.
Provinsi di Indonesia Saat Ini


Permasalahan Kependudukan dan Penanggulangannya

Penduduk Indonesia adalah mereka yang tinggal di Indonesia saat dilakukan sesus dalam kurun waktu minimal 6 bulan. Kuantitas penduduk adalah jumlah penduduk suatu daerah/negara. Kuantitas penduduk berkaitan dengan masalah pertumbuhan penduduk dan migrasi. Permasalahan yang berkaitan dengan kepadatan penduduk antara lain ledakan penduduk yakni jumlah penduduk melebihi daya tampung. 

Masalah utama dalam bidang kependudukan Indonesia menghadapi berbagai masalah antara lain:

  1. Jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
  2. Persebaran penduduk yang tidak merata.
  3. Kualitas penduduk yang relatif masih rendah.
Masalah kualitas penduduk dapat diamati melalui komposisi penduduk, angka beban ketergantungan, angka usia harapan hidup, dna rasio jenis kelamin. Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu dan untuk tujuan tertentu pula. Angka beban ketergantungan adalah angka yang menyatakan perbandingan antaranya banyaknya orang yang tidak termasuk usia tidak produktif dengan banyaknya orang yang termasuk usia produktif. Angka usia harapan hidup adalah rata-rata usia penduduk yang diperhitungkan sejak kelahiran. rasio jenis kelamin adalah perbandingan banyaknya penduduk laki-laki dan banyaknya penduduk perempuan pada suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.

Kamis, 27 Juni 2019

Kondisi Fisik, Wilayah, dan Penduduk Indonesia

Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Sedangkan letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan posisinya terhadap garis lintang dan garis bujur.

Pengaruh letak geografis, Indonesia mengakibatkan terjadinya musim kemarau dan penghujan. Sedangkan pengaruh letak astronomis, wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) yang masing-masing setiap selisih garis bujur 1 derajat memiliki selisih waktu 4 menit.

Jenis satwa di Indonesia dikeompokkan menjadi tiga, yakni kelompok fauna Asiatis, fauna Asia-Australis, dan kelompok fauna Austialis. Secara tidak langsung hutan memiliki berbagai fungsi, antara lain fungsi klimatologis, fungsi orologis, fungsi strategis, fungsi estetis, dan fungsi hidrologis.

Jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia antara lain tanah mergel, tanah gambut, tanah alluvial,, tanah laterit, tanah humug, tanah vulkanis, tanah kapur, tanah pasir, tanah podzol, danah Indoenesi dikenal drn tanag terraroza. Keadaan penduduk Indonesia terdiri dari aneka ragam ras dan suku bangsa, sehingga nasyarakat Indonesia di kenal debagai makhulk majemuk.

Senin, 24 Juni 2019

Peranan Penting Tumbuhan Hijau bagi Manusia dan Hewan

Tumbuhan hijau merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan hijau. Apabila tidak ada tumbuhan hijau makan tidak tersedia sumber bahan makanan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk tumbuh dan berkembang biak. Selain itu, tidak adanya tumbuhan hijau mengakibatkan tidak ada oksigen yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk bernapas.

Tumbuhan Hijau

Oleh karena itu, agar sumber makanan bagi manusia dan hewan tetap terjaga maka kita perlu menjaga dan memelihara tumbuhan hijau yang ada di lingkungan sekitar kita baik di rumah, di jalan di kebun, ataupun di sekolah. Salah satu bentuk menjaga dan memelihara tumbuhan hijau adalah tidak merusaknya.

Apabila di dunia tidak terdapat tumbuhan hijau maka sumber makanan dan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan tidak tersedia di alam. Hal ini akan menyebabkan manusia dan hewan mati. Oleh karena itu, manusia dan hewan snagat bergantung pada tumbuhan hijau merupakan sumber makanan.

Minggu, 23 Juni 2019

Tumbuhan Hijau sebagai Sumber Makanan Manusia dan Hewan

Proses fotosintesis menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Makanan ini sebagian digunakan oleh tumbuhan itu sendiri dan sisanya dibawa ke bagian tubuh lain. Manusia dan hewan secara langsung ataupun tidak langsung bergantung pada tumbuhan hijau untuk memperoleh makanan. daun, batang, buah, biji, dan umbi merupakan bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan.

Tumbuhan Hijau
Beberapa bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan baik yang langsung dimakan ataupun dimasak terlebih dahulu di antaranya adalah 

  1. Akar. Akar merupakan bagian pada tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah. Air dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan diserap oleh akar dari dalam tanah. Tumbuhan yang akarnya dijadikan bahan makanan. 
  2. Daun. Tumbuhan yang daunnya digunakan untuk makanan diantaranya bayam dan kangkung.
  3. Buah. Jeruk, apel, mangga, dan pisang merupakan jenis tumbuhan yang buahnya dapat langsung dimakan oleh kita tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun demikian, beberapa jenis tumbuhan lain yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan tidak dapat dimakan langsung, seperti terong dan labu siem.
  4. Bunga. Tumbuhan yang bunganya dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain adalah kol atau kubis dan bawang. Di dalam bunga banyak terkandung mineral dan vitamin.
  5. Biji. Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok yang kita makan sehari-hari. Selain itu, di Indonesia makanan pokok lainnya adalah jagung dan gandum. Beras, jagung, dan gandum merupakan biji-bijian yang berguna sebagai dumber karbohidrat. Tumbuhan lain yang bijinya dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang panjang. 




Tempat Menyimpan Cadangan Makanan pada Tumbuhan

Glukosa yang merupakan zat makanan hasil fotosintesis, selain digunakan untuk tumbuh dan berkembang biak juga disimpan sebagai cadangan makanan. Sebagian besar bagian tumbuhan yang kita makan merupakan cadangan makanan dari tumbuhan tersebut.

Setiap tumbuhan memiliki tempat menyimpan cadangan makanan yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada akar, batang, ataupun  buah. Berdasarkan tempat menyimpan cadangan makanannya, tumbuhan dikelompokkan menjadi empat, yaitu

a. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi
Umbi adalah akar atau batang yang mengembung dan berisi cadangan makanan. Tumbuhan yang cadangan makanannya disimpan didalam umbi di antaranya adalah kentang, singkong, dan ubi jalar.

Umbi-umbian

b. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam buah
Buah-buahan yang kita makan sehari-hari, seperti mangga, pepaya, apel, dan jeruk merupakan cadangan makanan. Cadangan makanan tersebut disimpan oleh tumbuhan di dalam buah.

Buah-buahan

c. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam biji
 Kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai merupakan kelompok tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam biji.

Biji-bijian

d. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang
Tumbuhan tebu dan sagu merupakan kelompok tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam batang.

Sabtu, 22 Juni 2019

Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan

Proses pembuatan manakan pada tumbuhan hijau berlangsung di daun. Untuk membuat makanan, tumbuhan hijau membutuhkan air, karbondioksida, cahaya matahari, dan klorofil. Klorofil ini merupakan zat hijau daun yang terdapat dalam kloroplas. Sel kloroplas terdapat pada lapisan palisade. 

Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis. Secara alami, proses fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari karena memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama pada proses fotosintesis. Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dikeluarkan oleh tumbuhan melalui mulut daun (stomata) dan digunakan oleh manusia dan hewan pada proses pernapasan. 

Proses Fotosintesis

Hasil fotosintesis lainnya, yaitu glukosa yang merupakan zat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebaian disimpan sebagai cadangan makanan. 

Jumat, 21 Juni 2019

Memelihara Alat Peredaran Darah

Agar alat peredaran darah dapat bekerja dengan baik pada saat mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh maka perlu dijaga dan dipelihara dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat peredaran darah tersebut.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara alat peredaran darah aalah dengan melakukan pola hidup sehat. Beberapa upaya lainnya yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Olahraga secara teratur
Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membuat jantung yang merupakan alat peredaran darah berfungsi dengan baik. 

b. Menghindari makanan berlemak
Agar alat peredaran darah dalam tubuh kita bekerja dengan baik maka kita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Kelebihan lemak di dalam darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah akan timbul penyakit jantung dan peredaran otak.

c. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol
Merokok merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena sangat merugikan bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat memengaruhi alat peredaran darah. Jumlah alkohol yang terlalu banyak di dalam darah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Kamis, 20 Juni 2019

Keahlian yang Wajib Dimiliki Ketika Lulus dari Teknik Dirgantara

1. Keahlian Menggambar Teknik dan Memahami Gambar Teknik
Menggambar teknik menjadi salah satu keahlian bahkan menjadi mata kuliah wajib di jurusan teknik manapun. Sebagai lulusan teknik dirgantara, tentunya keahlian ini juga akan sangat dibutuhkan terutama saat mendesain. Selain bisa, kita juga harus paham dan mengerti apa saja yang penting dari gambar teknik itu, termasuk cara membacanya.

2. Keahlian Menganalisis dan Memecahkan Masalah Engineering
Sebagai jurusan teknik penerbangan, kita dituntut untuk bisa menganalisis masalah supaya bisa menemukan cara untuk menyelesaikannya.

3. Keahlian Menggunakan Software
Software menjadi alat yang penting saat ini, selain dapat mempermudah seseorang dalam bekerja, software juga dapat mengefisienkan waktu pengerjaan. Jika kemampuan dalam menggunakan software kurang, maka pekerjaan kita akan semakin lama dan mungkin butuh beberapa orang untuk mengerjakan satu hal. 

Di dunia engineering software adalah alat yang sudah lazim digunakan, perhitungan matematika akan dilakukan dengan menggunakan software tersebut. Untuk itu, keahlian menggunakan software menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki bagi para lulusan teknik dirgantara. 

4. Keahlian Berkomunikasi
Kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang utama untuk lulusan jurusan manapun. Berkomunikasi bisa lewat lisan maupun tulisan. Kemampuan berkomunikasi bagi para lulusan teknik sangat berpengaruh pada tersampaikannya maksud dan tujuan dari suatu pekerjaan. Contoh: kamu telah mampu dengan ketiga keahlian sebelumnya, namun orang lain tidak mengerti dengan ucapanmu atau tulisanmu. Ini akan sangat menghambat pekerjaan dan mungkin saja bisa salah pengertian. 

Berkomunikasi lewat lisan membantu seseorang dalam bekerja dimanapun ia berada. Orang bisa salah paham dengan intonasi, artikulasi, dan mimik kita ketika berbicara. Untuk itu, kemampuan berkomunikasi lisan ini sangat perlu dilatih, terutama bagi orang-orang yang sering bertemu dengan customer atau partner kerja. 

Sedangkan berkomunikasi lewat tulisan membantu seseorang dalam menyampaikan maksudnya ketika ia tidak dapat bertatap muka langsung dengan orang yang dituju. Kemampuan menulis dan memahami tulisan sangat diperlukan karena bisa mengubah tujuan jika tidak diperhatikan.

5. Keahlian Bekerja Sama
Bekerja sama sangat penting di dunia engineering, bagaimanapun kita tidak bisa terlepas dari hubungan dengan orang lain. Orang yang dapat bekerja sama dengan baik akan menimbulkan kepercayaan terhadap dirinya. Ini akan menjadi nilai penting yang dapat mengembangkan karir seseorang. 

Gangguan Alat Peredaran Darah

Alat peredaran darah pada manusia juga mengalami gangguan seperti halnya alat pernapasan dan alat pencernaan. Beberapa penyakit gangguan atau penyakit yang menyerang alat peredaran darah diantaranya sebagai berikut:
a. Hipertensi
Hipertensi ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Beberapa gejala penyakit ini diantaranya adalah jantung berdebar-debar, sesak napas saat kerja berlebihan, dan badan terasa lemah serta kepala menjadi pusing.

b. Sklerosis
Sklerosis itu pengerasan pembulu nadi (arteri) yang disebabkan oleh terbentuknya keras keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi. Bila kerak tersebut dari senyawa lemak disebut ateroskerosis, sedangkan bila dari senyawa kalsium disebut arterisoklerosis. Akibat adanya kerak pada dinding pembuluh darah, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan selanjutnya terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).

c. Varises
Varises merupakan pelebaran pembuluh balik (vena) yang umumnya terjadi di bagian betis. Di bagian betis tersebut tampak tonjolan berbelok-belok berwarna biru yang disebut varises. Varises terjadi karena terlalu lama berdiri atau kerja terlalu banyak menggunakan kaki. 

Selasa, 18 Juni 2019

Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah pada tubuh manusia selalu berada di dalam darah sehingga disebut peredaran darah tertutup. Darah yang banyak mengandung sari-sari makanan beredar dan tersebar ke seluruh tubuh. Selain mengandung sari-sari makanan, darah juga mengandung oksigen yang dialirkan dari paru-paru menuju ke jantung. Dari jantung darah yang kaya akan oksigen ini akan dipompakan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Senin, 17 Juni 2019

Alat Peredaran Darah pada Manusia

Pada proses pernapasan manusia dihasilkan oksigen, sedangkan pada proses pencernaan makanan dihasilkan sari-sari makanan. Oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah.

Bagian tubuh manusia yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen serta sari-sari makanan ke seluruh tubuh adalah darah. Peredaran darah dalam tubuh kita terjadi melalui alat peredaran darah, yaitu jantung dan pembuluh darah.

a. Jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan.

Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Pada jantung, bilik kiri bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan bilik kanan bertugas memompa darah ke paru-paru. 

