Senin, 06 Mei 2019

Pola Perilaku Anggota Masyarakat yang Dapat Memengaruhi Peristiwa Alam di Lingkungan Setempat

Pristiwa alam merupakan wujud adanya aktivitas tenaga alam. Ada beberapa peristiwa alam yang terjadi akibat pola perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Pola perilaku manusia yang dapat memengaruhi peristiwa alam antara lain sebagai berikut.

a. Penambangan Secara Berlebihan
Penambangan adalah pengambilan barang tambang dengan cara menggali tanah. Setelah barang tambang diambil, tanah menjadi berongga sehingga membentuk gua pertambangan. Gua pertambangan rawan runtuh. Runtuhnya gua pertambangan menimbulkan gempa bumi dan tanah longsor.

b. Penebangan Hutan Secara Liar
Penebangan hutan secara liar membuat tanah menjadi gundul. Tanah gundul tidak bisa menyimpan air. Sehingga pada musim penghujan selalu terjadi banjir dan tanah longsor.

c. Membuang Sampah Sembarangan ke Selokan dan Sungai
Sampah yang dibuang ke selokan dan sungai semakin lama semakin banyak. Selokan dan sungai menjadi dangkal. Pada musim penghujan air meluap menjadi banjir. 

d. Perluasan Ladang dengan Pembakaran Hutan
Dampak pembakaran hutan secara besar-besaran dapat meningkatkan suhu udara. Meningkatnya suhu udara dapat menimbulkan badai atau angin topan, pemanasan global, dan perubahan iklim.

0 Comments:

Posting Komentar