Rabu, 13 Februari 2019

Pola Aliran Sungai

Pola Aliran Sungai

Aliran sungai dan anak sungai secara bersama-sama dapat membentuk pola tertentu. Pola aliran sungai tersebut dipengaruhi oleh morfologi dan struktur geologi di wilayah tempat terjadinya pengaliran. Pola aliran sungai tersebut antara lain dendritik, rectangular, trellis, radial, pinate, dan annular.

1. Pola Dendritik (treelike)
Pola dendritik merupakan pola aliran sungai yang tidak teratur, mirip cabang atau akar tanaman. Pola aliran dendritik terdapat di daerah yang struktur batuannya homogen dan tidak terdapat variasi jenis batuan yang dapat mempengaruhi pola aliran sungai. Oleh karena itu, alirannya bergerak ke segala penjuru. Pada pola aliran dendritik, anak sungai yang bermuara di sungai induk kebanyakan membentuk sudut lancip, tetapi ada juga yang membentuk sudut tumpul. Jenis ini biasanya terdapat di daerah datar atau daerah di dataran pantai.

2. Pola Rectangular
Pola rectangular merupakan pola aliran sungai berbentuk empat persegi panjang. Pola rectangular terdapat di daerah lembah atau patahan yang besar dan setiap sungainya hampir bertemu. Pola aliran sungai tipe ini biasanya membentuk sudut siku-siku atau hampir siku-siku 90 derajat.

3. Pola Trellis
Pola trellis merupakan pola aliran sungai berbentuk jaring-jaring. Sungai induk pada pola trellis sejajar dengan anak-anak sungai mengalir dan bermuara di sungai induk. Pola aliran trellis ini terdapat atau berkembang di daerah yang lapisan batuan bawahnya berupa lipatan yang tajam dan lerengnya curam. Sungai-sungai panjang yang mengalir pada umumnya merupakan sunga subsekuen serta mengikuti lapisan batuan yang lebih lemah.

4. Pola Radial
Pola radial merupakan pola aliran sungai berbentuk jari-jari lingkaran. Pola aliran radial terdapat di daerah gunung berbentuk kubah atau gunung berapi. SUmber air pada pola aliran ini berasal dari satu titik dan mengalir menyebar membentuk pola seperti jari-jari. Pola radial atau menjari ini dibedakan menjadi dua, yaitu radial sentrifugal dan radial sentripetal. Radial sentrifugal adalah pola aliran yang menyebar meninggalkan pusatnya. Pola aliran ini terdapat di daerah gunung yang berbentuk kerucut. Radial sentripetal adalah pola aliran yang mengumpul menuju ke pusat. Pola ini terdapat di daerah basin (cekungan).

5. Pola Pinate
Pola pinate merupakan pola aliran di mana muara-muara anak sungainya membentuk sudut lancip.

6. Pola Annular
Pola annular merupakan pola aliran trellis khusus yang dibentuk oleh sungai subsekuen dalam lapisan yang agak lemah pada bukit berbentuk kubah, oleh karenanya pola aliran sungai ini biasanya membentuk lingkaran. Anak-anak sungai pada pola annular adalah obsekuen dan resekuen.

0 Comments:

Posting Komentar