Dalam keadaan normal jantung manusia berdenyut sebanyak 70 kali setiap menitnya. Namun demikian denyut jantung juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kegiatan seseorang setiap harinya.

b. Pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung. Lain halnya dengan pembuluh balik yang merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju ke jantung.

c. Paru-paru
Paru-paru merupakan organ yang ikut berperan dalam sistem peredaran darah manusia. Darah dari jantung yang sudah tidak mengandung oksigen diangkut menuju paru-paru. Darah ini banyak mengandung karbon dioksida. Di dalam paru-paru, darah melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen. Darah yang telah mengandung oksigen kemudian kembali mengalir ke jantung. 

Beberapa Software yang Sering Digunakan Pada Saat Kuliah di Jurusan Teknik Dirgantara

Teknik Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika/ Teknik Dirgantara merupakan jurusan yang mengajarkan kita bagaimana memahami pesawat. Dimulai dari bagaimana dia terbang, bagaimana strukturnya, lalu lintasnya, kelaikannya, dan lain sebagainya. Di zaman sekarang ini, banyak sekali software yang digunakan dalam mempermudah seseorang untuk memahami dan mengerjakan berbagai permasalahan engineering

Berikut merupakan software yang sering digunakan anak Teknik Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika/ Teknik Dirgantara:

1. Software untuk Menggambar
Menggambar teknik menjadi salah satu kemampuan yang penting di dalam dunia engineering. Selain mempermudah dari segi pengerjaan, softwae untuk menggambar teknik ini akan membuat kerja yang berhubungan dengan engineering menjadi lebih efisien. Contohnya: Ketika kita menggambar di kertas, kemudian akan di analisis/ dihitung performanya maka kita harus menggambar ulang di software untuk analisis. Sedangkan jika kita menggunakan software untuk menggambar teknik, kita hanya tinggal mengimportnya saja ke software berikutnya. 

Beberapa software yang sering digunakan tersebut adalah:
  • SolidWork
  • Catia
  • AutoCAD
2. Software untuk Menganalisis Aerodinamika 
Analisis aerodinamika menjadi kunci utama dalam mengetahui performa model yang kita buat. Terutama dalam pembuatan pesawat/barang yang sekiranya memiliki beban aero. Diantara software-software tersebut adalah
  • Ansys
  • Numeca
3. Software untuk Menganalisis Kekuatan Struktur
Apa gunanya jika kita mendesain secara aero bagus, namun struktur yang dibuat tidak mampu menerima beban aero tersebut. Untuk itu diperlukan analisis kekuatan struktur yang bisa dilakukan dengan sofware berikut:
  • Ansys
  • Abaqus
  • Patran/Nastran
  • LS-Dyna
4. Software untuk Menganalisis  Prestasi Terbang 
Analisis prestasi terbang juga menjadi bagian yang sangat penting dalam memahami pesawat. Software yang digunakan adalah AAA (Advanced Aerodynamic Analysis). Data yang digunakan pada software ini berasal dari buku karangan Roskam yang memuat banyak data pesawat-pesawat lama dari tahun ke tahun.

Dengan menganalisis prestasi terbang melalui software ini akan sangat membantu, terutama bagi kalian yang sedang belajar menganalisis pesawat. Software ini banyak digunakan oleh para mahasiswa/i teknik penerbangan ketika mereka mempelajari dan mendapat tugas untuk mendesain pesawat udara. Terutama dalam menganalisis kestabilan pesawat dalam berbagai tata acuan koordinat.

5. Software untuk Menganalisis Kendali Terbang
Software yang sering digunakan dalam analisis sistem kendali terbang pesawat adalah Matlab Simulation. Melalui Matlab ini sistem kendali pesawat akan di desain supaya memenuhi kestabilan yang diinginkan. 

Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi

a. Jenis Usaha Perekonomian dalam Masyarakat
Secara umum, jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat terdiri atas 3 jenis usaha, yaitu jasa, dagang, dan produksi.

Usaha jasa adalah suatu kegiatan usaha yang memperoleh pendapatan dari memberikan pelayanan pada konsumen. Bersadarkan sifatnya usaha jasa terbagi menjadi jasa profesi dan jasa keterampilan. 

  1. Jasa profesi adalah pelayanan jasa yang diberikan oleh seseorang yang memiliki keahlian tertentu yang diperoleh melalui suatu pendidikan, misalnya seorang dokter, pengacara, konsultan, akuntan, dan periklanan.
  2. Jasa keterampilan adalah pelayanan jasa yang diberikan oleh seseorang melalui keterampilan yang dimilikinya, misalnya usaha tukang cukur, tukang bangunan, montir, sopir angkutan, dan tukan ojek sepeda motor.
Tukang Cukur Masa Kini


Usaha dagang adalah suatu kegiatan usaha yang memperoleh pendapatan dari kegiatan memperjualbelikan barang. Usaha dagang ini meliputi usaha perdagangan grosir dan eceran.

  1. Perdagangan grosir adalah kegiatan perdagangan yang menyediakan barang-barang kebutuhan untuk dibeli oleh pembeli yang akan menjualnya lagi kepada konsumen. Barang yang dibeli di toko grosir biasanya lebih banyak daripada perdagangan eceran.
  2. Perdagangan eceran adalah kegiatan perdagangan yang menyediakan barang-barang kebutuhan untuk dibeli oleh konsumen yang akan langsung menggunakannya. 
Usaha produksi adalah suatu kegiatan usaha yang memperoleh pendapatan dari kegiatan membuat atau menambah nilai guna suatu barang. Kegiatan produksi meliputi kegiatan di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan industri (manufaktur atau pabrik).  Istilah-istilah yang sering digunakan dalam perindustrian diantaranya industri kecil, industri menengah, dan industri besar.

  1. Industri kecil adalah kegiatan produksi dalam skala paling kecil hingga produksi yang menggunakan alat dan mesin yang bersifat membantu pekerjaan manusia. Kegiatan produksi dalam industri kecil sebagian besar menggunakan tenaga manusia. 
  2. Industri menengah adalah kegiatan produksi dalam skala lebih besar daripada industri kecil dan mulai menggunakan mesin-mesin sebagai alat produksi. Akan tetapi, sebagian masih menggunakan tenaga manusia.
  3. Industi besar sering juga disebut sebagai industri berat, yaitu kegiatan produksi yang sebagian besar kegiatannya dilakukan oleh alat dan mesin. Dalam industri besar, manusia lebih berperan sebagai operator dari alat dan mesin yang dioperasikan untuk membuat dan menghasilkan barang-barang. 

b. Usaha yang Dikelola Sendiri dan Usaha Kelompok
Pengelolaan usaha di masyarakat terdiri atas 2 bentuk, yaitu usaha yang dikelola sendiri dan usaha yang dikelola secara berkelompok.

1) Usaha yang Dikelola Sendiri
Usaha jenis ini disebut juga usaha perseorangan, artinya seorang pemilik usaha mengelola langsung usahanya sendiri dengan tanpa melibatkan pemodal lainnya. Contoh udaha yang dikelola sendiri adalah warung, bengkel dan lainnya. Akan tetapi, apabila usaha semakin bertambah maju, pemilik usaha yng bersangkutan akan merencanakan untuk mengembangkan usahanya. Dalam pengembangan suatu usaha, apabila kegiatan usaha tersebut sudah tidak bisa ditangani sendiri, biasanya jenis usaha itu akan membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan pihak lain agar lebih maju dan lebih kuat. 

