Minggu, 05 Mei 2019

Daur Hidup Beberapa Hewan

Tahapan-tahapan yang dilalui oleh makhluk hidup secara berkesinambungan disebut daur hidup.
1. Daur Hidup Kecoa
Kecoa disebut juga lipas. Kecoa berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoa berselubung setelah dibuahi induk jantannya. Telur tersebut akan menetas menjadi kecoa muda (tempayak. Bentuk kecoa muda tidak jauh berbeda dengan bentuk kecoa dewasa. Perbedaanya, kecoa muda tidak bersayap. Selanjutnya kecoa muda tumbuh menjadi kecoa dewasa yang bersayap. Setelah menjadi dewasa, kecoa akan bertelur. Demikian seterusnya.

2. Daur Hidup Nyamuk
Daur hidup nyamuk dimulai dari telur. Telur nyamuk berada di atas air. Ketika suda menetas, telur ini menjadi jentik-jentik (tempayak). Jentik-jentik hidup dan memperoleh makanan di air. Setelah cukup umur, jentik-jentik berubah menjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Pupa berpindah karena gerakan air. Setelah beberapa waktu pupa berubah menjadi nyamuk. Nyamuk dewasa tidak hidup di air. Ia kembali ke air saat akan bertelur. Ada nyamuk yang bertelur di air kotor dan ada yang suka bertelur di air jernih. Nyamuk merupakan salah satu jenis hewan penyebar penyakit. 

3. Daur Hidup Kupu-kupu
Kupu-kupu merupakan binatang indah dan lucu. Bentuk dan corak sayapnya bermacam-macam. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur menetas menjadi ulat. Ulat kemudian berubah menjadi kepompong. Akhirnya, kepompong yang telah cukup waktu akan berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu dewasa selanjutnya akan bertelur lagi. Demikian seterusnya. Di dalam daur hidup kupu-kupu, terjadi perubahan-perubahan bentuk atau metamorfosis.

Berdasarkan perubahan bentuk tubuh hewan, metamorfosis dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna pada serangga melalui tahap kepompong (pupa) dan bentuk saat lahir berbeda sekali dengan bentuk ketika dewasa. Misalnya kupu-kupu, nyamuk, dan lalat. 

Daur Hidup Kupu-Kupu

Sementara itu, metamorfosis tidak sempurna pada serangga tidak melalui tahap kepompong dan bentuknya saat lahir tidak jauh berbeda dengan ketika sudah dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang dan capung.

4. Daur Hidup Kucing
Kucing memiliki anak dengan cara melahirkan. Kucing betina dewasa mengalami masa mengandung selama kira-kira tiga bulan. Kemudian, lahirlah anak kucing yang lucu dan lincah. Bulu kucing bisa sama dan bisa berbeda dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuk. Hanya ukuran dan warna bulunya saja yang makin besar dan jelas. Gerakannya juga makin lincah. Kucing dapat memanjat dan melompat dari tempat yang tinggi.

0 Comments:

Posting Komentar