Sekolah Dasar

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Atas

Materi Umum

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak Pengetahuan Umum

Kelas Online

Jika kamu membutuhkan bimbingan untuk belajar online, kamu bisa gabung di kelas online.

Selasa, 30 April 2019

Menggunakan Skala Sederhana

Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Suatu wilayah tidak dapat digambar menurut ukuran sebenarnya. Sebab kertas untuk menggambar tidak mencukupi. Wilayah tersebut dapat digambar dengan diperkecil sesuai dengan ukuran kertas yang ada. Kita dapat menggambar seluruh kenampakan alam seperti bentuk aslinya dengan perbandingan atau skala tertentu.


Dengan menggunakan skala sederhana kita dapat melakukan hal-hal berikut.
1. Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta
Menghitung jarak sebenarnya pada peta dapat dilakukan dengan menggunakan skala angka atau skala garis.

2. Menggambar Peta
Menggambar peta dapat dilakukan dengan cara menggambar peta sama denga peta aslinya, memperbesar dari peta asli atau memperkecil dari peta asli.

a. Menggambar peta sama skalanya dengan peta asli.
Cara menggambar peta dilakukan dengan mencontoh peta asli yang sudah ada. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pada peta asli dibuat garis-garis bantu tegak dan mendatar berjajar masing-masing berjarak 2 cm. Garis-garis tersebut membentuk kotak-kotak bujur sangkar. Berilah kode angka pada garis-garis tadi mulai dari sudut kiri atas ke arah kanan dan ke arah bawah.
  • Siapkan kertar gambar yang akan kalian gunakan untuk menggambar peta. Buatlah garis-garis bantuk tegak dan mendatar, berjajar, dengan pensil di atas kertas gambar.
  • Mulailah menggambar peta di atas kertas gambar dengan mencontoh peta asli yang telah dibuat garis pertolongan tegak dan mendatar tadi. 
  • Lengkapilah gambar peta yang telah selesai kalian buat dengan komponen-komponen peta. Antara lain judul peta, skala, simbol, arah mata angin, dan legenda.
b. Menggambar Peta dengan cara Memerbesar dari Peta Asli
Cara menggambar peta dengan cara memperbesar dari peta asli yang dicontoh adalah dengan langkah sebagai berikut.
  • Peta asli dibuat garis-garis pertolongan tegak dan mendatar berjajar dengan jarak 1 cm. Garis-garis pertolongan membentuk kotak-kotak bujursangkar.
  • Membuat garis-garis pertolongan seperti pada peta asli, dengan jarak lebih besar pada kertas gambar. Tergantung ukuran kertas dan keinginan kita.
  • Garis-garis pertolongan pada peta asli dan pada kertas gambar diberi kode angka urut dari 0, 1, 2, 3 dan seterusnya dimulai dari ujung kiri atas ke kanan dan ke bawah.
  • Pindahkan bentuk peta asli ke kertas gambar dengan cara menggoreskan pensil di kertas gambar sesuai dengan alur garis peta asli. 
c. Menggambar Peta dengan cara Memperkecil Peta Asli 

  • Peta asli dibuat garis-garis pertolongan tegak dan mendatar berjajar dengan jarak 4 cm. Garis-garis pertolongan membentuk kotak-kotak bujursangkar.
  • Membuat garis-garis pertolongan seperti pada peta asli, dengan jarak lebih kecil pada kertas gambar. Tergantung ukuran kertas dan keinginan kita.
  • Garis-garis pertolongan pada peta asli dan pada kertas gambar diberi kode angka urut dari 0, 1, 2, 3 dan seterusnya dimulai dari ujung kiri atas ke kanan dan ke bawah.
  • Pindahkan bentuk peta asli ke kertas gambar dengan cara menggoreskan pensil di kertas gambar sesuai dengan alur garis peta asli. 

Struktur Batang dan Fungsinya

A. Struktur Batang
Batang diumpamakan sebagai sumbu tubuh tumbuhan. Bagian ini umumnya tumbuh diatas tanah. Arah tumbuh batang tumbuhan menuju sinar matahari. Umumnya batang bercabang, tetapi pada tumbuhan tertentu batangnya tidak memiliki cabang seperti pada tumbuhan pisang, kelapa, dan pepaya. Struktur batang terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele). Silinder pusat pada batang ini terdiri atas beberapa jaringan yaitu empulur, perikardium, dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem

Perbedaaan Batang Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Batang tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah. Batang berkayu memiliki kambium. Kambium mengalami dua arah pertumbuhan yaitu ke arah dalam dan ke arah luar. Ke arah dalam, kambium membentuk kayu, sedangkan ke arah luar membentuk kulit. Karena pertumbuhan kambium inilah batang tumbuhan bertambah besar. Contoh tumbuhan yang memiliki batang jenis ini , antara lain jati, mangga, dan  mranti. Tumbuhan batang rumput memiliki ruas-ruas dan  umumnya berongga. Batang jenis ini mudah patah dan tumbuhannya tidak sebesar batang berkayu. Misalnya, tanaman padi, jagung, dan rumput. Tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan berair. Misalnya, tumbuhan bayam dan patah tulang.

B. Fungsi Batang
Umumya, warna batang muda adalah hijau muda, sedangkan warna batang yang telah tua dalah kecokelat-cokelatan. Bagi tumbuhan, batang memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

  1. Penopang. Fungsi utama batang adalah menjaga agar tumbuhan tetap tegak dan menjadikan daun sedekat mungkin dengan sumber cahaya (khususnya matahari). Batang tumbuh makin tinggi atau makin panjang. Hal ini menyebabkan daun yang tumbuh pada batang makin mudah mendapatkan cahaya. 
  2. Pengangkut. Batang berguna sebagai pengangkut air dan mineral dai akar ke daun. Selain itu, batang berperan penting dalam proses pengangkutan zat-zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  3. Penyimpan. Pada beberapa tumbuhan, batang berfungsi sebagai penyimpan makanan cadangan. Mislanya, batang ppada tumbuhan sagu. Makanan cadangan disini juga bisa berwujud air. Misalnya tumbuhan tebu dan kaktus. Makanan cadangan akan digunakan saat diperlukan.
  4. Alat perkembangbiakan. Batang juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Hampir semua pertumbuhan vegetatif, baik secara alami maupun buatan, menggunakan batang. 

Senin, 29 April 2019

Komponen Peta

Peta memiliki komponen-komponen yang harus dipahami oleh para pembaca peta. Komponen peta antara lain, sebagai berikut.

Komponen Peta

1. Judul
Judul peta biasanya ditulis pada bagian atas peta. Judul peta menunjukkan isi peta. Misalnya Peta Kabupaten Sumedang, berisi informasi geografis Sumedang. 

Peta Administratif Kabupaten Sumedang

2. Skala
Skala peta merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya. Dengan dicantumkan skala peta, para pengguna peta dapat menentukan jarak suatu wilayah. Pada umumnya peta menggunakan skala angka, skala garis, atau skala verbal.