Usaha yang dikelola sendiri mempunyai banyak keuntungan, diantaranya:

  1. keuntungan dapat dinikmati sendiri;
  2. kebebasan dalam mengembangkan usaha;
  3. tidak tergantung kepada orang lain dalam pengaturan usaha.
Akan tetapi, ada beberapa kelemahan dalam pengelolaan usaha sendiri, di antaranya:
  1. pengembangan usaha terbatas pada modal;
  2. kekurangan tenaga kerja;
  3. risiko kerugian yang harus ditanggung sendiri.
2) Usaha yang Dikelola Kelompok
Usaha yang dikelola secara kelompok dalam ilmu ekonomi dikenal sebagai badan udaha perhimpunan atau persekutuan. Berbagai jenis udaha yang dikelola secara kelompok bergerak di berbagai bidang, antara lain jasa, perdagangan, industri, pertanian, perkebunan, dan lain-lain. Dalam usaha ini, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan yang berbadan usaha Firma (FA), Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV), koperasi, yayasan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Setiap badan usaha ini memiliki modal yang dimiliki oleh beberapa orang. Para pemilik modal ini bisa langsung mengelola usahanya maupun tidak mengelolanya. Hal ini tergantung kepada jenis badan usaha yang disepakati bersama.
  • Badan Usaha Perseorangan. Jika seseorang mempunyai modal yang cukup serta mempunyai kemamuan, orang tersebut dapat mendirikan badan usaha sendiri. Tentu saja badan usahanya kecil karena pemilik usaha perseorangan mengatur sendiri seluruh kegiatan dan jalannya usaha. 
  • Badan Usaha Milik Swasta. Badan usaha ini diantaranya Fa, PT, CV, Yayasan. 
c. Badan Usaha Milik Negara
Badan usaha yang dikelola dan dibiayai pemerintah disebut Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jika badan usaha itu dikelola dan dibiayai oleh pemerintah daerah disebut Perusahaan Daerah (PD), misanya PDAM (Perusahaan Air Minum Daerah) dan PD Kebersihan.

1) Perusahaan Umum (Perum)
Modal perusahaan umum seluruhnya dari pemerintah. Badan usaha ini bergerak di bidang-bidang yang berkaitan dengan kepentingan umum. Walaupun milik pemerintah, perusahaan umum harus mendapat keuntungan dari jasa pelayanan kepada anggota masyarakat.

2) Perusahaan Perseroan (Persero)
Badan usaha ini sama dengan Perseroan Terbatas (PT) milik swasta. Modal persero berasal dari saham-saham yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah. Pemerintah bertindak sebagai pemegang saham. 

d. Cara Menghargai Kegiatan Setiap Orang dalam Berusaha
Kegiatan usaha yang dilakukan oleh setiap orang tentunya melibatkan sejumlah orang lainnya. Keterlibatan orang lain tersebut bisa dimulai pada tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. Dalam kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja yang memberikan jasanya untuk memperlancar produksi. Dia akan menerima upah dari produsen yang mempekerjakannya. Dalam kegiatan produksi, orang-orang yang memberikan jasanya untuk memperlancar penyaluran hasil produksi akan memperoleh keuntungan. 

Konsumen adalah pihak terakhir yang akan menerima barang dan jasa. Barang dan jasa itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Pada setiap kegiatan ekonomi, setiap anggota masyarakat memiliki peranan yang sangat penting. Setiap orang saling membutuhkan dengan yang lainnya. 

Minggu, 16 Juni 2019

Mengolah Bahan Makanan

Agar makanan yang kita makan mengandung gizi yang sesuai dan seimbang maka perlu dilakukan pengolahan bahan makanan dengan benar. Pengolahan bahan makanan bertujuan untuk memudahkan makanan dicerna dalam tubuh dan membunuh bibit yang dapat menyebabkan terganggunya alat pencernaan makanan dalam tubuh. 

Bahan makanan dicuci bersih sebelum diolah. Makanan tidak dimasak terlalu matang agar tidak mengurangi atau merusak kandungan gizinya. Jangan terlalu banyak menggunakan bahan tambahan makanan, seperti penyedap rasa, pewarna, dan lain-lain.

Dengan pengolahan bahan makanan yang benar maka nilai gizi dari makanan yang kita makan akan tetap terjaga dengan baik. Selain itu, pengolahan bahan makanan yang benar akan menghindarkan kita dari terserangnya gangguan atau penyakit pada alat pencernaan. 

Sabtu, 15 Juni 2019

Menu Makanan Bergizi Seimbang

Makanan sehat yang baik bagi kesehatan adalah makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan yang dibutuhkan oleh setiap orang tentunya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan energi yang akan digunakan. Perbedaan jumlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah usia, jenis kelamin, dan jenis kegiatan yang dilakukan setiap harinya.

Menu makanan empat sehat lima sempurna merupakan menu makanan bergizi seimbang. Menu makanan ini terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan. 

  1. Makanan pokok. Zat yang terkandung dalam makanan pokok berupa karbohidrat. Sumber karbohidrat diantarnya adalah beras jagung, sagu, dan gandum.
  2. Lauk-pauk. Lauk pauk mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein ini banyak terkandung dalam ikan, daging, telur, dan tempe.
  3. Sayur-mayur. Sayur-mayur mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh, meskipun jumlahnya tidak banyak. Sumber vitamin dan mineral terdapat pada sayuran seperti bayam, kol, dan wortel.
  4. Buah-buahan. Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin. Diantara buah-buahan tersebut adalah jeruk, apel, pisang, jambu, dan mangga. 

Makanan Bergizi

Manusia memerlukan makanan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan. Makanan yang kita makan selain harus bersih dan sehat juga harus mengandung gizi yang cukup. Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. 

a. Karbohidrat
Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia. Makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum, singkong, kentang, ubi, dan sagu. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan kalori sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

b. Lemak
Di dalam tubuh, lemak merupakan sumber tenaga selain karbohidrat. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan. Jika persediaan karbohidrat di dalam tubuh kita habis maka lemak digunakan sebagai penggantinya. 

Berdasarkan sumbernya, lemak dibagi menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati diperoleh dari tumbuhan seperti kelapa, kacang tanah, kemiri, dan alpukat. Sedangkan lemak hewani berasal dari hewan, seperti daging, telur, susu, keju, dan mentega. 

c. Protein
Protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian bagian tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebalan tubuh. Sama halnya seperti lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber protein nabati di antaranya tahu, tempe, jamur, dan kacang-kacangan. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur dan susu. 

d. Vitamin
Vitamin merupakan zat yang berfungi sebagai pengatur di dalam tubuh. Zat ini sangat bermanfaat bagi tubuh walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Agar tubuh kita tetap sehat maka kita memerlukan vitamin di dalam tubuh. Vitamin-vitamin yang diperlukan di dalam tubuh di antaranya adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K.

e. Mineral
Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, mineral harus selalu ada. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh di antaranya adalah zat kapur atau kalsium, zat besi, fosfor, dan yodium.


