Senin, 13 Mei 2019

Masa Pengaruh Agama Hindu

a. Kerajaan Kutai
Pendiri Kerajaan Kutai adalah Kundungga. Ia adalah orang Indonesia asli yang belum terpengaruh oleh budaya Hindu. Oleh karena itu, ia tidak dianggap sebagai pendiri keluarga kerajaan. Anaknya adalah Aswawarman dan dianggap sebagai pendiri keluarga kerajaan karena pada masa itu sudah ada pengaruh dari agama Hindu. Sementara raja yang paling terkemuka adalah Mulawarman. Ia raja yang berperadaban baik, kuat dan berkuasa.

Peta Kerajaan Kutai

b. Kerajaan Tarumanegara
Raja yang sangat terkemuka adalah Purnawarman (dianggap sebagai penjelmaan Dewa Wisnu). Ia raja yang gagah berani dan jujur terhadap tugasnya. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 450 M di daerah Bogor (Provinsi Jawa Barat). Wilayah kekuasaanya meliputi Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang dan Banten. Agama Hindu di Kerajaan Tarumanegara diajarkan oleh seorang rahib bernama Gunawarman.

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Tarumanegara

c. Kerajaan Bali
Di antara raja yang ada di Kerajaan Bali, Udayana Warmadewa adalah yang terkenal. Udayana adalah anak seorang Putri Kamboja yang melarikan diri ke Jawa Timur dan menikah dengan Putri Mahendratta. Ia bersama permaisuri memerintah Kerajaan Bali dengan arif dan bijaksana. Dari pernikahannya dengan Gunapriya, lahir beberapa putra yang salah satunya adalah Airlangga.

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Bali

d. Kerajaan Pajajaran
Raja yang terkenal adalah Sang Ratu Jaya dewata dan mempunyai gelar Prabu Guru Dewataprana, Sri Baduga Maharaja Ratu Haji. Sang ratu menjalankan pemerintahannya berdasarkan kitab-kitab hukum yang berlaku, sehingga pemerintahannya berjalan dengan aman dan tenteram. Pada masa itu tidak ada perang, jika ada rasa tidak aman hanyalah terjadi pada mereka yang melanggar aturan saja.
Kerajaan Padjadjaran


0 Comments:

Posting Komentar