3. Simbol
Simbol pada peta berupa gambar atau warna tertentu yang digunakan untuk mewakili objek.
Simbol pada peta yang berupa warna, antara lain:
  • Warna hijau menunjukkan daerah dataran rendah, yang memiliki ketinggian 0 sampai 400 meter di atas permukaan air laut.
  • Warna kuning menunjukkan daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 400 meter sampai 1000 meter di atas permukaan air laut.
  • Warna biru muda menunjukkan daerah perairan dangkal, yang memiliki kedalaman 0 samapai 200 meter dibawah permukaan air.
  • Warna biru menunjukkan daerah perairan yang memiliki kedalaman antara 200 meter sampai 1000 meter.
  • Warna biru tua menunjukkan daerah perairan dalam yang memiliki kedalaman 1000 meter lebih. 
Simbol gambar dan warna pada peta biasanya tertulis di agenda peta.

4. Garis Astronomis
Garis astronomis adalah garis khayal pada muka bumi. Garis-garis khayal yang mendatar pada peta disebut garis lintang, sedangkan yang tegak disebut garis bujur. Garis lintang dan garis bujur memudahkan para pengguna peta menentukan letak suatu wilayah.

5. Legenda
Legenda adalah keterangan beberapa simbol pada peta. Gunanya untuk memudahkan pengguna peta atau pembaca memahami isi peta.  Istilah "Legenda" kadang-kadang diganti dengan "Keterangan".

6. Mata Angin
Pedoman utama mata angin pada peta mengarah ke atas yang menunjukkan arah utara. Petunjuk arah utara diberi huruf U. Untuk peta yang sudah dilengkapi dengan garis lintang dan garis bujur, gambar, arah mata angin kadang-kadang tidak diperlukan lagi.

Struktur Akar dan Fungsinya

Salah satu bagian penting tumbuhan adalah akar. Akar merupakan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya akar berada di dalam tanah. Akar biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Bentuk runcing memudahkan akar menembus tanah.

Secara umum, akan memiliki beberapa bagian utama. Bagian-bagian tersebut adalah:
Struktur Akar Tumbuhan
  1. Inti akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  2. Rambur akar. Rambut akar atau bulu-bulu akar terletak di dinding luar akar. Fungsi rambut akar adalah mencari jalan diantara butiran tanah. Hal inilah yang menyebabkan akar dapat menembus masuk ke dalam tanah. Selain itu, rambut akar juga berfungsi menyerap air dari dalam tanah.
  3. Tudung akar. Tudung akar terletak di ujung akar. Bagian ini melindungi akar saat menembus tanah.
Akar dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  1. Akar serabut. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Ukuran akar serabut relatif kecil, tumbuh di pangkal batang, dan besarnya hampir sama. Akar semacam ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil). Misalnya kelapa, rumput, padi, jagung, dan lain-lain.
  2. Akar tunggang. Akar tunggang adalah akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan batang, sedangkan akar-akar yang lain merupakan cabang dari akar utama. Perbedaan antara akar utama dan akar cabang sangat nyata. Jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil). 
Namun selain jenis akar diatas, ada beberapa akar khusus yang hanya terdapat  pada tumbuhan tertentu, antara lain akar isap, contohnya akar benalu; akar tunjang, contohnya akar pandan; akar lekat, contohnya akar sirih; akar gantung contohnya akar pohon beringin; akar napas, contohnya akar pohon kayu api.

Bagi tumbuhan akar memiliki beberapa kegunaan antara lain:
  1. Menyerap air dan zat hara (mineral). Tumbuhan memerlukan air dan zat hara untuk kelangsungan hidupnya. Untuk memperoleh kebutuhannya tersebut, tumbuhan menyerapnya dari dalam tanah dengan menggunakan akar. Oleh karena itu, sering dijumpai akar tumbuh memanjang menuju sumber yang banyak mengandung air.
  2. Menunjang berdirinya tumbuhan. Akar membuat tumbuhan dapar berdiri seperti pondasi bangunan. Akar membuat tumbuhan dapar berdiri kokoh diatas tanah. Oleh karena itu, tumbuhan dapat beertahan dari terjangan angin kencang dan hujan deras.
  3. Sebagai alat pernapasan. Selain menyerap air dan zat hara, akar juga menyerap udara dari dalam tanah. Hal ini mungkin dilakukan karena pada tanah terdapat pori-pori. Melalui pori-pori tersebut akar tumbuhan memperoleh udara dari dalam tanah.
  4. Sebagai penyimpan makanan cadangan. Pada tumbuhan tertentu, seperti ubi dan bengkoang, akar digunakan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Biasanya, akar pada tumbuhan tersebut akan membesar seiring banyaknya makanan cadangan yang tersimpan. Makanan cadangan ini digunakan saat menghadapi musim kemarau atau ketika kesulitan mencari sumber makanan.



Minggu, 28 April 2019

Peta

1. Pengertian Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang dibuat dengan perbandingan atau skala tertentu. Bentuk peta bermacam-macam. Ada peta datar, peta timbul dan peta dgital.
  • Peta datar yaitu gambar permukaan buminya rata. Dibuat pada sebuah bidang daatar seperti kertas, kain, plastik, dan sebagainya.
    Contoh peta datar dunia

  • Peta timbul dibuat sesuai dengan kenampakan permukaan bumi aslinya. Peta ini menunjukkan tinggi rendahnya suatu wilayah.
    Contoh peta timbul yang dibuat oleh seorang pengrajin

  • Peta digital dibuat dengan teknologi komputer. Gambarnya ditayangkan melalui monitor.
Lembaga pembuat peta adalah jawatan Topografi. Sedangkan sumber data pembuatan peta dapat diperoleh dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Setiap kantor pemerintahan memiliki peta. Kantor Desa/Kelurahan memiliki Peta Desa/Kelurahan. Kantor Kecamatan Memiliki Peta Kecamatan. Kantor Kabupaten/Kota memiliki Peta Kabupaten/Kota. Kantor Gubernur memiliki Peta Provinsi. Di samping itu juga memiliki Peta Negara yaitu Peta Indonesia. Di dalam peta terdapat berbagai petunjuk dan informasi dari suatu wilayah.

2. Jenis Peta
Berdasarkan isi informasinya, jenis peta dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu peta umum dan peta tematik.
 
a. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan seluruh kenampakan permukaan bumi. Peta ini memuat informasi, seperti kenampakan alam maupun kenampakan budaya. Kenampakan alam antara lain berupa gunung, sungai, danau, pulau, dan laut. Kenampakan budaya, misalnya: batas wilayah, jalan raya, jalan kereta api, kota, bandar udara, pelabuhan, dan sebagainya.

Peta umum dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu
1) Peta Dunia, peta yang menggambarkan bentuk dan letak wilayah negara-negara di dunia.
2) Peta Orografi, peta yang  menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi, bercorak umum dan berskala kecil.
3) Peta Topografi, peta yang menggambarkan permukaan dan tinggi rendahnya bumi yang dilengkapi dengan kenampakan alam dan budaya.

b. Peta Tematik
Peta Tematik adalah peta yang menunjukkan tema tertentu. Peta ini memuat informasi tertentu atau khusus, sehingga sering di sebut Peta Khusus. Peta Tematik biasanya digunakan oleh pihak tertentu saja. Misalnya Dinas Purbakala atau sejenisnya membuat Peta peninggalan Bersejarah, untuk memberi informasi tentang peninggalan bersejarah yang dapat dituju oleh para peneliti atau wisatawan budaya.