  1. Zat kapur atau kalsium. Zat kapur atau kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat kapur banyak terkandung dalam susu, ikan dan telur. 
  2. Zat besi. Zat besi berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah dan banyak terkandung dalam daging, hati, kedelai, serta sayur-sayuran. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh kekurangan darah atau anemia.
  3. Fosfor. Fosfor juga berperan dalam pembentukan tulang dan banyak terkandung di dalam daging, susu, biji-bijian, dan sayuran. Kekurangan fosfor dapat menyebabkan keruskaan gigi dan tulang.
  4. Yodium merupakan mineral yang sangat penting dan banyak terkandung dalam ikan laut, tiram, kerang, garam dapur, dan sayuran. Kekurangan yodium dapat mengakibatka penyakit gondok. 
f. Air
Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan kita. DI dalam tubuh air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh. Sebagian besar tubuh kita dibangun oleh air. Pada keadaan normal, tubuh kita memerlukan 2,5 liter air setiap harinya. Jika kita kekurangan air maka tubuh akan menjadi lemas, proses pencernaan terganggu, dan dapat mengakibatkan penyakit gijnjal. Sumber air selain air yang kita minum juga trdapat pada buah-buahan dan sayuran

Jumat, 14 Juni 2019

Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan pada Manusia

Agar alat pencernaan kita dapat bekerja denan baik maka kita perlu menjaga dan memeliharanya dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat pencernaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pencernaan kita adalah dengan melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat. Upaya tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  2. Makan teratur dan tepat waktu
  3. Mencuci buah-buahan dan sayuran
  4. Menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
  5. Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur

Kamis, 13 Juni 2019

Gangguan Alat Pencernaan pada Manusia

Alat pencernaan yang ada di dalam tubuh kita dapat menglamai gangguan atau terserang penyakit. Kamu mungkin pernah mengalami sakit perut, diare, atau sulit buang air besar. Gangguan pada alat pencernaan pada umumnya berhubungan dengan makanan yang kita makan dan cara makan yang tidak sehat. Beberapa macam gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan manusia diantaranya sebagai berikut:

  1. Gigi berlubang. Gigi berlubang dapat disebabkan adanya kotoran di dalam rongga mulut. Kotoran ini beradal dari sisa makanan yang tidaak segera dibersihkan. Hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri penyebab gigi keropos dan berlubang.
    Gigi Berlubang

  2. Diare. Diare merupakan gangguan pada alat pencernaan yang menyebabkan penderita mengalami buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini disebabkan karena makanan yang dimakan tidak terjaga kebersihannya.
  3. Maag. Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan asam di dalam lambung. Hal ini biasanya diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur, kelelahab akibat bekerja, dan stress. Gejala penyakit ini diantaranya adalah rasa sakit di ulu hati dan perut terasa mual. 


Rabu, 12 Juni 2019

Alat Pencernaan Makanan pada Manusia

Proses pencernaan makanan diawali pada bagian mulut. Di dalam mulut makanan dihaluskan oleh gigi dan kelenjar ludah. Kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim ptialin. Enzim merupakan zat yang berguna untuk menghancurkan makanan secara kimiawi menjadi bagian yang lebih halus.

Dari mulut makanan masuk menuju kerongkongan. Di dalam kerongkongan terjadi gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan dapat masuk ke dalam lambung.
Struktur Lambung

Di dalam lambung makanan yang sudah dihaluskan oleh gigi dalam mulut akan dilumatkan dan diaduk dengan bantuan getah lambung. Getah lambung ini berguna untuk memecahkan makanan agar mudah diserap oleh pembuluh darah. Makanan yang telah dilumatkan di dalam lambung akan berupa bubur halus sehingga mudah diserap oleh usus. 

Makanan yang telah dicerna di dalam lambung kemudian masuk menuju usus dua belas jari. Di dalam usus dua belas jari ini perncernaan dibantu oleh getah pankreas dan getah empedu. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getah empedu digunakan untuk memecah lemak menjadi butiran-butiran yang sangaat halus sehingga dapat membantu kerja enzim lipase. Getah pankreas dihasilkan oleh pankreas. Getah pankreas mengandung enzim amilase, tripsine, dan lipase. Amilase yang mengubah sat tepung menjadi gula. Tripsine, yang mengubah protein menjadi asam amino. Lipase, yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Setelah itu, makanan disalurkan menuju usus halus. Di dalam usus halus makanan dicerna kembali sehingga terbentuklah sari-sari makanan. Sari-sari makanan inilah yang akan diserap oleh dinding-dinding usus halus melalui pembuluh darah sehingga masuk ke dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. 

Sisa makanan atau ampas makanan akan masuk ke dalam usus besar. Selanjutnya sisa makanan tersebut dibusukkan oleh bakteri menjadi kotoran. Kemudian, kotoran ini akan keluar dari tubuh menlalui anus. Di dalam usus besar tidak terdapat penyerapan sari makanan melainkan hanya penyerapan air. 

Senin, 10 Juni 2019

Gangguan Pada Alat Pernapasan Manusia

a. Pencemaran Udara
Udara yang kita hirup pada saat bernapas tidak selamanya bersih. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan udara yang ada disekitar kita menjadi tidak bersih adalah pencemaran udara. Pencemaran udara ini dapat diakibatkan oleh debu, asap, dan bau tak sedap. 

Pencemaran Udara

Debu bentuknya halus dan biasanya berasal dari tanah kering dan serpihan kayu. Pada musim kemarau jumlah debu akan bertambah banyak. Apabila terhirup oleh kita, debu dapat menimbulkan gangguan pernapasan, seperti sesak napas. Asap dapat mencemari udara yang ada disekitarnya. Pencemar udara ini biasanya berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, ataupun asap rokok.

Udara juga dapat tercemar karena bau tak sedap yang ditimbulkan oleh tumpukan sampah, limbah industri, dan lain sebagainya. 

b. Penyakit dan Gangguan yang Menyerang Alat Pernapasan
Alat pernapasan manusia dapat mengalamigangguan yang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena prilaku tidak sehat dan lingkungan yang tidak bersih. Perilaku hidup tidak sehat yang mengganggu alat pernapasan contohnya merokok. Sedangkan lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan gangguan dan penyakit, antara lain influenza, asma, dan Tuberculosis (TBC).

c. Memelihara Kesehatan Alat Pernapasan
Agar alat pernapasan kita dapat bekerja dengan baik pada saat bernapas maka kita perlu menjada dan memeliharanya dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit dan gangguan yang menyerang alat pernapasan akibat penyakit ataupun udara yang tercemar. 

