Minggu, 13 Januari 2019

Lapisan Atmosfer

Lapisan Atmosfer

Kata atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos yang berarti uap dan sphaira yang berarti bulatan. Dengan begitu kata atmosfer berarti lapisan uap yang menyelimuti bulatan bumi. Atmosfer bekerja sebagai pelindung kehidupan di bumi dari pancaran energi matahari yang sangat kuat oada siang hari  dan mencegah hilangnya panas ke ruang angkasa pada malam hari. Atmosfer juga berfungsi melindungi bumi dari terjadinya hujan meteor.

Ketebalan atmosfer sulit ditetapkan karena tidak jelasnya batas antara lapisan atmosfer dan luar angkasa (oute space). Namun, sebagian besar ahli sepakat bahwa ketebalan lapisan atmosfer adalah lebih dari 650 km.

Lapisan atmosfer merupakan campuran dari berbagai gas yang tidak tampak. Berdasarkan volumenya, terdapat empat gas yang terkandung di lapisan atmosfer. Keempat gas yang menempati hampir 100% lapisan atmosfer tersebut masing-masing nitrogen 78,08%, oksigen 20,95%, argon 0,93%, dan karbondioksida 0,03%. Gas lain yang terkandung dalam lapisan atmosfer volumenya sangat rendah antara lain neon, helium, kripton, hidrogen, xenon, dan ozon.

Atmosfer dibagi menjadi lima lapisan yaitu, troposfer, stratosfer, mesosfer, thermosfer, dan eksosfer. Pembagian tersebut didasarkan pada perubahan temperatur suhu vertikal atmosfer.

0 Comments:

Posting Komentar