Kamis, 14 Februari 2019

Potensi dan Pemanfaatan Sungai

Potensi dan Pemanfaatan Sungai

Potensi sungai yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain berikut ini.

  1. Sungai mengandung berbagai bahan mineral sehingga menjadi tempat berbagai jenis kegiatan pertambangan dari pasir hingga emas dan intan.
  2. Keindahan dan arus sungai dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan kegiatan olah raga arung jeram.
  3. Pada bagian tertentu dari sungai digunakan sebagai tempat budidaya perikanan.
  4. Air sungai dapat dibendung ke dalam danau atau waduk dan selanjutnya dari waduk dapat dimanfaatkan untuk irigasi dan pembangkit listrik.
Sementara itu, air sungai dimanfaatkan untuk irigasi pertanian, bahkan di daerah-daerah tertentu dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga (domestik).
  1. Air Minum; Air yang kita minum sehari-hari baik yang berasal dari air sumur, air PAM, air danau atau sungai dan lain-lain merupakan bagian dari perairan darat.
  2. Sumber tenaga (energy); Perairan darat dapat kita manfaatkan sebagai sumber tenaga, misalnya untuk pembangkit listrik tenaga air dan sebaga sarana transportasi.
  3. Irigasi; Perairan darat dapat kita manfaatkan sebagai sarana Irigasi. Dengan demikian kita dapat melakukan berbagai usaha pertanian dan perkebunan.
  4. Perikanan darat; Berbagai usaha produksi perikanan darat (seperti ikan, lele, belut, nila, dan lain-lain) dapat kita jalankan berkat adanya sistem perairan darat. Majunya usaha perikanan darat di samping meningkatkan penghasilan juga meningkatkan kualitas gizi masyarakat.
  5. Sarana transportasi; Sistem perairan darat dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi. Contohnya banyak sungai-sungai di Pulau Kalimantan dan Sumatra yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi.
  6. Bahan baku industri; Pemanfaatan air sebagai bahan baku industri misalnya dalam memproduksi listrik tenaga air. Contoh lainnya PT. Inalum di Sumatra Utara memanfaatkan air Sungai Asahan dalam proses produksi aluminiumnya.
  7. Rekreasi; Waduk-waduk, rawa, danau atauppun sumber-sumber air panas merupakan tempat yang dapat kita jadikan sebagai sarana rekreasi yang menarik.
  8. Olahraga air; Sistem perairan darat dapat dimanfaatkan sebagai sarana olah raga seperti renang, selam, kano, dan lain-lain. Penjelasan tersebut menunjukkan kepada kita bahwa sungai memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan dari setiap individu dalam rangka pemanfaatan potensi sungai dan lingkungannya agar tetap lestari.

0 Comments:

Posting Komentar