Senin, 29 April 2019

Komponen Peta

Peta memiliki komponen-komponen yang harus dipahami oleh para pembaca peta. Komponen peta antara lain, sebagai berikut.

Komponen Peta

1. Judul
Judul peta biasanya ditulis pada bagian atas peta. Judul peta menunjukkan isi peta. Misalnya Peta Kabupaten Sumedang, berisi informasi geografis Sumedang. 

Peta Administratif Kabupaten Sumedang

2. Skala
Skala peta merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya. Dengan dicantumkan skala peta, para pengguna peta dapat menentukan jarak suatu wilayah. Pada umumnya peta menggunakan skala angka, skala garis, atau skala verbal.

3. Simbol
Simbol pada peta berupa gambar atau warna tertentu yang digunakan untuk mewakili objek.
Simbol pada peta yang berupa warna, antara lain:
  • Warna hijau menunjukkan daerah dataran rendah, yang memiliki ketinggian 0 sampai 400 meter di atas permukaan air laut.
  • Warna kuning menunjukkan daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 400 meter sampai 1000 meter di atas permukaan air laut.
  • Warna biru muda menunjukkan daerah perairan dangkal, yang memiliki kedalaman 0 samapai 200 meter dibawah permukaan air.
  • Warna biru menunjukkan daerah perairan yang memiliki kedalaman antara 200 meter sampai 1000 meter.
  • Warna biru tua menunjukkan daerah perairan dalam yang memiliki kedalaman 1000 meter lebih. 
Simbol gambar dan warna pada peta biasanya tertulis di agenda peta.

4. Garis Astronomis
Garis astronomis adalah garis khayal pada muka bumi. Garis-garis khayal yang mendatar pada peta disebut garis lintang, sedangkan yang tegak disebut garis bujur. Garis lintang dan garis bujur memudahkan para pengguna peta menentukan letak suatu wilayah.

5. Legenda
Legenda adalah keterangan beberapa simbol pada peta. Gunanya untuk memudahkan pengguna peta atau pembaca memahami isi peta.  Istilah "Legenda" kadang-kadang diganti dengan "Keterangan".

6. Mata Angin
Pedoman utama mata angin pada peta mengarah ke atas yang menunjukkan arah utara. Petunjuk arah utara diberi huruf U. Untuk peta yang sudah dilengkapi dengan garis lintang dan garis bujur, gambar, arah mata angin kadang-kadang tidak diperlukan lagi.

0 Comments:

Posting Komentar