Sabtu, 11 Mei 2019

Pengaruh Kondisi Alam terhadap Kegiatan Ekonomi

Daerah pemukiman baik pedesaan maupun perkotaan memiliki ketampakan alam yang beranekaragaman. Ada yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, dan pantai suhu udaranya juga bermacam-macam, ada yang panas ada yang sejuk. Kondisi alam seperti itu memengaruhi kegiatan ekonomi penduduk. Mata pencaharian penduduk menyesuaikan dengan kondisi alam.

a. Dataran rendah
Daerah dataran rendah banyak dialiri sungai, tanahnya gembur dan suhu udaranya panas. Pada umumnya penduduk di pedesaan melakukan kegiatan pertanian dengan cara bersawah, budidaya ikan dan beternak itik. Sedangkan di bagian perkotaan sebagian besar melakukan kegiatan perdagangan dan industri.

b. Dataran tinggi
Daerah dataran tinggi berupa tanah pegunungan dan berbukit-bukit. Penduduk yang berada di pedesaan bekerja di perkebunan. Mereka menanam tanaman industri, antara lain: teh, kopi, kina dan kakau. Selain itu juga ada yang menanam sayuran dan bermacam-macam bunga. Karena udaranya sejuk dan segar, banyak penduduk di wilayah perkotaan mendirikan usaha perhotelan dan tempat peristirahatan.

c. Daerah pantai
Daerah pantai berdekatan dengan laut. Penduduk desa daerah pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Mereka pergi melaut menangkap ikan. Daerah pantai banyak digunakan oleh sebagian penduduk untuk usaha tambak ikan, tambak garam, dan sawah pasang surut.
Ada bagian pantai yang digunakan untuk pelabuhan kapal, kawasan industri, dan perdagangan. Daerah tersebut menjadi perkotaan. Banyak penduduk yang mengirim barang ke luar negeri disebut eksportir. Pedagang yang mendatangkan barang dari luar negeri disebut importir

0 Comments:

Posting Komentar