Contoh peta tematik

Indra Peraba (Kulit)

Kulit berfungsi melindungi bagian-bagian tubuh bagian dalam kita dari pengaruh luar. Kilut juga berfungsi mengatur suhu tubuh dan sebagai indra peraba.
A. Bagian-bagian Kulit dan Fungsinya
Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita. Kulit terdiri atas:

  1. Epidermis. Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit. Lapisan epidermis tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Pada epidermis terdapat saluran keringat, lubang kulit atau pori-pori, dan ujung rambut. Kulit ari merupakan lapisan epidermis terluar. Kulit ari tersusun atas sel-sel terluar dari lapisan malpighi yang telah mati. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit-bibit penyakit ke dalam tubuh dan mencegah menguapnya air dari tubuh. Lapisan malpighi berada di dalam kulit ari. Lapisan ini tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri.
  2. Dermis. Dermis berada dibawah atau di sebelah dalam epidermis. Pada dermis, terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah, saraf, dan respon indra peraba.
  3. Hipodermis. Hipodermis adalah lapisan kulit yang paling dalam. Lapisan ini mengandung banyak jaringan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh.
B. Cara Kerja Kulit
Rangsang yang dapat diterima kulit berupa sentuhan, dingin, tekanan, dan nyeri. Ketika kulit menerima rangsang, rangsang tersebut diterima oleh sel-sel reseptor. Selanjutnya, rangsang akan diteruskan ke otak melalui urat saraf. Oleh otak, rangsang akan diolah. Akibatnya, kita merasakan adanya suatu rangsang. Otak pun memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsang tersebut.

C. Kelainan pada Kulit
Kulit merupakan bagian tubuh terluar sehingga selalu berhubungan dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kulit mudah terluka serta terserang jamur dan bibit penyakit lainnya. Beberapa penyakit kulit yang sering kita temu adalah:
  1. Jerawat. Jerawat mudah menyerang kulit wajah, leher, punggung, dan dada. Penyakit ini timbul akibat ketidakseimbangan hormon dan kulit yang kotor. Anak-anak yang memasuki masa remaja serta orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat. Untuk meminimalisasi terjadinya jerawat, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan kulit.
  2. Panu. Panu disebabkan oleh jamur yang menempel di kulit. Panu tampak sebagai bercak atau bulatan putih di kulit dan disertai rasa gatal. Panu timbul karena penderita tidak menjaga kebersihan kulit.
  3. Kadas. Kadas nampak di kulit sebagai bulatan putih bersisik. Pada setiap bulatan terdapat garis tepi yang jelas dengan kulit yang tidak terkena. Kadas juga menyebabkan rasa gatal . Penyakit ini disebabkan jamur.
D. Memelihara Kesehatan Kulit
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Kuit yang sehat memperlihatkan keindahan alami. Keindahan kulit bukan terletak pada warnanya. Apapun warna kulitmu, kamu akan tampil segar jika kulitmu sehat.

Agar kulit selalu sehat, maka kita harus selalu menjaganya dengan baik. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan, antara lain, mandi dua kali sehari, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur secara teratur. Selain itu, makan makanan yang banyak mengandung vitamin E. Banyak sayuran hijau dan buah-buahan. Semua itu berperan dalam menjaga kesehatan kulitmu. 

Sabtu, 27 April 2019

Indra Pengecap(Lidah)

A. Bagian-bagian Lidah dan Fungsinya
Alat indra pengecap kita adalah lidah. Dengan menggunakan lidah, kita dapat membedakan bermacam-macam rasa. Rasa yang berbeda dikecap oleh bagian lidah yang berbeda pula. Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil. Pada bintil-bintil tersebut terdapat ujung-ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsangan rasa makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut.

Struktur Lidah Manusia

B. Cara Kerja Lidah
Makanan atau minuman yang telah berupa larutan di dalam mulut akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengcap, rangsangan rasa ini diteruskan ke pusat saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak menanggapi rangsang tersebut sehingga kita dapat merasakan rasa suatu jenis makanan atau minuman.

C. Kelainan pada Lidah
Kepekaan indra pengecap (lidah) setiap orang dalam hal ini menerima rangsang berbeda-beda. Salah satunya disebabkan oleh kebiasaan. Misalnya, orang yang biasa makan makanan pedas, kepekaan lidahnya terhadap rasa pedas berbeda dengan orang yang jarang makan pedas. 
Jika kita makan terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asin, atau terlalu asam, maka kepekaan lidah kita akan terganggu. Gangguan ini hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, sebaiknya kita makan makanan yang tidak terlalu panas, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu asam. Fungsi lidah juga dapat terganggu jika lidah terserang sariawan. Sariawan adalah sejenis infeksi jamur berupa bintik-bintik putih agak menyerupai sisa-sisa susu pada lidah, langit-langit mulut, dan gusi. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

D. Memelihara Kesehatan Lidah
Beberapa cara memelihara kesehatan lidah, antara lain sebagai berikut:

  1. Menghindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas atau dingin dapat merusak bintil pengecap. Jika bintil pengecap rusak, maka lidah tidak dapat merasakan lezatnya makanan.
  2. Menyikat lidah saat menggosok gigi agar kotorsan pada lidah hilang. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasar dapat melukai lidah dan gusi.
  3. Makan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat mencegah sariawan.



Jumat, 26 April 2019

Indra Pencium/ Pembau (Hidung)

A. Bagian-bagian Hidung dan Fungsinya
Hidung terdiri atas dua bagian, yaitu lubang hidung dan rongga hidung. Rongga hidung terbentuk oleh tulang hidung dan tengkorak. Pada rongga hidung terdapat selaput lendir atau membran mukus dan rambut halus yang disebut bulu hidung atau silia.

Bulu hidung dan selaput lendir berguna untuk menyaring kotoran yang masuk hidung bersama dengan udara pernapasan. Kotoran tersebut dapat brupa debu, kuman, dan cairan. 

Struktur Hidung Manusia

Di rongga hidung bagian atas terdapat sel-sel reseptor atau ujung-ujung saraf pembau. Ujung-ujung saraf pembau ini timbul bersama dengan rambut-rambut halus pada selaput lendir yang berada di dalam rongga hidung bagian atas. 

B. Cara Kerja Hidung
Sebagai benda gas, bau berbaur menjadi satu dengan gas-gas lain di dalam udara. Saat kita menghirup udara pernapasan, bau tersebut ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir. Selanjutnya, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau serta diteruskan ke pusat penciuman dan saraf pembau. Oleh otak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita dapat mencium bau yang masuk hidung.

