Minggu, 26 Mei 2019

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia sering juga disebut tenaga kerja. Aktivitas ekonomi yang dilakukan tenaga kerja dalam hal ini adalah melakukan kegiatan di bidang jasa. Untuk meningkatkan pelayanan jasa, sumber daya manusia harus memiliki keterampilan dan kreatifitas.

Keterampilan tenaga kerja diperoleh melalui pendidikan di sekolah, pelatihan, kursus-kursus, dan ada yang melakukan pengembangan diri secara pribadi dengan mencoba-coba sesuatu hal yang baru. Sedang yang di maksud kreatif, yaitu suka bekerja keras, memiliki wawasan yang luas, serta selalu menciptakan sesuatu yang baru. Tenaga kerja dapat dibedakan menurut sifatnya dan menurut tingkat produktifitasnya. 

a. Menurut sifatnya, tenaga kerja ada dua macam
  1. Tenaga Kerja Jasmani. Tenaga kerja jasmani adalah tenaga kerja yang mengutamakan tenaganya dalam bekerja. Pikiran dan perasaannya tidak banyak digunakan.
  2. Tenaga Kerja Rohani. Tenaga kerja rohani adalah tenaga kerja yang lebih banyak menggunakan perasaan dan pikirannya dalam bekerja. 
b. Menurut tingkat produktifitasnya, tenaga kerja dapat dikelompokkan menjadi tiga macam
  1. Tenaga Kerja Terdidik. Tenaga kerja terdidik, yaitu tenaga kerja yang memiliki latar belakang pendidikan tertentu.
  2. Tenaga Kerja Terlatih. Tenaga kerja terlatih,, yaitu tenaga kerja yang memiliki keterampilan tertentu. Keterampilan ini diperoleh melalui pelatihan atau kursus-kursus. 
  3. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih. Tenaga kerja jenis ini adalah tenaga kerja yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan keterampilan tertentu. Misalnya tukang becak, atau tukang sapu.

0 Comments:

Posting Komentar