Selasa, 07 Mei 2019

Hubungan Antarmakhluk Hidup

Hubungan khusus antarmakhluk hidup disebut simbiosis. Simbiosis dibedakan menjadi tig yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan.
Contoh simbiosis mutualisme :
  • Seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu-kutu yang menempel di tubuhnya sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.
  • Hubungan antara kupu-kupu dan lebah membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya Bunga membutuhkan kupu-kupu atau lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.
    Simbiosis Mutualisme antara Lebah dan Bunga
2. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mengakibatkan makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya mengalami kerugian.
Contoh Simbiosis Parasitisme:
  • Hubungan antara tanaman jeruk dengan benalu. Benalu merasa untuk karena mendapatkan makanan dari tanaman jeruk, sedangkan tanaman jeruk dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu.
  • Bunga raflesia dengan inangnya. Bunga raflesia mengisap makanan yang dibuat tumbuhan inangnya. Akibatnnya, bunga raflesia dapat tumbuh subur, sedangkan tumbuhan inangnya lama-kelamaan akan mati. 
  • Kutu dengan hewan tempat ia tinggal.  Kutu memperoleh makanan dengan mengisap darah dari tubuh hewan yang dihinggapinya, sedangkan hewan yang dihinggapi merasa gatal di kulit dan pertumbuhannya menjadi tidak sehat.

Bunga Raflesia Tumbuh pada Inangnya

3. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain.
Contoh Simbiosis Komensalisme :
  • Simbiosis antara ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh ikan hiu akan turut mejelajah ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. Sedangkan bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya.
  • Hubungan antara tumbuhan paku atau anggrek dengan pohon besar daan anemon laut dengan ikan badut.
Tumbuhan anggrek

0 Comments:

Posting Komentar