Sabtu, 25 Mei 2019

Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan dengan Potensi Lain di Daerah

Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan potensi lain adalah antivitas ekonomi yang berupa pelayanan jasa. Seseorang yang memberi pelayanan jasa mendapat upah yang berupa uang. Selanjutnya uang digunakan untuk membeli barang kebuthan hidupnya.

Adapun aktivitas ekonomi di bidang pelayanan jasa antara lain sebagai berikut:

  1. Buruh atau Tenaga Kasar. Buruh atau tenaga kasar pada umumnya dalam bekerja hanya mengutamakan tenaga fisik. Misalnya buruh angkut, tukang cuci, tukang sampah, dan tukang gali. 
  2. Pegawai Negeri. Pegawai negeri tuganya memberi pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam menjalankan tugas lebih banyak menggunakan pikiran dan perasaan daripada tenaga fisik.
  3. TNI dan POLRI. TNI adalah singkatan dari Tentara Nasional Indonesia. Tugasnya menjaga keselamatan negara dan bangsa dari gangguan bangsa asing. POLRI singkatan dari Kepolisian Negara Republik Indonseia. Tugas POLRI, yaitu menjaga keamanan masyarakat dari gangguan anggota masyarakat lainnya.
  4. Perbengkelan. Perbengkelan adalah kegiatan memberi jasa layanan perbaikan kendraan. Misalnya sepeda, sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan lain sebagainya. Tenaga kerja yang melayani perbaikan kendaraan disebut montir. Juga ada tukang tambal ban.
  5. Kesehatan. Pemberian layanan kesehatan bertempat di Rumah Sakit, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau klinik. Para petugas layanan kesehatan disebut Paaramedis, seperti dokter, perawat, dan bidan. 
  6. Transportasi. Aktivitas transportasi, yaitu memberi pelayanan angkutan dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber daya manusia yang bekerja di bidang transportasi antara lain sopir, pilot, nahkoda, masinis, dan pramugari.
  7. Pendidikan. Sumber daya manusia di bidang pendidikan adalah guru, dosen, widyaiswara dan tutor. Kegiatan mereka memberi layanan di  bidnag pendidikan, yaitu mendidik, mengajar, dan melatih.
  8. Salon Kecantikan. Salon kencatikan adalah tempat untuk pelayana perawatan kecantikan. Tenaga kerja yang memberi pelayanan antara lain kapster, tukang cukur, dan perias.
  9. Rumah Mode. Rumah mode adalah tempat pelayanan tata busana atau berpakaian. Sumber daya manusia yang bekerja di sini adalah perancang busana, penjahit, tukang sepatu, dan lain-lainnya. 
  10. Perhotelan. Perhotelan adalah aktivitas yang menyangkut pelayanan penginapan dengan menyediakan makanan dan hiburan. Tenaga kerja yang terlibat pada usaha perhotlean antara lain penerima tamu, tukang pemberseih kamar, tukang cuci, tukan taman, juru masak (koki), pramuladi, penyanyi, dan musisi.



0 Comments:

Posting Komentar