C. Kelainan pada Hidung
Sebagai indra pembau, hidung dapat mengalami gangguan. Akibatnya, kepekaan hidung menjadi berkurang atau bahkan tidak dapat mencium bau suatu benda. Contoh gangguan-gangguan yang dialami hidung, antara lain, pilek (tersumbatnya saluran pernapasan), polip (daging tumbuh di dalam rongga hidung), dan rusaknya saraf pembau akibat cedera pada kepala.

D. Memelihara Kesehatan Hidung

  1. Membersihkan hidung secara rutin. Sebaiknya kita membersihkan setiap hari. Hidung menjadi kotor karena udara yang kita hirup mengandung debu. Membersihkan hidung sebaiknya menggunakan kapas.
  2. Menutup hidung saat berada pada lingkungan yang kotor. 
  3. Segera berobat ke dokter jika mengalami gangguan pada hidung. Gannguan dalam waktu lama dapat merusak fungsi hidung.

Kamis, 25 April 2019

Indra Pendengar (Telinga)

Telinga merupakan indra untuk mendengar.
Anatomi Telinga Manusia

A. Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya
Telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Telinga bagian lura terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga. Daun telinga terdiri atas tulang rawan yang dapat ditekuk. daun telinga berfungsi untuk menangkap suara dari luar. Suara yang telah ditangkap lalu diteruskan lewat lubang telinga menuju gendang telinga. Gendang telinga kemudian bergetar sesuai dengan jumlah getaran yang diteirma oleh daun telinga.

Telinga bagian tengah terdiri atas tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketika tulang itu disebut tulang-tulang pendengaran. Telinga bagian tengah berfungsi menerima suara yang ditangkap oleh telinga bagian luar. Pada bagian ini terdapat saluran eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut. Fungsi saluran eustachius adalah menyeimbangkan tekanan udara antara telinga luar dengan telinga tengah.

Telinga bagian dalam terdiri atas tingkap jorong, bundar, tiga saluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea). Pada rumah siput terdapat ujung-ujung saraf pendengaran dan alat keseimbangan tubuh.

B. Cara Kerja Telinga
Suara yang berasal dari luar masuk ke telinga melalui udara. Suara tersebut ditangkap oleh gendang telinga. Akibatnya, gendang telinga bergetar. Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telinga bagian dalam, tepat di ujung saraf. Oleh saraf, getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar.

C. Kelainan pada Telinga
Telinga merupakan salah satu organ yang penting. Sebagai organ tubuh yang lemah, telinga bisa mengalami kelainan terserang penyakit.

  1. Tuli. Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan bunyi atau suara. Tuli disebabkan oleh adanya kerusakan pada gendang telinga, tersumbatnya ruang telinga atau rusaknya saraf pendengaran. Pada orang yang telah berusia lanjut, ketulian biasanya disebabkan oleh kakunya gendang telinga dan kurang baiknya hubungan antartulang pendengaran.
  2. Congek. Congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi di tengah-tengah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri.
D. Memelihara Kesehatan Telinga
Agar telinga selalu sehat, maka kita harus selalu membersihkan telinga dengan teratur.. Membersihkan telinga dapat dilakukan dengan menggunakan benda lunak seperti kapas pembersih. Jangan sekali-kali membersihkan telingan dengan benda keras dan tajam karena dapat merobek gendang telinga.

Rabu, 24 April 2019

Indra Penglihat (Mata)

Mata adalah indra penglihat. Bentuk mata seperti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak didalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi, Jadi mata terlindung oleh kedua tulang tersebut. Mata mempunyai bagian-bagian yang terletak diluar dan didalam mata.

Bagian-bagian Mata

A. Bagian-bagian Mata dan Fungsinya
Bagian Luar Mata

  1. Alis Mata. Alis mata terdapat di atas mata. Alis mata berguna untuk mencegah masuknya keringat ke dalam mata.
  2. Kelopak Mata. Kelopak mata berguna untuk menutup bola mata.
  3. Kelenjar Mata. Pada kelopak mata bagian atas terdapat kelenjar air mata yang selalu menghasilkan air mata. Ketika kita menangis, mata kita akan mengeluarkan air mata. Air mata berguna untuk membasahi kornea, melindungi mata dari kuman, dan menjaga mata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.
  4. Bulu Mata. Bulu mata dapat diumpamakan sebagai tirai (kisi-kisi). Kegunaan bulu mata untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata apabila cahanya terlalu kuat dan mencegah debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mata.
Bagian Dalam Mata
  1. Lapisan Sclera. Lapisan sclera adalah lapisan terluar yang berwarna putih, kecuali bagian depan tidak berwarna atau bening. Bagian yang bening tersebut dinamakan korena. Kornea berfungsi menerima rangsang berupa cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam. Kornea adalah bagian mata yang dapat disumbangkan dan dicangkokkan pada orang lain yang membutuhkannya.
  2. Lapisan Koroid. Lapisan koroid adalah lapisan tengah yang banyak mengandung pembuluh darah. Di bagian depan lapisan koroid membentuk iris (selaput pelangi). warna iris menentukan warna mata seseorang. Iris berfungi mengatur banyaknnya cahaya yang masuk ke mata atau pupil. Pupil merupakan tempatnya lewatnya cahaya menuju retina. jika cahaya terlalu terang, maka pupil mengecil. Dan jika cahaya terlalu redup, maka pupil melebar.
  3. Retina atau Selaput Jala. Pada retina terdapat bagian yang sangat peka terhadap cahaya. Bagian ini disebut bintik kuning (fovea). Selain itu terdapat pula bintik buta. Bintik buta adalah bagian yang tidak peka terhadap cahaya dan merupakan tempat keluarnya saraf mata menuju otak.
  4. Lensa Mata. Pada bola mata terdapat lensa mata. Lensa mata adalah sebuah benda bening yang berbentuk cembung. Lensa mata berada di belakang iris. Lensa mata berfungi meneruskan dan mengumpulkan cahaya atau bayangan benda agar jatuh tepat di retina. Lensa mata memiliki kemampuan untuk berubah menjadi cembung dan pipih. Kemampuan ini disebut daya akomodasi.
  5. Otot Mata. Otot mata berguna untuk menambatkan bola mata pada dinding dalam rongga mata dan menggerakkan bola mata. Otot mata berjumlah tiga pasang. ketiga pasang otot tersebut adalah otot penggerak ke arah atas dan ke arah bawah, otot penggerak ke kiri dan ke kanan, serta otot pemutar bola mata. Otot-otot mata melekat pada tulang tengkorak, tepatnya pada rongga mata.
  6. Saraf Mata. Saraf mata merupakan saraf penglihatan atau saraf optik. Saraf ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang diterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat di otak. Dengan demikian, kita dapat melihat suatu benda.
  7. Cairan Bola Mata. Cairan bola mata terdapat di antara kornea dan lensa mata dan diantara lensa dan retina. Cairan ini berwarna keputih-putihan dan berbentuk seperti agar-agar. Cairan bola mata berfungsi memberi bentuk pada mata. 
B. Cara Kerja Mata
Mata bekerja saat menerima cahaya. Tanpa cahaya, mata tidak dapat berfungsi dengan baik. Pantulan cahaya dari suatu benda masuk melalui pupil kemudian diteruskan ke dalam lensa mata. Oleh lensa mata, cahaya diarahkan sehingga bayangan benda jatuh pada retina.
Ujung-ujung saraf di retina menyampaikan bayangan benda itu ke otak. Selanjutnya, otak mengolah bayangan tersebut sehingga kita dapat melihat benda tersebut. 