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memlihara alat pernapasan kita adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Diantara pola hidup sehat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan
  2. Makan makanan bergizi
  3. Olahraga secara teratur
  4. Mengadakan penghijauan

Minggu, 09 Juni 2019

Alat Pernapasan pada Hewan

Seperti halnya manusia, hewan juga memiliki alat pernapasan, ada beberapa jenis alat pernapasan pada hewan yang tentunya berbeda satu dan lainnya. Ada yang bernapas dengan paru-paru, ada yang bernapas dengan insang, dan ada juga yang bernapas dengan trakea.

a. Ikan 
Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Alat pernapasan ikan ini terdapat di sebelah kanan dan kiri kepalanya serta dilindungi oleh tutup insang. Insang terdiri dari rigi-rigi insang, lengkung insang, dan lembar insang. Kotoran-kotoran yang masuk bersama air akan disaring oleh rigi-rigi insang. Lembar insang berwarna merah dan berbentuk seperti sisir. Warna merahnya ini diakibatkan karena lembar insang banyak mengandung pembuluh darah. 

Ketika ikan bernapas di dalam air, mulutnya terbuka dan air masuk ke dalam rongga mulutnya. Pada saat yang bersamaan selaput tutup insang tertutup sehingga tekanan di dalam mulut ikan menjadi rendah dan air akan masuk. Pada lembar insang terjadi pertukaran oksigen yang terlarut dalam air dan karbondioksida dari dalam tubuh ikan. Oksigen yang terkandung di dalam air akan diikat oleh kapiler darah. Pada saat mulut tertutup, celah tutup insang terbuka lebar dan air yang mengandung karbondioksida akan dipompa keluar.

b. Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru, pernapasan pada burung juga dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udara ini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat terbang. Pada saat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi tersebut.

Alat Pernapasan pada Burung

Pada saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan cara menghirup udara melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundi udara. Pada paru-paru inilah terjadi pengikatan oksigen dan pelepasan karbondioksida serta uap air. Pada saat terbang, burung bernapas dengan cara mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi uudara melalui gerakan sayapnya. Gerakan kedua sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan mengempis sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru. 

c. Serangga
Untuk melakukan proses pernapasan, serangga menggunakan trakea sebagai alat pernapasan. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halus yang bercabang-cabang dan tersebar ke seluruh tubuh. Pada ujung pembuluh ini terdapat lubang-lubang pernapasan yang disebut stigma. Stigma terletak di sepanjang kedua sisi tubuh serangga dan berfungsi sebagai jalan keluar dan masuknya udara. Jadi pada serangga pernapasan dimulai dengan masuknya udara melalui stigma, kemudian udara tersebut dialirkan ke seluruh tubuh oleh trakea. 

d. Cacing
Cacing yang merupakan hewan yang tidak memiliki alat pernapasan khusus seperti halnya pada hewan lainnya. Cacing bernapas dengan menggunakan permukaan kulitnya. udara yang berada di sekitar cacing, yaitu berupa oksigen akan masuk ke dalam tubuh cacing melalui permukaan kulinya yang lembap. Kulit yang lembap ini selain mempermudah masuknya oksigen ke dalam tubuh, juga memudhakan keluarnya karbondioksida yang merupakan zat sisa pernapasan. 

Sabtu, 08 Juni 2019

Alat Pernapasan pada Manusia

Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorok, tenggorok (trakea), dan paru-paru. Proses pernapasan pada manusia berawal dari masuknya udara bebas ke dalam hidung. Di dalam hidung, udara mengalami penyaringan sehingga debu atau kotoran yang berasal dari udara tidak dapat masuk. Penyaringan ini dilakukan oleh rambut hidung dan selaput lendir. Selain mengalami proses penyaringan, udara yang masuk ke dalam hidung juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan. 

Alat Pernapasan Pada Manusia

Dari rongga hidung, udara masuk ke tenggorok. Tenggorok atau trakea memiliki fungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan. Tenggorok bercabang dua, satu menuju paru-paru kanan dan yang lain menuju paru-paru kiri. Cabang tenggorok ini disebut bronkus. Di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi disebut bronkiolus. Pada ujung bronkiolus terdapat alveolus yang merupakan gelembung-gelembung halus berisi udara.

Udara masuk ke paru-paru karena dua hal. Pertama karena kontraksi otot antartulang rusuk, sehingga tulang rusuk terangkat. Kedua karena kontraksi otot sekat rongga dada (diafragma), sehingga diafragma mendatar. Terangkatnya tulang rusuk dan mendatarnya diafragma mengakibatkan rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada diikuti mengembangnya paru-paru sehingga udara masuk ke paru-paru. 

Udara keluar dari paru-paru juga karena dua hal. Pertama, karena mengendurnya otot antartulang rusuk, sehingga tulang rusuk turun. Kedua karena mengendurnya diafragma sehingga diafragma melengkung. Turunnya tulang rusuk dan melengkungnya diafragma mengakibatkan rongga dada mengecil. Mengecilnya rongga dada diikuti mengempiskan paru-paru, sehingga udara keluar dari paru-paru. 

Masuk dan keluarnya udara pernapasan yang disebabkan oleh naik dan turunnya tulang rusuk disebut pernapasan dada. Sedangkan masuk dan keluarnya udara pernapasan karena mendatar dan melengkungnya diafragma disebut pernapasan perut

Jumat, 07 Juni 2019

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan Sosial adalah perbedaan atau ketidakseimbangan kehidupan di masyarakat. Misalnya kesenjangan sosial ekonomi dan kesenjangan sosial teknologi.
1. Kesenjangan Sosial Ekonomi
Di sekitar kita terdapat warga masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang bermacam-macam. Ada warga masyarakat yang tidak tamat SD, ada yang lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA dan perguruan tinggi. Masing-masing memiliki sifat dan watak yang berbeda. Ada yang berwatak baik, ada yang jahat, ada yang rajin, ada yang pemalas dan sebagainya.

Salah satu contoh gambaran kesenjangan ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi nampak pada cara memenuhi kebutuhan hidup atau penghasilan warga masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus  bekerja. Bekerja guna mendapat penghasilan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi semakin besar.

2. Kesenjangan Sosial Teknologi
Penghasilan setiap keluarga di masyarakat antara satu dengan yang lain berbeda. Ada keluarga yang memiliki penghasilan sangat besar, karena suami maupun istri masing-masing punya penghasilan besar. Di sisi lain ada keluarga yang penghasilannya kecil, karena bekerja hanya seorang. Besar kecilnya penghasilan berpengaruh terhadap kesenjangan sosial teknologi. 
Salah satu gambaran kesenjangan teknologi dalam bidang pendidikan

Ilustrasi diatas memperlihatkan kepada kita bahwa bahwa saat ini masih terjadi kesenjangan teknologi dalam dunia pendidikan, dimana ada sekolah yang fasilitasnya sudah sangat maju sedangkan di beberapa sekolah khususnya di daerat 3T masih jauh dari kata layak untuk dijadikan sebagai tempat mengemban ilmu yang nyaman lagi aman. 

