Rabu, 15 Mei 2019

Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia

Suatu lingkungan tentu akan mengalami perubahan. Manusia mengubah lingkungan alam sekitar menjadi lingkungan buatan untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan kita sebagai manusia tidak terbatas. Manusia juga memerlukan kebutuhan tambahan, seperti kemudahan transportasi. Untuk memenuhi kebutuhan itu, manusia memerlukan lahan yang sangat luas. 

Kenampakan buatan yang terdapat di wilayah Indonesia terntunya beranekaragam. Kenampakan buatan di suatu daerah akan disesuaikan dengan kenampakan alam yang ada. Pemanfaatan kenampakan alam dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Beberapa kenampakan buatan, diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Waduk atau Bendungan
Waduk atau bendungan merupakan kenampakan buatan manusia dengan cara membendung aliran sungai. Sebagian besar pemanfaatan waduk tidak hanya untuk pengairan sawah dan perkebunan saja, tetapi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Waduk atau bendungan juga dapat dimanfaatkan untuk perikanan air tawar, cadangan air, pengendali banjir, serta objek wisata.
Bendungan atau Waduk

b. Kawasan Industri
Kawasan industri merupakan daerah khusus untuk kegiatan industri. Oleh karena itu, di daerah ini terdapat banyak pabrik. Pembangunan kawasan industri dapat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu diharapkan membuka kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di setiap daerah. 

c. Permukiman
Di bangunnya kenampakan buatan berupa permukiman karena dapat memberikan beberapa manfaat. Contohnya, daerah permukiman penduduk, daerah perkantoran dan pertokoan. Di kota-kota besar, pembangunan untuk sarana pendidikan di setiap jenjang sudah ditata dengan sebaik-baiknya. Hal itu memudahkan sarana transportasi untuk menjangkaunya.

Struktur Ruangan - Pola Pemukiman Desa

d. Perkebunan
Perkebunan merupakan daerah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk dimanfaatkan hasilnya. Tanaman perkebunan marupakan tumbuhan yang dibudidayakan serta memiliki nilai ekonomi tinggi. Tanaman perkebunan ini menjadi salah satu sumber pendapatan rakyat Indonesia. 

Perkebunan yang ada di Indonesia, di antaranya perkebunan kopi perkebunan coklat, perkebunan tembakau, teh, kelapa sawit, dan perkebunan karet. 

e. Sarana Transportasi
Sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk maka meningkat pula berbagai kebutuhan lainnya, seperti ketersediaan transportasi. Di kota-kota besar, kemudahan sarana transportasi sangat diperlukan karena banyak memberikan manfaat dan kemudahan. Seperti untuk mengefisienkan waktu serta mengurangi kemacetan lalu lintas. Sarana transportasi darat yang diperlukan, yaitu jalur  kereta api, jembatan, jalan layang, dan jalan tol yang merupakan jalan bebas hambatan antarkota.

Untuk darana transportasi laut diperlukan adanya pelabuhan. Sementara sarana perhubungan udara mememerlukan bandara. Selain itu, diperlukan juga sarana jalan yang baik untuk menuju tempat-tempat tersebut. 


0 Comments:

Posting Komentar