Sabtu, 09 Februari 2019

Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya

Jenis Sungai Berdasarkan Sumber Airnya

Terdapat empat jenis sungai, yaitu sungai mata air, sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.

  1. Sungai mata air adalah sungai yang sebagian besar sumber airnya berasal dari mata air. Oleh karena itu, debit air pada sungai ini relatif tetap. Contohnya sungai-sungai yang ada di Pulau Jawa.
  2. Sungai hujan adalah sungai yang sebagian besar sumber airnya berasal dari air hujan. Oleh karena itu, saat musim hujan debit air pada sungai ini bertambah, tetapi pada musim kemarau  berkurang. Contohnya adalah kawasan sungai-sungai yang ada di pulau-pulau di kawasan Nusa Tenggara.
  3. Sungai gletser adalah sungai yang sebagian besar sumber airnya berasal dari lapisan es atau gletser yang mencair. Contohnya sungai yang airnya benar-benar murni berasal dari pencairan es saja (ansich) boleh dikatakan tidak ada, namun pada bagian hulu Sungai Gangga di India (yang berhulu di Pegunungan Himalaya) dan hulu Sungai Rhein di Jerman (yang berhulu di Pegunungan Alpen) dapat dikatakan sebagai contoh jenis Sungai ini.
  4. Sungai campuran adalah sungai yang sumber airnya berasal dari aliran es atau gletser yang mencair dan bercampur dengan mata air serta air hujan. Contoh sungai jenis ini adalah Sungai Digul dan Sungai Mamberamo di Papua (Irian Jaya).

0 Comments:

Posting Komentar