Kamis, 27 Desember 2018

Tata Surya [Anggota Tata Surya]

Tata Surya - Anggota Tata Surya

1. Planet
Planet adalah benda angkasa yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak menglilingi Matahari dalam orbitnya yang berbentuk elips. Selain bergerak mengelilingi Matahari, planet ternyata juga berputar pada porosnya yang arah gerakannya berlawanan dengan arah gerak jarum jam. Berdasarkan jaraknya terhadap Matahari, planet dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Planet dalam : ialah planet-planet yang jaraknya lebih dekat dengan Matahari. Semua planet dalam memiliki ukutan yang kecil, tetapi massa jenisnya lebih besar dari pada kelompok planet luar. Planet dalam meliputi Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  • Planet luar : ialah planet-planet yang jaraknya jauh dengan Matahari Semua planet luar memiliki ukuran yang besar, tetapi massa jenisnya lebih kecil dibandingkan dengan kelompok planet dalam. Planet luar meliputi Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
2. Satelit
Satelit adalah benda angkasa yang menglilingi sebuah planet akibat gaya tarik planet tersebut. Bersama dengan planet yang dikelilinginya, satelit juga mengelilingi Matahari. Satelit tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang berasal dari Matahari.

3. Asteroid (Planetoid)
Asteroid adalah planet-planet kecil yang berada diantara lingtasan planet-planet Mars dan Yupiter. Seperti halnya planet-planet yang besar, asteroid juga beredar mengelilingi Matahari. Asteroid ini jumlahnya hingga puluhan ribu dan ukuran garis tengahnya yang paling panjang adalah sekitar 750 km.

4. Meteoroid
Meteoroid adalah benda angkasa  berukuran kecil dan sangat padat yang berada di sekitar planet. Meteoroid dapat jatuh ke Bumi karena pengaruh gravitasi. Jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi yang tampak oleh manusia disebut meteor. Sementara batuan sisa-sia meteor yang jatuh sampai ke permukaan Bumi disebut meteorit. Batu-batu meteor tersebut mengalami gesekan dan berpijar saat memasuki angkasa Bumi (atmosfer) sehingga tampak seperti Bintang berpindah atau Bintang jatuh.

5. Komet
Komet adalah benda angkasa yang terbentuk dari debu, es, dan gas yang menggumpal. Komet juga ebredar mengelilingi Matahari dengan lintasannya berbentuk lonjong. Lintasan komet tersebut bentuknya berbeda dengan lintasan planet yang bentuknya lingkaran. Saat posisinya mendekari Matahari, komet mendapatkan tenaga dari Matahari yang disebut angin Matahari. Angin tersebut dapat melelehkan es yang menggumpal dan melepaskan gas serta debu, sehingga memantulkan cahaya Matahari. Oleh karena itu, komet memiliki ekor yang terang pada saat mendekati Matahari. Posisi ekosr komet selalu menjauhi Matahari.

0 Comments:

Posting Komentar