Minggu, 28 April 2019

Peta

1. Pengertian Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang dibuat dengan perbandingan atau skala tertentu. Bentuk peta bermacam-macam. Ada peta datar, peta timbul dan peta dgital.
  • Peta datar yaitu gambar permukaan buminya rata. Dibuat pada sebuah bidang daatar seperti kertas, kain, plastik, dan sebagainya.
    Contoh peta datar dunia

  • Peta timbul dibuat sesuai dengan kenampakan permukaan bumi aslinya. Peta ini menunjukkan tinggi rendahnya suatu wilayah.
    Contoh peta timbul yang dibuat oleh seorang pengrajin

  • Peta digital dibuat dengan teknologi komputer. Gambarnya ditayangkan melalui monitor.
Lembaga pembuat peta adalah jawatan Topografi. Sedangkan sumber data pembuatan peta dapat diperoleh dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Setiap kantor pemerintahan memiliki peta. Kantor Desa/Kelurahan memiliki Peta Desa/Kelurahan. Kantor Kecamatan Memiliki Peta Kecamatan. Kantor Kabupaten/Kota memiliki Peta Kabupaten/Kota. Kantor Gubernur memiliki Peta Provinsi. Di samping itu juga memiliki Peta Negara yaitu Peta Indonesia. Di dalam peta terdapat berbagai petunjuk dan informasi dari suatu wilayah.

2. Jenis Peta
Berdasarkan isi informasinya, jenis peta dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu peta umum dan peta tematik.
 
a. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan seluruh kenampakan permukaan bumi. Peta ini memuat informasi, seperti kenampakan alam maupun kenampakan budaya. Kenampakan alam antara lain berupa gunung, sungai, danau, pulau, dan laut. Kenampakan budaya, misalnya: batas wilayah, jalan raya, jalan kereta api, kota, bandar udara, pelabuhan, dan sebagainya.

Peta umum dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu
1) Peta Dunia, peta yang menggambarkan bentuk dan letak wilayah negara-negara di dunia.
2) Peta Orografi, peta yang  menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi, bercorak umum dan berskala kecil.
3) Peta Topografi, peta yang menggambarkan permukaan dan tinggi rendahnya bumi yang dilengkapi dengan kenampakan alam dan budaya.

b. Peta Tematik
Peta Tematik adalah peta yang menunjukkan tema tertentu. Peta ini memuat informasi tertentu atau khusus, sehingga sering di sebut Peta Khusus. Peta Tematik biasanya digunakan oleh pihak tertentu saja. Misalnya Dinas Purbakala atau sejenisnya membuat Peta peninggalan Bersejarah, untuk memberi informasi tentang peninggalan bersejarah yang dapat dituju oleh para peneliti atau wisatawan budaya.

Contoh peta tematik

0 Comments:

Posting Komentar