Rabu, 15 Mei 2019

Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia

Penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 200 juta orang terdiri atas berbagai suku bangsa. Jumlah suku bangsa di Indonesia sekitar 320 yang tersebar di berbagai daerah. Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat, bahasa daerah, kesenian, lagu daerah, rumah adat, dan lainnya. 

Dari berbagai suku bangsa ada, yang jumlah penduduknya besar, dan ada pula yang hanya sedikit. Di antara suku bangsa itu adalah suku bangsa Jawa yangg mendiami beberapa daerah pedalaman di Indonesia. di perkirakan jumlah mereka tinggal sedikit. Bahkan, ada beberapa suku yang hanya terdiri atas beberapa ratus orang saja. 

Selain kekayaan alamnya yang berlimpah, adanya keanekaragaman suku bangsa di Indonesia menjadikan negara kita kaya akan budaya yang harus dipertahankan kelestariannya. 

Suku bangsa atau etnis adalah suatu kesatuan masyarakat atas dasar kesamaan budaya, bahasa, dan tempat tinggal. Misalnya suku bangsa Sunda adalahh orang-orang yang tinggal di Jawa Barat dan berbahasa Sunda. Ilmu yang mempelajari tentang bangsa-bangsa di seluruh dunia disebut Etnologi. Berbagai suku bangsa dengan ciri khas masing-masing, tersebar di berbagai pulau. Bahkan, dalam satu pulau saja kadang-kadang terdapat berbagai suku bangsa. 

0 Comments:

Posting Komentar