Dampak Masalah Sosial

Munculnya berbagai masalah sosial, akan berdampak terhadap kesehatan, ketretiban, dan ketentraman warga masyarakat. Pada umumnya dampak masalah sosial bersifat negatif.

  1. Banyaknya sampah yang menumpuk akhirnya membusuk, menyebarkan bau tak sedap. Bau busuk dapat mengakibatkan gangguan pernafasan. Sampah busuk menjadi sarang lalat penyebar penyakit perut.
    Sampah dibiarkan menumpuk dan membusuk

  2. Kali yang tidak bersih penuh sampah, akan menimbulkan banjir di musim hujan. Banjir mengakibatkan gagal panen, jembatan runtuh, dan tersebarnya berbagai penyakit. Penyakit pasca banjir antara lain diare, gatal-gatal, dan leptospirosis
  3. Bangunan liar di trotoar, selain mengganggu pejalan kaki, juga mengurangi ketertiban dan keindahan lingkungan.
    Bangunan liar di trotoar sedang di tertibkan oleh petugas setempat

  4. Dampak kemacetan lalu lintas antara lain bisa menghambat perjalanan dan distribusi barang kebutuhan hidup. Para siswa terlambat ke sekolah. Para karyawan terlambat masuk kantor atau perusahaan. Keterlambatan distribusi barang kebutuhan bisa memicu kenaikan harga. Barang kebutuhan harganya menjadi mahal. 
  5. Anak yang putus sekolah tidak akan memiliki pengetahuan formal dan ketrampilan kerja. Orang yang tidak memiliki keterampilan kerja, akan berdampak pada susahnya mencari pekerjaan, sehingga mereka tidak memiliki pendapatan yang pasti. Angka kemiskinan akan menaik.
  6. Orang pengangguran akan hidup sebagai gelandangan. Kerjanya meminta-minta. Kalau dalam keadaan terpaksa, ada yang berani berbuat jahat seperti mencopet, atau merampok. Di sisi lain ada pengangguran yang menjadi pengamen jalanan dan pemulung. Perbuatan yang mereka lakukan sering mengganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat. 
  7. Dampak kenakalan remaja amat beragam. Banyak yang terserang penyakit HIV/AIDS karena terjerumus dalam pergaulan bebas dan mengonsumsi narkoba. Ada yang sering berurusan dengan polisi karena balapan liar, mabuk minuman keras, suka tawuran dan membuat onar. Dampak kenakalan remaja seperti ini dapat mengganggu ketentraman warga masyarakat. 

Rabu, 05 Juni 2019

Jenis Permasalah Sosial di Daerah

a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji adalah membuang sampah sembarangan. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor banyak berserakan sampai ke jalan raya, karena tak tertampung di bak sampah. Keadaan seperti ini bertentangan dengan keinginan kita, dan merupakan permasalahan bagi kita. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah. sampah yang berserakan di jalan raya mengakibatkan jalan nampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus lalu lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. 

b. Kali Bersih
Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dahulu. Sementara juga ada orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini membuat kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Sehingga pada musim penghujan air kali meluap. Menggenangi daerah sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk.

c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa lapak milik para pedagang kaki lima. 

d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau kerja kantor. Pada saat itu banyak anak sekolah dan karyawan memenuhi jalan. Kemacetan juga sering terjadi pada hari-hari raya keagamaan. Banyak para pemudik memnuhi jalan pulang kampung. Penyebab kemacetan lalu lintas antara lain tidak tertibnya para pengguna jalan dan banyaknya kendaraan di jalur lalu lintas.
Kemacetan Lalu Lintas


e. Putus Sekolah
Para siswa tentu tidak menginginkan putus sekolah. Banyaknya anak putus sekolah merupakan permasalahan. Pada umumnya putus sekolah disebabkan tidak punya biaya sekolah, atau karena membantu orang tuanya. Tapi ada juga putus sekolah karena malas belajar.

f. Pengangguran
Pengangguran juga merupakan masalah. Orang yang menganggur tentu sedih karena tidak punya penghasilan. Penyebab timbulnya pengangguran, yaitu tidak adanya lapangan pekerjaan.

g. Kenakalan Remaja
Kasus kenakalan remaja lebih banyak terjadi di kota-kota besar. Para orang tua di kota pada umumnya sangat sibuk. Mereka kurang memerhatikan anak-anaknya. Karena anak-anak tidak diperhatikan, mereka cenderung menjurung ke kenakalan, seperti suka membuat onar, kebut-kebutan, mabuk-mabukan, malas belajar, pergaulan bebas dan tawuran. Tingkah kenakalan ini meresahkan dan menjadi permasalahan bagi warga sekitarnya.

Selasa, 04 Juni 2019

Perkembangan Teknologi Transportasi

Kepadatan Penerbangan Dunia yang Terpantau melalui www.flightradar24.com

Transportasi atau disebut juga angkutan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Transportasi diperlukan untuk mengangkut penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Sarana dan prasarana transportasi yang baik dan memadai akan memperlancar kegiatan transportasi. Teknologi transportasi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan kemajuan.

1. Teknologi Transportasi Masa Lalu
Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara dipikul, digendong, atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.

Alat transportasi darat yang semula menggunakan tenaga manusia seperti sepeda, becak, dan gerobag. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Sedangkan transportasi laut ada yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar, dan juga ada yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung. 

2. Teknologi Transportasi Masa Kini
Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan seperti jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.

a. Transportasi darat
Alat angkutan darat ada  yang masih tradisional dan ada yang sudah modern. 
  • Alat angkutan darat tradisional atau tidak bermesin, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobag. Sepeda, becak dan cikar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobag digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya melayani pengangkutan jarak dekat.
  • Alat angkutan darat modern atau bermesin terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain pick-up, truk, truk tangki, kereta api barang dan mobil box. 
Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh.
Kereta cepat Bandung-Jakarta hanya membutuhkan 35 menit untuk sampai ke tempat tujuan

b. Transportasi air
Transportasi air adalah pengangkutan melalui air, meliputi angkutan sungai, danau, selat, dan laut. Alat angkutan air ada yang sederhana dan ada yang modern.
  • Alat angkutan air sederhana seperti rakit, sampan, perahu, dan preahu layar. Rakit, sampan, dan perahu lebih banyak digunakan di sungai, sedangkan perahu layar digunakan sebagai angkutan selat dan laut.
  • Alat angkutan air modern, terdiri atas kapal penumpang dan kapal angkutan barang.
c. Transportasi udara
sumber: www.flightradar24.com
Transportasi udara adalah jenis pengangkutan atau perhubungan yang paling cepat. Angkutan udara yang banyak digunakan adalah pesawat terbang. Jenis pesawat terbang bermacam-macam, ntara lain pesawat terbang capung, pesawat terbang bermesin turbo baling-baling, dan pesawat terbang bermesin jet. Selain itu ada pesawat terbang tanpa sayap, yaitu helikopter yang dapat terbang dan mendarat tegak lurus.