C. Kelainan pada Mata
  1. Rabun Jauh (Miopi). Orang yang menderita rabun jauh tidak dapat melihat suatu benda dengan jelas apabil jaraknya jauh. Penyebabnya adalah lensa mata terlalu pipih. Pada mata orang yang menderita rabun jauh, bayangan benda jatuh didepan retina. Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknya menggunakan kacamata yang berlensa cekung (lensa negatif).
  2. Rabun Dekat (Hipermetropi). Penderita rabun dekat tidak dapat melihat benda kecil didekatnya. Pada mata orang yang menderita rabun dekat, bayangan benda jatuh di belakang retina. Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknya menggunakan kacamata berlensa cembung (lensa positif).
  3. Rabun Tua (Presbiopi). daya akomodasi orang yang berusia lanjut biasanya sudah lemah Akibatnya orang tersebut tidak dapat melihat benda yang letaknya jauh maupun dekat. Penderita dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap. Kacamata berlensa rangkap adalah kacamata yang terdiri atas lensa positif dan lensa negatif.
  4. Rabun Senja (Hemerolopi). Penderita rabun senja tidak dapat melihat benda secara jelas apada waktu senja hari. Hal tersebut disebabkan penderita kekurangan vitamin A.
  5. Buta Warna. Buta warna termasuk salah satu kelainan pada mata. Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna-warna tertentu. Misalnya, merah, kuning hijau,da biru. Cacat mata ini termasuk kelainan yang bersifat menurun.
D. Memelihara Kesehatan Mata
Hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
  1. Mengusahakan untuk makan makanan yang mengandung vitamin A
  2. Jangan membaca dibawah penerangan yang terlalu redup atau terlalu terang
  3. Saat membaca, jarak tulisan dengan mata diusahakan sekitar 30 cm
  4. Jangan membaca buku atau menonton televisi sambil berbaring
  5. Hindarkan mata dari kotoran atau debu dengan cara memakai kacamata.

Selasa, 23 April 2019

Memelihara Kesehatan Rangka

Untuk dapat memelihara kesehatan rangka, kita harus rajin berolahraga, mempelajari penyebab beberapa jenis penyakit tulang serta mengetahui sikap tubuh yang benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, makanan yang kita makan juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

A. Pengaruh Sikap Tubuh terhadap Rangka
Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik akan memengaruhi pertumbuhan tubuh. Misalnya, posisi membaca, menulis, dan duduk. Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Beberapa gangguan pada tulang belakang adalah sebagai berikut:

Kondisi Tulang Belakang yang Mengalami Skoliosis

  1. Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat  pada salah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.
  2. Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnya adalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat di punggung.
  3. Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnya mungkin karena terjatuh saat masih kecil atau duduk terlalu condong ke depan.
B. Penyakit yang Merusak Rangka
Pada proses  pertumbuhannya, terkadang tulang mengalami gangguan atau hambatan. Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang tulang antara lain:
1. Polio
Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulangnya akan mengecil. Penyakit polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin polio. Pemberian vaksin biasanya dilakukan melalui mulut pada anak berusia dibawah lima tahun.
Kondisi anak yang mengalami polio


2. Rakitis
Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.

3. Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyebab osteoporosis adalah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium). Untuk mencegah osteoporosis, kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium seperti ikan dan susu.

4. Rematik
Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada presendian. Persendian yang biasa terkena adalah persendian kaki, tangan, dan siku. Rasa nyeri kadang disertai pembengkakan sendi. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya, misalnya jantung. Komplikasi merupakan penyakit yang timbul kemudian karena penyakit yang ada tidak diobati.

C. Makanan Bergizi dan Olahraga
Proses pertumbuhan tulang pada anak-anak dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam seperti makanan, vitamin, dan mineral. Selain itu, ada beberapa faktor luar yang turut berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. Misalnya, sinar matahari, beban yang sering diangkat dan benturan. 

Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor. Vitamin D banyak terdapat pada ikan, susu, dan kuning telur. Kalsium banyak terdapat pada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan. Fosfor banyak terdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan.

Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Akan lebih baik jika kita bisa terkena sinar matahari di pagi hari, karena sinar matahari membantu proses pengubahan provitamin D menjadi vitamin D.



Senin, 22 April 2019

Rangka Manusia

Rangka Manusia
Rangka adalah tulang-tulang yang tersusun secara teratur . Fungsi tulang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, bagian yang lunak dan organ-organ dalam seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal.
  2. Tulang juga membantuk kita bergerak atau melakukan kegiatan.
  3. Selain itu tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjada bentuk tubuh. 
Tulang memiliki hubungan dengan tulang yang lainnya. Antar tulang ini dihubungkan oleh sendi. Sendi menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya. Kemudian, apakah yang menggerakan tulang atau kerangka tubuh? Bagian yang dapat menggerakakan rangka tubuh adalah otot. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebut daging.

1. Bagian-bagian Rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.

Rangka Kepala

1.1 Rangka Kepala
Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak. Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas:
  1. 2 tulang hidung
  2. 2 tulang pipi
  3. 2 tulang rahang atas dan tulang rahang bawah
  4. 2 tulang air mata
  5. Tulang langit-langit
  6. Tulang pisau luku
  7. 1 tulang lidah
Tulang pelindung otak meliputi:
  1. 1 tulang dahi
  2. 1 tulang belakang kepala
  3. 2 tulang pelipis
  4. 2 tulang ubun-ubun
  5. 2 tulang baji
  6. 2 tulang tapis
1.2 Rangka Badan
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
Rangka Badan


Tulang belakang terdiri atas:
  1. 7 ruas tulang leher
  2. 12 ruas tulang punggung
  3. 5 ruas tulang pinggang
  4. 5 ruas tulang kelangkang
  5. 4 ruas tulang ekor
Tulang rusuk terdiri atas:
  1. 7 pasang tulang rusuk sejati
  2. 3 parang tulang rusuk palsu
  3. 2 pasang tulang rusuk melayang.
Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada. Tulang dada terdiri atas:
  1. Tangkai atau hulu
  2. Badan
  3. Taju pedang.
Diatas rongga dada terdapat rangka bahu. Rangka bahu dibentuk oleh tulang gelang bahu. Tulang gelang bahu tersusun dari sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka. 

Pada bdan bagian bawah terdapat rangka tulang panggul. Rangka panggul dibetuk oleh tulang gelang panggul. Tulang gelang panggul dibentuk oleh 2 tulang susu, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.

1.3 Rangka Anggota Gerak
Rangka berfungsi membantu tubuh untuk bergerak. Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai). Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengummpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai), yaitu tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dan tulang ruas-ruas jari. 

