Selasa, 01 Januari 2019

Ruang Lingkup Sejarah - Periodisasi dan Kronologi dalam Ilmu Sejarah

Periodisasi dan Kronologi dalam Ilmu Sejarah

A. Periodisasi
Periodisasi diartikan sebagai pembabakan waktu yang dipergunakan untuk berbagai peristiwa. Kompleksanya peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia pada setiap masa memerlukan suatu pengklasifikasian berdasarkan bentuk serta jenis peristiwa tersbut. Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi diklasifikasikan disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadinnya.

Periodisasi digunakan untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia. Periodisasi yang dibuat oleh banyak peneliti berakibat adanya perbedaan pandangan sehingga periodisasi sejarah bersifat subjektif yang dipengaruhi subjek permasalahan serta pribadi penelitinya.

B. Kronologi
Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu dapat juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda namun terkait peristiwnya.

0 Comments:

Posting Komentar