Sabtu, 19 Januari 2019

Pengertian Cuaca dan Iklim

Pengertian Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim adalah dua istilah yang berkaitan dengan keadaan udara pada lapisan atmosfer. Perbedaan keduanya terletak dalam hal waktu dan wilayah terjadinya.

Cuaca adalah keadaan atmosfer sehari-hari yang dapat terjadi dan berubah dalam waktu yang singkat di daerah yang sempit. Contoh perbedaan perubahan atmosfer yang kita rasakan setiap hari, yaitu panas, dingin, cerah, mendung, dan lembab. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut meteorologi.

Iklim adalah keadaan rata-rata peristiwa cuaca dalam periode yang lama (umumnya sekitar 30 tahun) dan meliputi daerah yang luas. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi.

a. Rotasi Bumi
Bumi melakukan rotasi pada porosnya Waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk melakukan rotasi menentukan panjangnya hari (lama waktu dalam satu hari). Selama kurun waktu tersebut, tempat-tempat di permukaan bumi secara  bergantian posisinya menghadap dan membelakangi matahari. Oleh karena itu, tempat-tempat tersebut mengalami periode terang, periode gelap, serta periode antara terang dan gelap (swept over), yaitu saat subuh dan senja.

b. Revolusi Bumi
Bumi tidak hanya melakukan perputaran pada prosesnya tetapi juga melakukan perputaran mengikuti lintasannya mengelilingi matahari. Perputaran bumi mengelilingi matahari dinamakan revolusi bumi. Waktu yang dibutuhkan bumi dalam sekali revolusi merupakan suatu periode yang disebut satu tahun.

Dalam gerak revolusinya, bumi membetnuk sudut yang selalu berubah terhadap matahari. Perubahan sudut tersebut menyebabkan garis edar matahari bergeser secara teratur ke belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Pergeseran garis edar tersebut berpengaruh terhadap lamanya penyinaran permukaan bumi oleh matahari.

c. Perbedaan Letak Lintang
Karena jarak antara Matahari dan Bumi sangat jauh, sinar Matahari yang mencapai puncak atmosfer di anggap sejajar. Karena Bumi dan atmosfer bentuknya bundar, sinar Matahari yang datang sejajar tersebut akan menyentuh Bumi dengan sudut yang berbeda di tempat yang lintangnyba juga berbeda. 

Pada tengah hari di suatu tempat yang saat matahri berada di atas kepala, sinar Matahari datang vertikal (tegak lurus dengan permukaan bumi) intensitas energi Matahari mencapai maksimal. Namun, ditempat lain dengan posisi lintang yang berbeda pada tengah hari matahari tidak berada tepat diatas kepala. Sinar matahri di tempat ini datangnya miring sehingga merambah luas ke permukaan bumi.

0 Comments:

Posting Komentar