Senin, 03 Juni 2019

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain, dan memahami maksud atau keinginan orang lain. Cara berkomunikasi bisa langsung atau tidak langsung. Komunikasi langsung, yaitu berbicara langsung tatap muka. Pada saat berjauhan kita tidak dapat berbicara secara langsung. Untuk dapat berbicara atau berkomunikasi jarak jauh, kita memerlukan alat komunikasi.

1. Alat Komunikasi Masa Lalu
Alat komunikasi masa lalu antara lain kentungan, bendhe, bedug, dan surat. 
a. Kentungan, yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.
Kentungan


b. Bendhe, yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu.
c. Bedug, yaitu alat komunikasi terbuat dari kayu berongga, yang salah satu sisinya tertutup kulit hewan. 
d. Surat atau tulisan pada masa lalu menggunakan daun lontar atau daun nipah juga merupakan alat komunikasi.

2 Alat Komunikasi Masa Kini
Alat komunikasi masa kini menggunakan media cetak dan media elektronik. Media cetak adalah alat komunikasi yang dicetak di atas kertas, misalnya: surat, surat kabar, majalah, dan telegram. Media elektronik yaitu alat komunikasi selain media cetak yang memanfaatkan tenaga listrik, misalnya telepon, radio dan televisi.
a. Surat adalah alat komunikasi yang berupa tulisan di atas kertas. Jenisnya da yang terbuka dan ada yang tertutup atau bersampul.
b. Surat kabar adalah media komunikasi berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi berita atau pesan. Surat kabar yang terbit setiap hari disebut surat kabar harian.
c. Majalah adalah media komunikasi berupa buku yang berisi berita atau pesan. Majalah terbit secara berkala, ada yang terbit tiap satu minggu, tiap dua minggu atau tiap bulan.
d. E-mail singkatan dari elektronik mail yang berarti surat elektronik. E-mail merupakan hasil pemanfaatan jaringan telepon yang dihubungkan dengan komputer dan fasilitas internet. 
e. Telegram adalah sejenis surat yang berisi pesan amat singkat dan padat.
f. Telepon artinya berbicara jarak jauh. Berbicara jarak jauh menggunakan alat yang disebut pesawat telepon. Alat komunikasi ini ditemukan pertama kali oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1870. 
g. Radio merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyiarkan berita, hiburan dan pesan-pesan lainnya. Radio pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Marconi.
h. Televisi artinya melihat jarak jauh. Televisi adalah media komunikasi yang digunakan untuk menayangkan berita, hiburan, dan pesan-pesan yang dapat didengar dan dilihat. 

Di jaman yang canggih ini, ada juga yang namanya media sosial. Media ini bisa menghubungkan orang yang berada di berbagai negara untuk berkomunikasi dengan kita. Hanya saja dengan terbukanya media sosial untuk berkomunikasi secara luas, kita harus tetap menjaga keselamatan dan berwaspada terhadap orang-orang yang tidak kita kenali. 

3. Cara Berkomunikasi pada Masa Lalu
Cara berkomunikasi pada masa lalu dilakukan secara langsung. Seseorang menyampaikan pesan atau pemberitahuan dengan bertemu atau bertatap muka. Jika ada pesan atau pemberitahuan untuk orang banyak, maka orang-orang yang dimaksud harus dipanggil untuk berkumpul. Panggilan dilakukan dengan membunyikan bendhe. Setelah berkumpul mereka diberi penerangan. Warga muslim memberi tahu bahwa waktu sholat telah tiba dengan membunyikan bedug. Seseorang menyampaikan pesan atau pemberitahuan tentang kewaspadaan, situasi aman atau bahaya kepada warga msyarakat dengan membunyikan kentongan. Informasi atau pembreitahuan ada yang disampaikan secara tertulis. Pada masa lalu pemberitahuan ditulis di atas daun lontar atau daun nipah. Jika akan menyampaiakan kepada orang yang berada di tempat jauh, biasnya diantar dengan berjalan kaki atau naik kuda.

4. Cara Berkomunikasi pada Masa Kini
Pada masa kini berkomunikasi bisa dilakukan secara langsung atau menggunakan alat komunikasi, tergantung situasi dan kondisinya.
a. Secara langsung
Berkomunikasi secara langsung artinya hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lein langsung bertatap muka. Pesan atau informasi disampaikan dengan diterima langsung pada saat itu tanpa perantara.

b. Menggunakan Alat atau Media Komunikasi
Pada masa kini alat komunikasi atau media semakin berkembang dan canggih. Hal ini memengaruhi cara masyarakat berkomunikasi. Adapun media dan cara berkomunikasi antara lain sebagai berikut.
  • Surat dan telegram. Pesan atau berita dapat ditulis di atas kertas surat, kemudian dikirim kepada orang yang dituju. Surat dikirim melalui kantor pos. Biaya pengiriman surat berupa perangko yang ditempel pada sampul surat sebelah kanan atas. Berita yang sangat penting dan mendesak, biasanya dikirim melalui telegram. 
  • Surat kabar dan majalah. Surat kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai daerah. Dengan membaca surat kabar dan majalah, kita mengetahui peristiwa-peristiwa tersebut. Di samping itu juga dapat menambah pengetahuan dan hiburan. 
  • Telepon. Cara berkomunikasi menggunakan telepon cukup dengan menekan atau memutar nomor-nomor yang kita kehendaki. Dalam waktu singkat kita dapat berbicara dengan orang yang dikehendaki. Pembicaraan yang dilakukan dalam satu kota menggunakan telepon lokal, sedangkan antarkota menggunakan telepon interlokal. Dengan teknologi satelit komunikasi, kita dapat berhubungan dengan orang di negara lain melalui sambungan langsung jarak jauh (SLJJ). Selain itu dengan menggunakan sambungan telepon, kita juga dapat mengirim berita lewat faksimile. 
  • Radio. Berita, pesan, dan hiburan dari pusat atau daerah dapat dikomunikasikan dengan menggunakan pemancar radio. Jika kita menginginkan berita, pesan dan hiburan tersebut, harus memiliki radio. Agar seluruh warga negara dapat dengan mudah mendapatkan informasi, pemerintah dan swasta membangun stasiun-stasiun pemancar radio. Dengan pesawat radio kita dapat mengetahui berita-berita tentang perkembangan daerah-daerah di seluruh tanah air, bahkan seluruh dunia.
  • Televisi. Melalui tayangan pesawat televisi, kita memperoleh berbagai informasi, pesan dan hiburan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Peristiwa yang terjadi di negara kita atau negara lain, pada saat yang sama dapat kita saksikan dengan jelas di layar televisi.