Selasa, 08 Januari 2019

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

1. Timbulnya Gelombang Elektromagnetik
Seorang ilmuan fisika James Clerk Maxwell menjelaskan empat hal penting yang dapat menjelaskan terjadinya gelombang elektromagnetik, yaitu :

  • Disekitar muatan timbul medan listrik
  • Disekitar kawat berarus listrik akan timbul  medan magnet yang disebut Induksi Magnet
  • Perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik
  • Perubahan medan listrik harus menimbulkan medan magnet
Keempat dasar diatas inilah yang oleh Maxwell dikembangkan menjadi keseimbangan alam. Menurut Maxwell energi yang tersimpan dalam bentuk medan magnet dapat berubah menjadi energi dalam bentuk medan listrik. Pembentukan ini dapat terjadi sebaliknya energi yang tersimpan dalam bentuk medan listrik dapat beruban menjadi energi dalam bentuk medan magnet, sehingga pembentukan ini dapat terjadi bolak-balik dan saling mempengaruhi dalam bentuk pancaran energi yang kemudian dinamakan gelombang elektromagnetik.

2. Spektrum Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik ini banyak ditemukan dalam berbagai jenis dengan panjang gelombang dan frekuensi berbeda tetapi memiliki sifat-sifat yang sama. Penguraian gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombangnya dinamakan spektrum gelombang elektromagnetik

3. Sifat-sifat Gelombang Elektromagnetik
Sifat-sifat gelombang elektromagnetik di antaranya dapat dijelaskan seperti di bawah :
  • Gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan medium dalam merambat. Dari sifat inilah dapat dijelaskan mengapa gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam suatu medium maupun di ruang hampa.
  • Gelombang elektomagnetik tidak dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet. Sifat ini juga dapat membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik tidak bermassa dan tidak bermuatan karena medan magnet dan medan listrik hanya mempengaruhi partikel yang bermuatan.
  • Gelombang elektromagnetik termasuk gelombang tranversal. Seperti halnya gelombang tranversal lainnya, maka gelombang elektromagnetik akan memiliki sifat-sifat sebagai berikut : (1) dapat mengalami pemantulan (refleksi); (2) dapat mengalami pembiassan (refraksi); (c) dapat mengalami interferensi (gabungan atau superposisi); dapat mengalami difraksi (pelenturan); dan dapat mengalami polarisasi.
  • Semua spektrum gelombang elektromagnetik memiliki kecepatan yang sama dan hanya bergantung pada mediumnya.

0 Comments:

Posting Komentar