2. Sendi
Tulang manusia berhubungan satu sama lain. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi. Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan.

2.1 Sendi Engsel
Sendi engsel adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke datu arah seperti engsel jendela atau pintu. Contoh sendi engsel adalah sendi pada siku yang menghubungkan tulang lengan awat dan lengan bawah, sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah, serta sendi pada ruas jari tangan dan ruas jari kaki.

2.2 Sendi Peluru
Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola ddengan tulang berbentuk mangkuk. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dengan bahu, serta sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dan tulang gelang panggul.

2.3 Sendi Pelana
Sendi pelana adalah sendi yang bergerak ke dua arah, yaitu ke samping dan ke depan. Contohnya, sendi antara tulang telapak tangan dengan pangkal ibu jari. 

2.4 Sendi Geser
Sendi geser adalah persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Sendi geser hanya memungkinkan sedikit gerakan. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil. 

2.5 Sendi Putar
Sendi putar adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.

3. Fungsi Rangka
Rangka atau tulang termasuk salah satu alat tubuh pada manusia dan hewan. Fungsi rangka bagi makhluk hidup antara lain:
  1. Menguatkan dan menegakkan tubuh
  2. Menentukan bentuk tubuh
  3. Tempat melekatnya otot
  4. Melindungi bagian tubuh yang penting dan halus


Minggu, 21 April 2019

Manfaat Reksadana

Reksadana memiliki beberapa manfaat yang menjadikannya sebagai salah satu alternatif investasi yang menarik antara lain:

1. Dikelola oleh manajemen profesional
Pengelolaan portofolio suatu reksadana dilaksanakan oleh manajer investasi yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. Peran manajer investasi sangat penting mengingat pemodal individu pada umumnya mempunyai keterbatasan waktu, sehingga tidak dapat melakukan riset secara langsung dalam menganalisa hharga efek serta mengakses informasi ke pasar modal.

2. Diversifikasi investasi
DIversifikasi atau penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan mengurangi risiko (tetapi tidak dapat menghilangkan), karena dana atau kekayaan reksadana diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risikonya juga tersebar. Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar bila seorang membeli satu atau dua jenis saham atau efek secara individu.

3. Tranparansi informasi
Reksadana wajib memberikan informassi atas perkembangan portofolionya dan biayanya secara kontinyu sehingga pemegang unit penyertaan dapat memantau keuntungannya, biaya, dan risiko setiap saat. Pengelola reksadana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB)nya setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan serta prospektus secara teratur sehingga investor dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin.

4. Likuiditas yang tinggi
Agar investasi yang dilakukan berhasil, setiap instrumen investasi harus mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Dengan demikian, pemodal dapat mencairkan kembali unit penyertaan setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing reksadana sehingga memudahkan investor mengelola kasnya. Reksadana terbuka wajib membeli kembali unit penyertaannya sehingga sifatnya sangat likuid.

5. Biaya rendah
Karena reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan kemudian dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersbut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi. Biaya transaksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan apabila investor individu melakukan transaksi sendiri di bursa. 

Sabtu, 20 April 2019

Jenis-Jenis Reksadana

1. Reksadana Saham
Reksadana saham adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dama efek bersifat ekuitas (saham). Efek saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar demikian juga dengan risikonya.

2. Reksadana Campuran
Reksadana campuran adalah reksadana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam kategori reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham. Potensi hasil dan risiko reksadana campuran secara teoritis dapat lebih besar dari reksadana pendapatan tetap namun lebih kecil dari reksadana saham.

3. Reksadana Pendapatan Tetap
Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. Risiko investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang membuat nilai return bagi reksadana jenis ini juga lebih tinggi tetapi tetap lebih rendah dari reksadana campuran atau saham

4. Reksadana Pasar Uang
Reksadana pasar uang adalah reksadana yang melakukan investasi 80% pada efek pasar uang yaitu efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito. Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang memiliki risiko terendah namun juga memberikan return yang terbatas.

5. Reksadana Index
Reksadana index adalah reksadana yang isinya adalah sebagian besar dari index tertentu (tidak semua, yang penting merefleksikan index tersebut) dan dikelola secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di brsa, kecuali ada subscrption baru atau redemption, oleh karenya reksadana index biasanya keuntungan dan kerugiannya sejalan dengan index tersebut (jika ada selisih, biasanya selisihnya kecil). 

Sumber:

Jumat, 19 April 2019

Definisi Reksadana

Definisi Reksadana
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian di kelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat 27:
Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Invesatsi.
 Terdapat empat unsur penting dalam pengertian Reksadana, yaitu:

  1. Reksadana menrupakan kumpulan dana dan pemilik (investor).
  2. Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi.
  3. Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
  4. Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan panjang.
Pada reksadana, manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam "Nilai Aktiva Bersih" (NAB) reksadana tersebut.

Kekayaan reksadana yang dikelola oleh manajer tersebut wajib untuk disimpan pada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi, di mana bank kustodian inilah yang akan beertindak sebagai tempat penitipan koleftif dan administratur.


Sumber: 

Kamis, 18 April 2019

Pemilu Pertama Legislatif Indonesia

Pemilihan umum pertama di Indonesia di adakan pada tahun 1955. Pemilu ini sering dikatakan sebagai pemilu paling demokratis di Indonesia. Pemilu tahun 1955 dilaksanakan saat keamanan negara masih kurang kondusif, beberapa daerah masih dirundung kekacauan. Dalam keadaan seperti ini, anggota angkatan bersenjata dan polisi juga memilik. Mereka yang bertugas di daerah rawan digilir datang ke tempat  pemilihan. Pemilu akhirnya berlangsung aman. Pemilu ini bertujuan untuk memilih anggota-anggota DPR dan Kontituante. 

Jumlah kursi DPR yang diperebutkan berjumlah 260,  sedangkan kursi Konstituante berjumlah 520 ditambah 14 wakil golongan minoritas yang diangkat pemerintah. Pemilu ini dipersiapkan di bawah peerintahan Perdana Menteri Ali Sastromidjojo. Namun, Ali Sastromidjojo mengundurkan diri pada saat pemungutan suara dan kepala pemerintahan telah di pegang oleh Perdana Menteri Burhanuddin Harahap. 

Tahan pertama dari pemilu 1955 dalah 
1. Tahap pertama adalah pemilu untuk memilih anggota DPR yang diselenggarakan pada tanggal 29 September 1955, diikuti oleh 29 partai politik dan individu.
2. Tahap kedua adalah pemilu untuk memilih anggota Konstituante yang diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1955.

