Rabu, 01 Mei 2019

Struktur Daun dan Fungsinya

Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari batang. Pada umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau. warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun. Namun, daun ada juga yang berwana kuning, merah, atau ungu.

1. Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Di alam, kebanyakan tumbuhan memiliki daun yang tidak lengkap. Selain itu daun juga memiliki urat. Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun. Tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar. Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan. Urat daun tersebut bercabang=cabang hingga menjadi percabangan kecil dan membentuk susunan seperti jaring atau jala. 
Struktur Daun


Bentuk tulang daun bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar. 

  • Menyirip. Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan. Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu, mangga, dan rambutan.
  • Melengkung. Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.
  • Menjari. Tulang daun menjari bentuknya seperti jari-jari tangan manusia. Misalnya, tulang daun pepaya, jarak, ketela pohon, dan kapas.
  • Sejajar. Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu. Misalnya, tulang daun tebu, padi, dan semua jenis rumput-rumputan.
Pernahkan kamu mendengar istilah daun tunggal dan daun majemuk? Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun di setiap tangkainya. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.

2. Fungsi Daun
Bagi tumbuhan, daun memiliki beberapa kegunaan. Misalnua sebagai tempat pembuatan makanan, pernafasan, dan penguapan.
  • Pembuatan makanan. Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Didalam daun terjadi proses pembuatan makanan. Makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih di simpan.
  • Pernafasan. Di permukaan daun terdapat mulut daun (stomata). Melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kamu merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
  • Penguapan. Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air ini jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan menjadi busuk dan mati. Sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari, kelebihan air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.
  • Bagi manusia, daun dapat digunakan sebagai bahan makanan, contohnya daun pepaya dan singkong; obat-obatan, contohnya daun jeruk dan jambu biji; rempah-rempah, contohnya daun salam jeruk.

0 Comments:

Posting Komentar