Jumat, 03 Mei 2019

Jenis-jenis Makanan Hewan

Jenis Hewan berdasarkan Makanannya

Jenis-jenis makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu berupa tumbuh-tumbuhan dan berupa hewan lain.
1. Makanan Berupa Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber makanan yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Hampir semua bagian tumbuhan dapat di makan oleh hewan. Dari daun, batang, buah, bunga, biji, sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan.

  • Daun. Bagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun. 
  • Batang. Di desa, banyak petani yang memeihara sapi atau kerbau. Apakah makanan sapi? Salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. Panda sangat menyukai batang bambu muda. 
  • Buah. Banyak binatang yang makanan utamaya adalah buah. 
  • Biji. Biji merupakan bagian tumbuhan yang disukai oleh berbagai jenis hewan, terutama jenis burung. Biji padi dan jagung merupakan makanan lezat bagi burung pipit. Biji kenari banyak diincar tupai.
2. Makanan Berupa Hewan
Hewan-hewan kecil banyak yang menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Seperti cicak, makanan cicak adalah serangga kecil seperti nyamuk. Hewan yang bertubuh besar juga menjadi makanan hewan lain. Tikus menjadi mangsa kucing. Kelinci menjadi makanan elang. Bahkan di hutan, hewan besar seperti jerafah, kijang, dan kerbau dijadikan mangsa oleh harimau dan singa.

0 Comments:

Posting Komentar