Hasil dari pemilu 1955 ini adalah lima partai besar dalam pemilu ini adalah
1. Partai Nasional Indonesia (PNI) yang mendapatkan 57 kursi DPR dan 119 kursi Konstituante atau sebesar 22,3%.
2. Masyumi yang mendapatkan 57 kursi DPR dan 112 kursi Konstituante atau sebesar 20,9 %.
3. Nadhatul Ulama 45 kursi DPR dan 91 kursi Konstituante atau sebesar 18,4 %.
4. Partai Komunis Indonesia 39 kursi DPR dan 80 kursi Konstituante atau sebesar 16,4 %.
5. Partai Syarikat Islam Indonesia sebesar 2,89%.
6. Partai-partai lainnya, mendapat kursi di bawah 10

  • PSII (8)
  • Parkindo (8)
  • Partai Katolik (6)
  • Partai Sosialis Indonesia (5)
  • IPKI dan Perti (4)
  • PRN, Partai Buruh, GPPS, PRI, PPPRI, dan Murba (2)
  • Baperki, PIR Wongsonegoro, PIR Hazairin Gerina, Partai Rakyat Marhaen Indonesia, Partai Persatuan Dayak, PPTI, AKUI, Partai Rakyat Indonesia Merdeka, Persatuan Rakyat Desa (Bukan PRD modern), ACOMA dan R. Soedjono (1)

Sumber :

Rabu, 17 April 2019

Instrumen Pasar Uang

1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
SBI adalah surat berharga yang bentuknya hutang jangka pendek yang diterbitkan oleh pemerintah.

2. Surat Berharga Pasar Uang (SPBU)
SPBU merupakan surat berharga yang diperdagangkan secara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga keuangan lainnya yang ditentukan oleh Bank Indonesia.

3. Sertifikat Deposito
Sertifikat deposito adalah instrumen keuangan yang dikeluarkan oleh Bank terhadap simpanan nasabahnya dengan tingkat suku bunga dan periode jatuh tempo yang ditentukan.

4. Treasury Bills
Treasury bills adalah suatu surat hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara dengan jangka waktu kurang dari satu tahun.

5. Promissory Notes
Promissory notes adalah suatu surat pernyataan untuk membayar transaksi hutang piutang jangka pendek yang dilakukan kreditur dan debitur.

6. Commersial Paper
Commersial paper adalah instrumen hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan kepada investor tanpa adanya jaminan (collateral), yang dipakai untuk pembiayaan kewajiban jangka pendek.

7. Call Money
Call money adalah instrumen keuangan yang dipakai untuk kegiatan transaksi pinjam-meminjam sejumlah dana yang dilakukan antar Bank dengan jangka waktu pendek (maksimal 1 tahun).

8. Banker's Acceptance
Banker's acceptance yaitu suatu surat berharga yang dipakai untuk kegiatan eksport-import barang, dapat juga digunakan dalam transaksi valuta asing (valas).

Baca juga : Definisi Reksadana
sumber:

Selasa, 16 April 2019

Pasar Uang

Pasar uang merupakan pertemuan dalam suatu pasar abstrak yang mempertemukan pihak pemilik dana (Funder) dengan pihak yang membutuhkan dana (Consumer) untuk memperoleh demand dan supply terhadap sejumlah dana atau surat-surat berharga jangka pendek. Dalam pasar uang, valuta asing diperlukan untuk membayar kegiatan ekspor impor dan utang luar negeri.

Menurut para ahli, pasar uang termasuk dalam pasar abstrak, yaitu pasar yang mengadakan transaksi jual-beli terhadap suatu barang tetapi barangnya tidak ada di pasar tersebut. Namun terdapat barang contoh berupa contoh surat berharga, brosur dalam jumlah terbatas. Artinya, didalam pasar uang kita tidak dapat menemukan penjual yang sedang menawarkan "fisik" uang seperti yang terjadi di pasar tertentu. Barang yang dijual adalah uang, namun diwakili oleh surat berharga jangka pendek dengan batas waktu maksimal satu tahun.

Pasar uang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menekankan pada pemenuhan dana jangka pendek.
  2. Mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang mempunyai kelebihan dana dan yang membutuhkan dana.
  3. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti halnya Pasar Modal.
Adapun pelaku pasar uang diantaranya:
  1. Bank
  2. Yayasan
  3. Dana pensiun
  4. Perusahaan asuransi
  5. Perusahaan-perusahaan besar
  6. Lembaga pemerintahan
  7. Lembaga keuangan lain
  8. Individu masyarakat
Fungsi dan tujuan utama dari pasar uang adalah untuk mempertemukan para pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan dana.  Mengacu pada pengertian pasar uang di atas,, beberapa fungsi dan tujuan adanya pasar uang adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai mediator dan fasilitator perdagangan surat-surat berharga jangka pendek.
  2. Sebagai sumber dana untuk modal kerja bagi perusahaan yang membutuhkan tambahan modal ekspansi.
  3. Sebagai mediator dan fasilitator kegiatan investasi dari investor luar negeri kepada pengusaha lokal dalam bentuk kredit jangka pendek.
  4. Sebagai fasilitator bagi masyarakat yang ingin membeli Surat Berharga Pasar Uang dan Sertifikat Bank Indonesia.
Dari fungsi dan tujuan pasar uang diatas, tujuan pasar uang dapat kita pecah berdasarkan pihak yang membutuhkan dana dan pihak yang menanamkan dana:
Dari pihak yang membutuhkan dana:
  1. Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek
  2. Untuk memenuhi kebutuhan likuiditas
  3. Untuk memenuhi kebutuhan modal kerja
  4. Sedang mengalami kalah keliring
Dari pihak yang menanamkan dana:
  1. Untuk memperoleh penghasilan dengan tingkat suku bunga tertentu.
  2. Membantu pihak-pihak yang mengalami kesulitan keuangan
  3. Spekulasi
Baca juga : Instrumen Pasar Uang
sumber: 

Produk Investasi

Berikut merupakan  produk investasi beserta kelebihan dan kekurangannya:
1. Tabungan
Investasi ini merupakan bentuk simpanan sejumlah dana yang dilakukan di bank ataupun lembaga keuangan lainnya.
Kelebihan: Dapat diambil kapan saja dan tidak memiliki risiko yang besar. Tabungan juga akan memberikan sejumlah pendapatan bunga.
Kekurangan: Bunga yang diberikan bank cukup kecil. Biasanya orang cenderung mudah mengambil uang dalam tabungan sehingga jumlahnya akan berkurang.

2. Deposito
Ini merupakan bentuk simpanan yang terikat oleh waktu tertentu yang sesuai dengan keinginan pemiliknya.
Kelebihan: Risiko yang dikandung deposito terbilang sangat rendah. Bunga yang diterapkan bank juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan produk tabungan biasa.
Kekurangan: Pencairan dana deposito yang dilakukan sebelum waktu tempo akan dikenakan sejumlah biaya penalti yang terbilang cukup besar. 


