Sabtu, 11 Mei 2019

Perubahan Wujud Benda

Perubahan Wujud Benda - IPA Kelas 4 SD/MI/Sederajat

1. Mencair (Melebur)
Pernahkan kamu minum es teh? Perhatikan! Mengapa es dalam es teh lama-kelamaan berubah menjadi air? Kemudian, pernahkan kamu memanaskan mentega? Mengapa mentega berubah menjadi cair ketika dipanaskan. 
Es dan mentega berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan temperatur. Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair dinamakan mencair atau melebur.

2. Membeku
Air dapat menjadi es jika mengalami penurunan temperatur. Perubahan ini disebut dengan membeku. Membeku adalah peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat.

3. Menguap
Peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas disebut penguapan. Penguapan terjadi akibat adanya kenaikan temperatur yang besar. Ada empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yaitu memanaskan, memperluas permukaan , meniupkan udara di atas permukaan, dan mengurangi tekanan di atas permukaan. 

4. Mengembun
Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Jadi, mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor. 

5. Menyublim
Menyublim adalah peristiwa perubahan padat menjadi gas atau sebaliknya. Untuk membedakannya,  bisa digunakan istilah melenyap dan mengkristal. Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. 

0 Comments:

Posting Komentar