Rabu, 15 Mei 2019

Energi Bunyi

1. Sumber Bunyi
Pada dasarnya, benda dapat mengeluarkan bunyi karena bergetar. Benda atau alat yang dapat menimbulkan bunyi disebut sumber bunyi. Misalnya, gitar yang dipetik dan gendang yang dipukul. Bunyi ada yang enak didengar dan ada yang tidak enak di dengar atau bahkan dapat merusak. Suara musik atau penyanyi yang merdu tentunya enak didengarkan. Namun, suara mesin pabrik, petir menggelegar, dan suara pesawat terbang tentu sangat mengganggu. 

Tidak semua bunyi dapat kita dengar. Telinga manusia normal hanya dapat menangkap bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz -20.000 Hz disebut audiosonik. Bunyi yang frekuensinya kurang dari 2- Hz disebut infrasonik, sedangkan bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz disebut ultrasonik.


2. Perambatan Bunyi
Kenapa bunyi bisa sampai ke telinga kita? Zat apakah yang menghantarkannya? Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik yaitu gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya. Oleh karena itu, bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Medium yang diperlukan bunyi untuk merambat dapat berupa gas, cair, dan padat.

0 Comments:

Posting Komentar