3. Reksa Dana
Reksa dana merupakan salah  satu sarana untuk mengumpulkan dana secara kolektif. Dana tersebut nantinya dikelola seorang Manajer Investasi atau ssebuah Perusahaan Investasi. Reksa dana akan membagi risiko dan juga keuntungan secara merata kepada para investornya. Jumlah keuntungan tersebut akan sangat tergantung pada jenis reksa dana yang dipilih saat melakukan investasi tersebut. 
Kelebihan: Kita tidak perlu repot-repot untuk mengelola dana investasi. Sebab hal ini akan dilakukan oleh seorang Manajer Investasi yang profesional. Dana investasi akan diinvestasikan kepada beberapa perusahaan sekaligus seingga berbagai risiko dan juga keuntungan yang ditanggung tersebar di dalam beberapa perusahaan yang berbeda-beda.
Kekurangan: Kita mungkin akan sedikit kurang puas dan maksimal dalam investasi ini. Sebab segala sesuatunya dikelola Manajer Investasi yang kita pilih. Keuntungannya lebih kecil jika dibandingkan dengan keuntungan dari investassi dalam bentuk saham. Kita juga akan dikenakan sejumlah biaya pengelolaan oleh Perusahaan?Manajer Investasi yang kita gunakan.

4. Obligasi
Obligasi adalah surat utang yang akan didapatkan sebagai surat bukti atas pemberian sejumlah dana pada perusahaan swasta ataupun perusahaan Negara yang membuthkan sejumlah dana. Untuk itu, obligasi diterbitkan sebagai bukti peminjaman dana tersebut dari masyarakat. Dalam hal ini, pihak penerbit obligasi akan memberikan sejumlah bunga kepada para investornya. Pada umumnya, obligasi akan diterbitkan dengan masa peminjaman minimal 5 tahun.
Kelebihan: Obligasi memberikan bunga yang lebih besar dibandingkan dengan bunga deposito.
Kekurangan: Jangka waktu investasi ini tebrilang sangat panjang, minimal 5 tahun, sehingga akan menjadi sebuah masalah jika sewaktu0waktu kita ingin mencairkan dana sebelum jangka waktu yang telah disepakati. Obligasi juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Jika sewaktu-waktu perusahaan penerbit obligasi mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi, bisa saja dana yang kita investasikan tersebut tidak dikembalikan.

5. Saham
Saham merupakan bukti kepemilikan di dalam sebuah perusahaan. Dimana kita ikut serta menanamkan sejumlah modal didalmnya. Sebagai hasil dari investasi tersebut, kita akan mendapatkan pembagian hasil (dividen) secara berkala. Kita bisa membeli atau menjual saham diperusahaan sekuritass dan kita akan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut.
Kelebihan: Kita bisa saja mendapatkan sejumlah keuntungan yang sangat besar atas kepemilikan saham, terutama jika harga saham perusahaan uang kita miliki mengalami kenaikan yang signifikan. Jumlah keuntungan ini bahkan bisa berlipat dari harga saham yang kita keluarkan sebelrumnya.
Kekurangan: Memiliki sejumlah risiko yang sangat besar. Kita bisa saja mengalami kerugian yang besar jika sewaktu-waktu harga saham tersebut turun di pasaran.

6. Emas  
Sarana investasi yang banyak digunakan masyarakat luas dan memiliki risiko rendah dan juga tahan terhadap inflasi adalah investasi emas. Emas bisa dibeli dalam bentuk batangan, koin, dan perhiasan. Proses mendapatkannya juga terbilang mudah. Itulah mengapa banyak orang memilih emas sebagai sarana investasi. 
Kelebihan: Emas merupakan bentuk aset yang mudah dijual jika sewaktu-waktu kita membutuhkan sejumlah dana dalam keadaan darurat.
Kekurangan: Emas memiliki risiko yang tinggi untuk hilang atau dicuri orang lain. 

7. Properti
Bentuk investasi lain yang terbilang mengalami kenaikan harga dan stabil dalam waktu yang panjang. Harga rumah selalu mengalami peningkatan dan bahkan sangat jarang mengalami penurunan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan banyak orang untuk menginvestasikan uang mereka ke dalam bentuk properti.
Kelebihan: Risiko penurunan harga sangat rendah, bahkan sangat jarang terjadi. Rumah memiliki risiko yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai investasi. Bahkan investasi ini menjamin kenaikan harga yang stabil setiap tahunnya sehingga cukup tahan mengahadapi inflasi.
Kekurangan: Membutuhkan sejumlah biaya perawatan untuk investasi properti yang dimiliki. Kita bisa saja mengalami kesulitan ketika akan menjualnya. Terlebih ketika kita membutuhkan sejumlah dana darurat.

Baca juga : Pasar Uang

Minggu, 14 April 2019

Pengertian Investasi


Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Investasi adalah suatu fungsi pendapatan dan tingkat bunga, dilihat dengan kaitannya I = (Y, i). Suatu pertambahan pada pendapatan akan mendorong investasi yang lebih besar, di mana tingkat bunga yang lebih tinggi akan menurunkan minat untuk investasi sebagaimana hal tersebut akan lebih mahal dibandingkan dengan meminjam uang. Walaupun jika suatu perusahaan lain memilih untuk menggunakan dananya sendiri untuk berinvestasi, tingkat bunga menunjukkan suatu biaya kesempatan dari investasi dana tersebut daripada meminjamkan untuk mendapatkan bunga.[1]

Secara umum, pengertian investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu demi untuk memperoleh timbal balik yang lebih besar di masa depan. Investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang dimiliki saat ini. [2]

Adapun pengertian investasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut: [3]
1.      Haming dan Basalamah
Menurut Haming dan Basalamah pengertian investasi adalah pengeluaran pada masa sekarang untuk pembelian aktiva riil (properti, mobil, dan lainnya) atau juga aktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan.
Investasi sangat erat kaitannya dengan aktivitas penarikan sumber-sumber dana yang digunakan untuk pengadaan barang modal saat sekarang. Dengan barang modal tersebut diharapkan akan menghasilkan aliran produk baru di masa depan.
2.      Mulyadi
Menurut Mulyadi pengertian investasi adalah pengaitan sumber-sumber dana dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa mendatang.
3.      Sadono Sukirno
Menurut Sadono Sukirno pengertian investasi adalah aktivitas pengeluaran atau pembelanjaan penanam modal untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi dengan tujuan menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.
4.      Henry Simamora
Menurut Henry Simamora definisi investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (midal: pendapatan bunga, royalti, dividen, pendapatan sewa, dan lainnya) untuk apresiasi nilai investasi atau juga untuk manfaat lain bagi sebuah perusahaan yang melakukan investasi melalui dagang.
5.      Sunariyah
Menurut Sunariyah pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan hrapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.
6.      James C VanHorne
Menurut James C VanHorne arti investasi adalah aktifitas memanfaatkan kas pada saat ini, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.
7.      Fitz Gerald
Menurut Fitz Gerald pengertian investasi adalah aktifitas yag berkaitan dengan usaha penarikan berbagi sumber dana yang digunakan untuk pengadaan modal barang pada saat sekarang. Barang modal tersebut kemudian diharapkan akan menhasilkan produk baru di masa mendatang.
8.      Salim HS dan Budi Sutrisno
Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno pengertian investasi adalah aktifitas penanaman modal oleh investor, baik investor lokal maupun investor asing dalam berbagai jenis bidang usaha yang terbuka untuk investasi. Tujuan investor melakukan investasi adalah untuk mendapatkan laba.