Senin, 27 Mei 2019

Pengaruh Kondisi Alam terhadap Kegiatan Ekonomi Bidang Jasa

Tempat pemukiman kita ada yang berupa pedesaan dan perkotaan. Kondisi alam pedesaan dan perkotaan bermacam-macam. Ada yang berupa dataran rendah dengan suhu udara panas. Ada yang berupa dataran tinggi dengan suhu udara segar dan dingin. Ada yang berupa pegunungan Serta ada yang berupa pantai.

Kondisi alam yang beraneka ragam itu menyebabkan kegiatan ekonomi di bidang jasa juga beraneka ragam. Misalnya di daerah pantai ada yang bekerja sebagai nahkoda kapal, buruh angkut, dan lain sebagainya.

Di daerah dataran tinggi yang sejuk, banyak orang yang bekerja di perusahaan perhotelan dan tempat peristirahatan sebagai penerima tamu atau resepsionis, tukang pembersih kamar, tukang taman, koki, tukang cuci, dan pramuladi. Ada pula penyanyi dan musisi yang menghibur tamu hotel, sopir taksi mengantarkan dan menjemput para tamu yang menginap di situ. 

Kota yang berupa dataran rendah dengan suhu udara panas, tidak sedikit penduduk yang bekerja sebagai usaha jasa pencucian atau laundry, tukang politur, dan tukang sablon. Usaha ini banyak memanfaatkan panas matahari. Pengaruh kondisi alam pegunungan dengan suhu udara dingin terhadap kegiatan ekonomi di bidang jasa, hampir sama dengan di daerah dataran tinggi. 

0 Comments:

Posting Komentar