Minggu, 19 Mei 2019

Perubahan Kenampakan Langit

Selain bumi, di alam semesta terdapat benda-benda langit. Kenampakan yang umumnya dapat diamati dari bumi adalah bintang, matahari, dan bulan.

1. Kenampakan Bintang
Benda langit yang banyak terlihat jelass saat langit cerah di malam hari adalah bintang. Bintang tersebut nampak berkedip-kedip. Bintang merupakan salah satu benda langit yang mengeluarkan cahaya. Bintang tidak terlihat di siang hari karena letaknya sangat jauh, lebih jauh daripada letak matahari, maka cahaya bintang pada siang hari kalah kuat dengan cahaya matahari.
Kenampakan Bintang


2. Kenampakan Matahari
Matahari termasuk salah satu contoh bintang karena dapat menghasilkan cahaya sendiri. Matahari merupakan bola gas yang sangat panas serta berukuran sangat besar. Matahari adalah bintang yang paling terang bila dilihat dari bumi. Hal ini disebabkan jaraknya paling dekat dengan bumi. 

Negara kita termasuk negara tropis. Artinya, matahari terbit setiap hari. Matahari terbit setiap hari. Matahari terbit dari arah timur dan terbenam di arah barat. di Indonesia bagian timur, matahari akan terbit lebih dulu daripada di Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian barat. Demikian pula saat matahari terbenam.
Kenampakan Matahari


3. Kenampakan Bulan
Saat langit cerah di malam hari (tidak hujan dan tidak berawan), ada benda langit yang tampak terang tetapi tidak seterang matahari. Benda langit tersebut adalah bulan. Sebenarnya bulan tidak memancarkan cahaya sendiri, bulan hanya memantulkan sebagian cahaya matahari yang diterimanya. Kenampakan bulan tidak selalu sama setiap harinya. Itu disebabkan karena bulan mengelilingi bumi. 
Kenampakan Bulan

0 Comments:

Posting Komentar