Selasa, 14 Mei 2019

Energi Panas

Energi tidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Energi tidak dapat dibuat maupun dihilangkan, hanya dapat berubah dari energi satu ke energi yang lainnya.

1. Sumber Energi Panas
Semua yang dapat menimbulkan panas disebut sumber energi panas. energi panas bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya untuk mengeringkan pakaian, menyetrika, memasak makanan, membakar kayu, dan lain-lain. Sumber utama panas di bumi berasal dari sinar matahai. Contoh sumber panas lain adalah api, setrika, dan peralatan lain yang menghasilkan panas.

Panas juga bisa ditimbulkan dari gesekan. Energi panas menyebabkan kita merasa lebih hangat. Itulah sebabnya, orang yang kedinginan akan merasa lebih hangat bila kedua telapak tangannya digesekkan.
Salah satu sumber panas


2. Perpindahan Energi Panas
Perpindahan Panas
Kita akan merasa hangat jika berada di dekat api unggun Hal ini disebabkan tubuh kita menerima energi padnas dari api unggun tersebut. Panas yang berpindah disebut kalor. Api kompor dapat mematangkan makanan karena terdapat energi panas yang berpindah dari api ke makanan. Energi panas dapat berpindah melalui tiga cara, Yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

  • Konduksi (Conduction). Konduksi adalah peristiwa perambatan panas yang memerlukan suatu zat/medium tanpa disertai adanya perpindahan bagian-bagian zat/medium tersebut. Misalnya sendok terasa panas saat digunakan untuk mengaduk kopi panas. 
  • Konveksi (Convection). Konveksi adalah perpindahan panas dengan disertai aliran zat perantaranya. Misalnya air yang panas akan bergerak naik.
  • Radiasi (Radiation). Radiasi adalah perpindahan panas tanpa medium perantara. Misalnya, panas matahari sampai ke bumi dan panasnya dapat kita rasakan.


0 Comments:

Posting Komentar